cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil d bawah 3, 2, atau 1 juta
Keuangan

11 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Memiliki pekerjaan dengan gaji yang besar tentu menjadi impian banyak orang. Namun sayang hal ini sulit untuk terwujud dan banyak pekerja yang harus rela mendapatkan gaji yang tergolong kecil, entah di bawah 3 juta, 2 juta, atau 1 juta per bulan.

Hal ini tentu akan menyulitkan karena nominal yang pas-pasan akan sulit digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan, terutama bagi mereka yang sudah hidup mandiri atau bahkan sudah berkeluarga.

Namun jangan menyerah dulu, karena ada beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil agar kamu bisa menyiasati gaji bulanan tersebut untuk memenuhi sebuah keperluan kamu.

Tips Mengelola Keuangan dengan Gaji Kecil

1. Catat Pengeluaran Harian Setiap Bulannya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat semua pengeluaran harian untuk setiap bulan. Untuk mempermudah kamu mencatat pengeluaran harian, kamu bisa menggunakan aplikasi keuangan pribadi gratis untuk digunakan di Android atau iOS.

Saat mencatat, pastikan menggunakan kategori khusus untuk mengelompokan biaya tersebut. Sebagai contoh, uang parkir, bensin, serta cicilan motor bisa masuk ke dalam kategori Kendaraan atau semacamnya.

Setelah catatan bulan pertama selesai, kamu bisa melakukan evaluasi singkat dan melihat pos mana yang paling banyak memakan biaya. Bila dirasa terlalu besar, kamu bisa menghemat biaya untuk pos tersebut agar kamu lebih hemat.

Karena pengeluaran setiap bulan bisa berbeda-beda, ada baiknya jika kamu konsisten mencatat pengeluaran untuk setiap bulan dalam satu tahun. Dengan begitu kamu juga bisa tahu rata-rata pengeluaran bulanan serta uang yang bisa kamu tabung atau investasikan.

2. Lakukan Penghematan

Saat gaji bulanan dirasa kecil, hal terpenting untuk membuatnya terasa cukup adalah dengan melakukan penghematan.

Berhemat sendiri bukan berarti kamu harus jadi pelit untuk setiap pengeluaran. Namun kamu harus pintar-pintar memilih mana pengeluaran yang dirasa mendesak dan mana yang tidak penting. Dengan begitu uang gajian akan cukup untuk membeli kebutuhan penting tanpa harus berhutang.

3. Menabung

miliki tabungan meski gaji kecil

Meski memiliki penghasilan yang pas-pasan, kamu tetap perlu menyisihkan sebagian uang untuk ditabung. Uang tabungan ini akan sangat berguna jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan yang dapat menguras isi kantong.

Meski hanya bisa menyisihkan sebagian kecil dari gaji kamu, hal ini akan lebih baik dibanding tidak memiliki tabungan sama sekali.

Agar bisa konsisten, kamu bisa langsung menabung sesaat setelah kamu menerima gaji. Dengan begitu kamu akan selalu bisa menabung dan tidak perlu menunggu sisa gaji di akhir bulan untuk memiliki tabungan.

Bila perlu, kamu bisa menyimpan uang dalam bentuk deposit agar uang tersebut tidak bisa diambil sewaktu-waktu.

4. Pisah Rekening Tabungan dan Pengeluaran

Memiliki rekening tabungan yang sama untuk menabung dan untuk kebutuhan sehari-hari bisa membuat kamu lebih boros. Agar uang tabungan tidak terpakai, kamu bisa memiliki rekening terpisah agar uang tersebut tidak tercampur.

5. Atur Pengeluaran untuk Cicilan Rumah

Meski memiliki gaji kecil bukan berarti kita tidak bisa bermimpi untuk memiliki sebuah rumah. Sekarang ini ada cukup banyak fasilitas kredit rumah murah yang disubsidi oleh pemerintah. Hal ini diperuntukan untuk kamu yang berpenghasilan UMR agar memiliki kesempatan untuk memiliki hunian yang layak.

Jika kamu ingin mencicil rumah dengan gaji yang minim, satu hal yang harus kamu perhatikan adalah biaya cicilannya. Agar keuangan kamu tetap stabil, ada baiknya jika besarnya cicilan tidak melebihi 30% dari total penghasilan yang kamu dapat setiap bulannya.

6. Batasi Lifestyle

Satu hal yang seringkali membuat gaji kecil terasa jauh lebih kecil adalah kesenangan kita akan gaya hidup tertentu. Baik jalan-jalan ke tempat wisata, hang out di cafe, membeli barang mahal, atau sekedar nonton bioskop bisa menguras cukup banyak uang. Padahal hal ini akan terasa mubazir jika dilakukan hanya karena tidak enak dengan teman atau karena alasan gengsi saja.

Bersenang-senang tentu tidak ada salahnya, namun jangan sampai hal ini menguras isi tabungan yang sudah kita perjuangkan mati-matian. Lagipula akan lebih baik menggunakan uang tersebut untuk mulai berdagang atau berinvestasi bukan?

7. Hati-Hati Saat Membeli Barang Secara Kredit

Membeli barang secara kredit menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tanpa membobol uang tabungan. Dengan membayar secara kredit, kita hanya perlu membayar sebagian kecil harga saja. Hal ini tentu akan lebih ringan dibanding membayar harga penuh secara langsung.

Namun hati-hati saat akan melakukan kredit karena biayanya yang kecil malah bisa membuat kita kalap dan membeli banyak hal sekaligus. Pembelian dalam jumlah banyak tentu akan membuat biaya kredit yang harus dibayarkan menjadi lebih besar. Jadi lakukan perhitungan yang matang terlebih dahulu sebelum mengambil barang secara kredit.

8. Bawa Uang Secukupnya

bawa uang secukupnya agar gaji kecil cukup untuk kebutuhan bulanan

Membawa uang yang terlalu banyak di dalam dompet seringkali membuat kita khilaf saat menggunakannya. Makanya karyawan dengan gaji kecil yang biasa royal di awal bulan harus mengencangkan ikat pinggang mendekati akhir bulan.

untuk menghindari hal semacam itu, bawa uang seperlunya saja. Bila kita pergi ke kantor, bawa uang yang cukup untuk bensin, parkir, dan makan siang saja. Selain itu bawa juga uang cadangan untuk jaga-jaga bila kita ada keperluan mendadak.

9. Lakukan Investasi Ringan

Dengan pemasukan yang sedikit, kamu mungkin bertanya-tanya apakah investasi masih perlu dilakukan?

Sebagai gambaran, jika kita menabung, maka uang hanya akan mengendap di bank dan nominalnya mungkin tidak akan banyak bertambah. Meski ada bunga saat menabung, persentasenya sangat kecil dan mungkin akan habis untuk menutupi biaya admin per bulannya.

Jika kita melakukan investasi, maka uang akan dapat berkembang lebih besar. Tergantung jenis investasi yang diambil, keuntungannya bahkan bisa membuat kita balik modal dengan cepat.

Untuk pemula, kita bisa mengambil investasi ringan yang minim risiko seperti emas atau deposito. Meski keuntungannya tidak terlalu besar, hal ini akan lebih baik dibanding menabung seperti biasa saja.

Namun sebelum berinvestasi kamu perlu ingat bahwa uang tersebut baiknya tidak diambil dalam kurun waktu tertentu. Jadi pastikan kamu menyisihkan uang khusus untuk investasi. Selain itu keuntungan dari investasi baiknya diputar kembali untuk investasi lainnya. Dengan begitu uang kamu akan terus tumbuh dengan modal yang lebih besar.

10. Cari Penghasilan Tambahan

Bila setelah berhitung-hitung gaji kamu masih saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan bulanan, maka kamu bisa mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji pokok.

Selain dengan melakukan investasi, penghasilan tambahan bisa didapat dengan cara berbisnis atau menjadi freelancer. Pastikan saja kamu memilih cara yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.


Memiliki gaji kecil tentu akan memusingkan bila kita juga harus memenuhi banyak kebutuhan. Namun gaji yang kecil juga bisa terasa cukup jika kita bisa berhemat dan mengelola keuangan dengan baik.

Satu tips lain yang tidak kalah penting adalah konsisten dalam mengatur keuanganmu sendiri. Bila kamu memiliki komitmen yang kuat, gaji kecil pun bisa menjadi tabungan besar yang bisa memenuhi semua impian kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *