9 Cara Menghilangkan Rasa Malas Saat Bekerja

cara mengatasi rasa malas saat bekerja dan belajar

Malas adalah salah satu sikap buruk yang harus dibuang jauh-jauh. Meski ada sedikit efek positifnya, sifat malas lebih banyak membawa efek negatif.

Dalam pekerjaan, sikap malas malah bisa menghambat karir dan menjadi salah satu faktor penting yang bisa mempengaruhi tingkat kesuksesan kita.

Maka dari itu, hilangkan sifat malas saat sedang bekerja. Agar lebih mudah, kamu bisa melihat beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas saat bekerja berikut ini.

Cara Menghilangkan Rasa Malas di Tempat Kerja

1. Cari penyebab rasa malas

Cara menghilangkan rasa malas dimulai dengan menjadi sumber masalah yang menjadi penyebab rasa malas. Rasa malas sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya motivasi, rasa lelah, terlalu banyak distraksi, hingga pekerjaan yang menumpuk.

Jika kita sudah mengetahui penyebabnya, maka kita akan lebih mudah mencari solusinya.

2. Ubah suasana kerja

Melakukan rutinitas yang sama secara terus-menerus di tempat yang sama pula tentu lama-lama bisa membuat siapapun menjadi bosan. Jika dibiarkan, rasa bosan ini bisa menyebabkan timbulnya rasa malas.

Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa mengubah rutinitas dan lingkungan kerja kamu agar kamu kembali fresh.

3. Uraikan masalah

Pusing akibat pekerjaan yang terasa rumit juga bisa menyebabkan rasa malas timbul saat kita sedang bekerja. Tentu sulit bagi kita untuk bisa fokus dalam mengerjakan masalah yang sulit dicari solusinya.

Namun jangan menyerah dan malas dulu. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mengurai masalah tersebut telebih dahulu.

Hal ini bisa kita lakukan denan menulis masalah pada selembar kertas. Setelah itu pecah masalah tersebut menjadi poin-poin sederhana lalu evaluasi semua poin tersebut. Jika dilakukan dengan benar, maka lambat laun kita bisa menemukan titik masalah terbesar. Pekerjaan pun menjadi lebih ringan karena kita bisa memecahnya menjadi tugas-tugas ringan.

4. Bayangkan akibatnya

Agar kamu lebih termotivasi untuk menghilangkan rasa malas, coba saja bayangkan dampaknya jika kamu terus-terusan malas di tempat kerja. Selain membuat pekerjaan menumpuk, kita juga mungkin tidak akan disukai oleh rekan kerja yang lain. Bukan tidak mungkin rasa malas malah akan membuat kita kehilangan pekerjaan. Jika kamu takut hal ini akan terjadi, gunakanlah hal ini sebagai motivasi kamu dalam mengatasi rasa malas saat bekerja.

5. Banyak bersyukur

Saat kita sedang memiliki pekerjaan, mungkin kita tidak sadar bahwa di luar sana masih ada banyak orang yang ingin sekali berada di posisi yang kita miliki sekarang. Tidak hanya itu, saat ini ada banyak orang yang rela bekerja keras demi mendapatkan pekerjaan apapun.

Jika kamu menyadari hal ini, kamu akan lebih bersyukur telah memiliki pekerjaan dan mendapatkan penghasilan dan akan malu saat bermalas-malasan.

6. Buatlah target

Membuat target bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi rasa malas. Dengan membuat target, kita bisa lebih fokus dan termotivasi dalam bekerja. Jika kita anggap target tersebut sepert achievement dalam permainan game, bukan tidak mungkin kita malah akan menyukai setiap tantangan yang ada di dunia kerja.

7. Lakukan Olahraga

Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, tapi juga kesehatan batin. Lagipula bukankah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula?

Melakukan olahraga secara rutin bisa menambah energi tubuh, meningkatkan metabolisme, dan melancarkan peredaran darah. Tapi tidak hanya itu saja, olahraga juga bisa membantu kita fokus serta meningkatkan mood. Semua manfaat baik ini akan sangat bagus untuk melawan rasa malas.

8. Pahami bahwa sukses butuh waktu dan usaha

Takut memang merupakan sikap yang lumrah dan sangat manusiawi, dan rasa malas terkadang dipicu oleh pemikiran seperti ini. Akan tetapi, perilaku disiplin bisa mengatasi rasa takut dan membawa siapapun pada posisi yang diinginkannya.

Sikap disiplin ini bisa dibentuk melalui kebiasaan kecil atau sederhana yang nantinya menjadi besar dan menjadi rutinitas harian. Dalam hal ini, sikap disiplin bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi rasa malas yang berlebihan, bahkan untuk rasa malas yang parah sekalipun.

9. Beri apresiasi pada diri sendiri

Mengerjakan pekerjaan yang berulang dapat menciptakan kejenuhan, apalagi jika tak ada imbal balik yang bisa diperoleh sebagai bentuk apresiasi diri atas upaya yang sudah dilakukan. Langkah ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa malas yang cukup bisa diandalkan.

Memberi penghargaan pada diri sendiri dimaksudkan sebagai bentuk dorongan sehingga memicu produktivitas selalu berada pada level yang diinginkan. Jika memang dengan beragam alasan tak dapat memberi penghargaan secara rutin, paling tidak lakukan dengan frekuensi tertentu seperti tiap satu kuartal atau semester.


Rasa malas adalah salah satu sikap buruk yang harus coba kam hilangkan. Tidak hanya merugikan diri sendiri, rasa malas juga bisa merugikan orang lain yang menjadi rekan di kantor. Agar rasa malas tidak semakin menjadi-jadi, ubahlah dirimu mulai hari ini juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *