tips keuangan untuk pasangan yang baru menikah
Keuangan

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Bingung cara mengatur keuangan setelah menikah?

Kehidupan setelah menikah tentu akan sangat berbeda saat kita masih sendiri, termasuk masalah keuangan. Jika saat sendiri kita bisa bebas mengeluarkan uang untuk hobi dan lifestyle, saat menikah hal tersebut tentu harus diperhitungkan dengan matang terlebih dahulu.

Agar tidak bingung mengatur keuangan rumah tangga setelah menikah, simak dulu yuk tips keuangan untuk pasangan yang baru nikah berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

1. Saling terbuka dengan kondisi keuangan masing-masing

Langkah awal untuk mengatur keuangan setelah menikah adalah dengan saling terbuka masalah kondisi keuangan masing-masing.

Jadi saat merencakanan keuangan rumah tangga untuk pertama kalinya, jangan sungkan untuk memberi tahu pasangan mengenai jumlah gaji, hutang, cicilan, dan kondisi keuangan lainnya tanpa ada yang harud ditutup-tutupi.

Dengan mengetahui semua informasi tersebut, keuangan rumah tangga akan dapat direncanakan lebih baik dan bisa berjalan sesuai rencana.

2. Lunasi hutang terlebih dahulu

Jika ternyata kamu dan pasangan masih memiliki hutang atau tagihan yang belum dibayarkan, pastikan untuk melunasinya terlebih dahulu sebelum melakukan hal lainnya.

Dengan melunasi hutang, keluarga baru kalian tidak akan memiliki beban finansial yang bisa saja menghambat di kemudian hari.

3. Pertimbangkan untuk membuka rekening bersama

Saat menikah, umumnya ada beberapa opsi yang bisa dipilih untuk menentukan rekening yang menjadi tempat penyimpanan uang.

Kita bisa memilih untuk tetap memiliki rekening masing-masing, menggabungkan kedua rekening menjadi satu rekening bersama, atau membuka rekening bersama namun tetap memiliki rekening masing-masing.

Tidak ada pilihan terbaik, semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan ketetapan yang sudah disetujui kedua pasangan. Namun ada baiknya jika membuka satu rekening baru yang dikelola bersama-sama meski tidak ada salahnya juga tetap memiliki rekening pribadi masing-masing.

4. Buatlah goal!

Saat merencanakan keuangan bersama, tentu akan sangat egois jika masing-masing pasangan hanya mementingkan keperluan pribadi saja.

Setelah berkeluarga, masing-masing pasangan harus bisa menahan diri untuk memuaskan hasrat mereka dan lebih mementingkan keperluan yang sedang atau akan dibutuhkan oleh keluarga.

Agar kedua pasangan bisa fokus dalam hal ini, buatlah sebuah goal yang bisa dinikmati bersama atau dibutuhkan oleh keluargamu nanti di kemudian hari.

5. Catat pengeluaran dan buatlah anggaran

cara mengatur keuangan setelah menikah dengan budgeting

Dengan menikah, kalian dituntut untuk bisa lebih teliti dan disiplin dalam mengatur keuangan. Agar kamu dan pasangan tidak membuat pengeluaran yang terlalu banyak, buatlah anggaran untuk semua kebutuhan bulanan mulai dari belanja harian, tagihan listrik, cicilan, dan lain sebagainya. Dengan adanya anggaran, kita bisa memantau pengeluaran agar tidak boros dari biasanya.

Untuk mengetahui besarnya anggaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya, coba catat semua pengeluaran bulanan yang kalian lakukan. Jika sudah ketemu rata-ratanya, kalian bisa membuat anggaran bulanan berdasarkan data pengeluaran tersebut.

6. Konsultasikan ke pasanganmu terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian

JIka kamu berdua memutuskan untuk memiliki rekening bersama, pastikan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengeluaran dikonsultasikan terlebih dahulu pada pasanganmu.

Dengan begitu masing-masing akan mengetahui kebutuhan pasangannya dan tingkat urgensi pengeluaran tersebut agar tidak mempengaruhi rencana keuangan yang sudah disusun bersama sebelumnya.

7. Siapkan dana darurat

Untuk menyiapkan diri pada hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kamu dan pasangan menyisihkan sebagian uang sebagai dana darurat.

Dana darurat adalah dana penting yang bisa digunakan untuk menutupi pengeluaran ektra yang tidak terencana. Dana darurat akan sangat berguna saat terjadi bencana, kecelakaan, PHK, atau hal-hal tak terduga lainnya.

8. Sisihkan sebagian uang untuk berinvestasi

Cara mengatur keuangan setelah menikah yang tidak kalah pentingnya adalah menyisihkan sebagian uang untuk berinvestasi.

Melalui investasi yang tepat, uang yang ktia kumpulkan akan berkembang lebih cepat dan bisa menjadi simpanan kita dihari tua nanti. Semakin cepat kita berinvestasi, semakin banyak pula potensi uang yang bisa kita kumpulkan.

Sebelum memulai investasi, pastikan kamu sudah mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis investasi. Selain itu pastikan investasi juga sesuai dengan kebutuhkan dan tujuan kita ke depan.


Berbeda dengan mengatur keuangan sendiri, mengelola keuangan bersama pasangan setelah baru menikah tentu membawa tantangan tersendiri.

Namun selama kedua belah pihak mau terbuka dan bekerja keras, goal yang sudah kamu tetapkan bersama malah bisa diraih dalam waktu yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *