cara mengatur tanggal pada jam tangan analog
Men's Style

Cara Mengatur Tanggal pada Jam Tangan Analog

Meski fungsi utamanya adalah untuk menunjukan jam dan menit, jam tangan analog juga seringkali dilengkapi berbagai fitur lain yang bisa memudahkan pengguna sesuai dengan kebutuhan mereka. Salah satunya adalah fitur kalender yang bisa menunjukan pengguna tanggal atau bahkan hari saat ini.

Namun dengan tombol yang sangat terbatas, seringkali pemilik jam tangan analog kesulitan untuk mengatur tanggal pada jam tersebut. Padahal langkahnya tidak terlalu sulit.

Nah, buat kamu yang bingung bagaimana cara mengatur tanggal pada jam analog, berikut adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Mengubah Tanggal pada Jam Tangan Analog

1. Tarik Crown Terlebih Dahulu

Mahkota (crown) jadi satu-satunya tombol pengaturan yang bisa kamu temukan pada jam tangan analog. Masing-masing crown dapat ditarik beberapa kali sesuai fitur yang ada pada jam tersebut.

Jam yang dapat menampilkan tanggal saja umumnya bisa ditarik hingga 2 kali. Namun pada jam yang mampu menampilkan tanggal dan hari umumnya bisa ditarik hingga 3 kali.

Jadi untuk mulai mengubah tanggal pada jam tangan analog, kamu bisa menarik tuas crown tersebut secara perlahan. Secara umum, kamu bisa melakukan hal ini untuk mengubah kalender pada jam tangan.

  • Tarik crown 1 kali untuk mengatur tanggal
  • Tarik crown 2 kali untuk mengatur hari (pada jam tangan yang memiliki fitur ini)
  • Tarik crown secara penuh untuk mengatur waktu (jam dan menit)

2. Putar Crown Searah Jarum Jam

Setelah mengetahui posisi pengaturan yang pas, kamu hanya perlu memutar crown tersebut agar tanggal dan hari berubah sesuai dengan waktu saat ini.

Sebagai tips, pastikan untuk memutar crown searah dengan jarum jam, karena roda gigi untuk pengaturan tersebut umumnya disesuaikan agar berjalan satu arah saja. memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam tentu saja bisa dilakukan, tapi hal ini akan cepat merusak roda gigi pada jam tangan tersebut.

3. Kembalikan Posisi Crown

Jika sudah selesai mengatur waktu dan tanggal pada jam tangan, kembalikan crown pada posisi semula agar tanggal bisa berjalan dan tidak berubah lagi.

Tips dalam Mengatur Tanggal pada Jam Tangan Analog

Salah satu kesulitan dalam mengatur tanggal pada jam analog adalah memastikannya berjalan dengan pas sesuai dengan tanggal saat ini. Namun karena jam hanya mampu menampilkan 12 angka, maka perbedaan antara siang dan malam membuat tanggal seringkali tidak berubah atau malah berubah lebih cepat dari tanggal yang seharusnya.

Untuk mengatur tanggal agar pas, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

  • Atur tanggal di luar jam 9 malam sampai am 3 pagi. Bertentangan dengan kepercayaan yang ada, hal ini sebenarnya dilakukan untuk menghindari kerusakan pada gear yang mengatur tanggal pada jam tangan.
  • Untuk mengatur tanggal yang pas, ubah tanggal menjadi tanggal kemarin.
  • Setelah itu putar jam melewati angka 12:00. Jika tanggal berubah, maka berarti jam tangan kamu menunjukan jam 12:00 AM, namun jika tanggal tidak berubah, berarti jam tangan menunjukan angka 12:00 PM. Dengan begitu kamu bisa mengatur jam agar sesuai dan tanggal pun akan terganti secara sempurna mengikuti rotasi hari sesuai pengaturan jam tangan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *