cara mengatasi stres di tempat kerja
Produktivitas

11 Cara Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Sebagai tempat di mana kita dituntut untuk menampilkan performa terbaik, tempat kerja seringkali menjadi salah satu tempat yang bisa membuat kita mengalami stres. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kinerja kita jika kita tidak tahu cara mengatasi stres di tempat kerja tersebut.

Stres kerja sendiri bisa terjadi karena beberapa hal. Selain deadline yang super ketat, penyebab stres kerja lainnya adalah konflik dengan rekan kerja, peran yang tidak jelas, hingga sikap sebagian orang yang terlampau perfeksionis.

Nah, agar stres tidak terjadi berlarut-larut dan mempengaruhi kesehatan mental, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres di tempat kerja.

Cara Menghilangkan Stres Kerja

1. Mencari Penyebab Stres

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan stres kerja adalah dengan mencari penyebabnya. Dengan begitu kita bisa mengatasinya langsung ke sumber masalah tersebut.

Tapi jika kamu sudah bisa mengindentifikasinya namun masih bingung bagaimana cara mengatasinya, maka kamu bisa mencoba beberapa langkah lain pada poin-poin berikut ini.

2. Buat prioritas

Pekerjaan yang menumpuk biasanya menjadi penyebab utama stres di tempat kerja. Bahkan sebelum memulainya kita mungkin akan merasa pusing duluan.

Hal ini wajar karena banyaknya pekerjaan akan menjadi beban tambahan sehingga otak kita sulit untuk berpikir dengan jernih. banyaknya pekerjaan juga akan terus mamacu otak untuk selalu bekerja dengan intensitas tinggi sehingga sulit bagi kita untuk beristirahat sejenak.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengerjakan tugas sesuai dengan prioritasnya. Pekerjaan yang paling penting bisa diselesaikan terlebih dahulu sementara tugas yang bisa ditunda hingga esok hari bisa dikerjakan belakangan.

3. Olahraga

Peribahasa, “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat,” bukanlah isapan jempol belaka.

Dari beberapa penelitian, olahraga rutin mampu mengurangi risiko stres dan bisa membantu seseorang untuk memiliki kesehatan mental yang baik.

Jadi agar tidak mudah stres, olahragalah secara rutin meski hanya 20-30 menit setiap harinya. Dan saat sedang bekerja, kamu bisa melakukan beberapa gerakan olahraga ringan di tempat kerja sebelum mengerjakan pekerjaan selanjutnya.

4. Liburan

liburan untuk menghilangkan stres di tempat kerja

Mengerjakan hal yang membenani otak secara terus menerus lama kelamaan bisa membuat kita penat dan sulit untuk fokus. Nah, cara paling efektif untuk membuat otak segar kembali adalah dengan menjauhi hal-hal yang membuat stres untuk beberapa waktu. Dan apalagi cara yang paling tepat selain mengambil cuti dan berlibur sejenak?

5. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Bisa Mengurangi Stres

Makann dan minuman bergizi biasanya dikonsumsi untuk menyehatkan badan. Namun ada juga beberapa makanan dan minuman yang mengandung zat tertentu yang dapat membuat otak rileks dan mengurangi rasa stres.

Beberapa makanan dan minuman yang bisa membantu menghilangkan stres antara lain

  • Telur mengandung Kolin yang memainakn peran penting bagi kesehatan otak dan melindunginya dari stres.
  • Kerang laut mengandung taurin dan asam amino yang diperlukan untuk memproduksi dopamine yang penting untuk mengatasi rasa stres dan bahkan bisa berfungsi sebagai anti-depressant.
  • Bawang putih kaya akan sulfur yang bisa meningkatkan kadar glutathione, zat anti oksidan yang bisa menjadi benteng pertama dalam menghadapi stres.
  • Brokoli adalah superfoods yang mengandung magnesium, vitamin C, dan folat yang terbukti bisa membantu mengatasi depresi. Selain itu brokoli juga mengandung sulforaphane yang bersifat menenangkan.

6. Mencari Hiburan

Tertawa adalah obat yang mujarab untuk menghilangkan rasa stres di tempat kerja. Agar bisa tertawa lepas, carilah hiburan yang bisa membuat kamu rileks dan melupakan semua beban kerja yang sudah seharian kamu tanggung.

7. Jangan Membawa Kerjaan ke Rumah

Agar tidak selalu stres di tempat kerja, jangan membawa masalah pekerjaan hingga ke dalam rumah. Dengan beitu otak bisa beristirahat sejenak dari kejenuhan di tempat kerja. Saat kita terlelu memikirkan masalah pekerjaan di kantor, bukan tidak mungkin kita akan semakin stres saat harus kembali menghadapi masalah tersebut.

8. Tata Ruang Kerja

bersihkan tempat kerja dan buat minimalis agar tidak stres saat bekerja

Bagi yang sering mengerjakan tugas di balik meja, menata ruang kerja bisa jadi salah satu cara yang bisa mengurangi stres.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat tempat kerja yang nyaman adalah menambahkan aksesoris tanaman, mengganti warna di sekitar tempat kerja, atau sekedar membersihkan meja kerja dari hal-hal yang tidak diperlukan.

8. Curhat

Curhat dan mengeluarkan uneg-uneg bisa menjadi salah satu solusi agar beban pikiran kita bisa tersalurkan. Meski kadang tidak menyediakan solusi, hal ini bisa membantu kita mengurangi rasa stres yang selama ini kita pendam.

Meski begitu pastikan kamu mengeluarkan isi pikiran pada orang yang kamu percayai saja. Sebagai alternatif, kamu juga bisa membuat jurnal dan mencurahkan isi hati kamu dalam bentuk tulisan.

9. Pergilah ke Psikiater

Jika semua cara di atas sudah dilakukan namun stres tidak kunjung teratasi, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah berkonsultasi langsung ke psikiater. Stres berat biasanya lebih sulit diatasi dan akan lebih baik mencari tindakan profesional untuk mengatasinya.

10. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Dalam agama Islam, ada ajaran bahwa seorang muslim tidak akan dibebankan sesuatu yang melebihi batas kemampuannya. Jadi saat ada masalah, seorang hamba muslim bisa mempercayai bahwa semua yang terjadi pada dirinya adalah cara untuk membentuk dirinya menjadi orang yang jauh lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *