cara menghasilkan uang untuk pelajar SMP dan SMA tanpa modal
Keuangan

11 Cara Menghasilkan Uang dari HP untuk Pelajar Tanpa Modal

Dulu mendapatkan uang sendiri hanya bisa jadi impian bagi banyak pelajar, apalagi cuma modal hape saja. Namun kini hal tersebut bukanlah hal yang tidak mungkin karena ada banyak cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar, yang bahkan bisa dilakukan tanpa modal sekalipun.

Dengan banyaknya waktu luang setelah sekolah selesai, hal ini tentu jadi kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Selain mengisi kegiatan dengan hal-hal yang positif dan menambah skill baru, kamu pun bisa memiliki penghasilan sendiri tanpa perlu tergantung orang tua.

Nah, buat kamu yang juga ingin coba punya pendapatan sendiri, simak dulu yuk beberapa cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar tanpa modal berikut ini.

Cara Menghasilkan Uang dari HP untuk Pelajar

1. Jualan online

Meski berstatus pelajar bukan berarti kamu tidak bisa coba jualan sendiri. Cuma dengan modal hp dan internet, kamu sudah bisa membuka toko online dan menjual barang sendiri secara daring. Apalagi kini ada banyak online marketplace gratis dengan segudang fitur yang rasanya sayang untuk dilewatkan.

Terus urusan produk bagaimana? bukankah barang-barang yang akan dijual juga butuh modal?

Tenang! di zaman sekarang kamu bahkan bisa jualan online tanpa perlu modal sama sekali.

Jika kamu belum memiliki produk atau belum sanggup memproduksi barang sendiri, maka dropshipping atau menjadi dropshipper bisa jadi salah satu solusi.

Dibanding cara berjualan konvensional, metode dropshipping jauh lebih mudah dan tidak butuh banyak biaya. Dengan cara ini, kamu hanya perlu mempromosikan barang dari supplier saja. Agar lebih jelas, kamu bisa melihat cara kerja dropship berikut ini:

  1. Kamu mencari supplier dropship dan memajang foto produk mereka di lapak jualan online milikmu.
  2. Saat ada pesanan, lakukan transaksi seperti biasa. Jangan lupa untuk menanyakan stok barang pada pihak supplier.
  3. Jika sudah, kamu bisa memesan barang yang dipilih pembeli kepada supplier.
  4. Supplier akan melakukan pengemasan barang dan mengirim barang langsung ke konsumen.
cara kerja dropship

Selain mudah dilakukan dan bisa dimulai nyaris tanpa modal, dropshipping memiliki beberapa keuntungan lain sebagai berikut:

  • Tidak perlu stok barang
  • Umumnya sudah disediakan tools untuk promosi
  • Bisa menentukan untung sendiri
  • Tidak ada keterikatan, bebas keluar sewaktu-waktu
  • Ada beragam pilihan produk yang bisa dipasarkan

Agar bisa sukses jualan online dengan cara dropshipping, pastikan kamu memilih supplier yang bisa dipercaya. Jadi tidak hanya menyediakan barang berkualitas baik, tapi juga memiliki pelayanan yang memuaskan.

Dan jika kamu sudah bisa mengumpulkan banyak uang dengan cara tersebut, tidak ada salahnya memilih supplier dropshipper yang menyediakan membership. Selain menyediakan produk yang sudah terjamin kualitasnya, mereka juga menyediakan fitur yang lebih lengkap seperti dasbor khusus agar kamu bisa memantau stok secara real time, atau white label agar kamu bisa menggunakan nama brand dan logo kamu sendiri pada setiap produk yang kamu kirim.

2. Jual barang preloved

Selain menjual produk dari supplier dropship, kamu juga bisa jualan online dengan modal barang-barang bekas yang masih layak pakai dan memiliki nilai jual yang baik (preloved).

Untuk memulainya, kamu bisa menjual barang-barang kamu sendiri. Agar lebih cepat laku, pastikan barang tersebut masih memiliki kualitas yang bagus. Akan lebih baik lagi jika barang tersebut berasal dari brand yang terkenal agar lebih mudah terjual.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa ikut membantu menjualkan barang-barang prelove milik teman atau kerabat kamu dengan komisi tertentu.

3. Affiliate Marketing

Selain cara jualan di atas, kamu juga bisa mendapatkan uang dari hp melalui affiliate marketing atau program afiliasi. Sama seperti dropshipping, ada banyak program afiliasi yang bisa diikuti tanpa perlu mengeluarkan modal terlebih dahulu.

Beda dengan jualan biasa dan dropshipping, di sini kamu hanya perlu mempromosikan produk afiliasi saja. Untuk setiap transaksi sukses yang dilakukan melalui link afiliasi kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi. kamu pun tidak perlu repot mengurus transaksi dan pengiriman barang, karena semuanya akan dilakukan oleh penyedia program afiliasi.

Agar lebih jelas, program afiliasi umumnya memiliki alur kerja sebagai berikut.

  1. Daftar di website yang menyediakan program afiliasi.
  2. Pilih produk/jasa yang akan dipasarkan lalu ambil link afiliasinya.
  3. Sebar link tersebut melalui blog atau sosial media. Agar lebih menarik, kamu juga bisa membuat review agar orang-orang tertarik dengan promosi yang kamu buat.
  4. Jika ada orang yang masuk melalui link afiliasi dan melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi.
  5. Komisi umumnya bisa langsung dicairkan atau menunggu hingga batas pencairan tertentu.
Cara kerja affiliate marketing untuk mendapatkan penghasilan dari hp

Untuk mencari produk/jasa yang dijual dengan sistem affililate marketing, kamu bisa mencarinya melalui Google. Sebagai rekomendasi, beberapa online marketplace besar yang menyediakan program afiliasi antara lain Bukalapak, Lazada, Orami, dan Blibli. Jika kamu ingin memasarkan produk digital, kamu juga bisa menelusuri beragam produk di Ratakan.

4. Jadi influencer sosial media

Salah satu cara menghasilkan uang dari hp yang jadi tren di kalangan pelajar dan anak muda pada umumnya adalah dengan menjadi influencer di sosial media seperti TikTok, Instagram, atau Youtube. Apalagi kini orang bisa mudah viral dan terkenal melalui platform jejaring sosmed semacam itu.

Semakin banyak orang yang menjadi follower sebuah akun, maka peluang untuk mendapatkan uang pun akan semakin terbuka lebar. Akun yang memiliki follower hingga di atas ratusan ribu orang pun bisa menarik tarif yang jauh lebih besar.

Untuk memulainya, kamu hanya perlu smartphone dan kuota internet saja. Hape yang diperlukan pun tidak perlu memiliki spek dewa karena ada banyak influencer dan selebgram yang memulai perjalanan mereka menggunakan hp kentang dengan spek rendah.

Dibandingkan kualitas video atau audio, isi konten jadi faktor yang paling penting. Kamu bisa membuat konten yang membuat orang terhibur, menginspirasi, atau sekedar memberikan mood positif.

5. Admin sosial media

Sosial media bukan hal yang asing di kalangan pelajar dan anak muda pada umumnya. Beberapa di antara kamu bahkan mungkin memiliki skill lebih, dan tidak cuma bisa posting konten saja.

Jika kamu punya skill tertentu, kamu juga bisa lho menghasilkan uang dari hp dengan menjadi admin sosial media atau bekerja untuk influencer lain, atau malah brand tertentu. Skill yang banyak dicari umumnya tidak jauh dari copywriting, edit file multimedia (gambar, audio, video), dan skill SEO sosmed serta kemampuan untuk melakukan riset.

Tergantung jabatan kamu nantinya, kamu bisa saja bertugas untuk membuat dan merencanakan konten (gambar dan caption), membalas komentar dan pesan yang masuk, menganalisa data atau insight, hingga membuat strategi untuk meingkatkan jumlah followers dan engagement.

5. Ajak teman menggunakan TikTok

Meski awalnya sempat dicibir, TikTok jadi salah satu aplikasi yang kini banyak digandrungi orang lain. Tidak cuma untuk hiburan dan joget-joget saja, kini TikTok juga banyak diisi konten lain dan dijadikan salah satu alat promosi bagi banyak brand.

Menariknya, TikTok kini jadi salah satu aplikasi penghasil uang berkat adanya sistem referal mereka. Jadi cuma ajak teman menggunakan TikTok, kamu bisa mendapatkan komisi Rp20,000 yang nantinya bisa dicairkan lewat DANA.

6. Content Creator Youtube

Tidak dipungkiri bahwa Youtube jadi salah satu platform video online terbesar. Selain jadi tempat yang pas untuk berbagi video, Youtube kini juga dimanfaatkan untuk menghasilkan uang dari hp untuk siapa saja, mulai dari anak kecil, pelajar, hingga orang tua.

Untungnya kamu tidak perlu menunggu sampai memiliki peralatan mahal terlebih dahulu untuk bisa membuat konten Youtube. Banyak youtuber sukses sekarang yang memulai channel mereka dari peralatan sederhana berupa hape saja.

Konten yang kamu buat pun sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan skill ataupun hobi kamu. Mulai dari vlog, mukbang, beauty tips, gaming, cover lagu, dan masih banyak lagi. Pastikan saja kamu tidak melanggar ketentuan Youtube agar video-video kamu bisa dimonetasi menggunakan Google Adsense.

7. Main game

menghasilkan uang dari hp tanpa modal dengan main game Mobile Premier League

Cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar selanjutnya adalah melalui game. Cocok banget nih buat kamu yang senang menghabiskan waktu untuk beradu skill di game favoritmu.

Untuk mendapatkan uang dari game pun caranya sangat beragam, dan tergantung pada permainan yang kamu mainkan. Beberapa permainan memang menawarkan hadiah khusus seperti Mobile Premier League (MPL). Di game tersebut, kamu bisa berlomba dengan ribuan pemain lain untuk menjadi pemenang, dan mendapatkan diamond yang nantinya bisa dicairkan dalam bentuk uang.

Namun selain jenis permainan tersebut, kamu juga bisa mendapatkan uang melalui beberapa cara lainnya, seperti:

  • Menjual item, skin, gems, akun game, atau resource lain yang bisa didapat dalam permainan.
  • Menjadi joki game online dan meningkatkan ranking karakter milik orang lain hingga level tertentu.
  • Memainkan game populer dan menyiarkannya secara langsung melalui Twitch atau Youtube.
  • Merekam game dan menggunakannya sebagai bahan untuk membuat konten gaming di Youtube.
  • Mengikuti turnamen berhadiah, atau bahkan menjadi atlit profesional dan berkompetisi di kejuaraan nasional dan internasional.

8. Cek aplikasi penghasil uang

Tahu gak sih kalau di Google Play Store, kami bisa download aplikasi penghasil uang yang benar-benar membayar penggunanya?

Cukup dengan melakukan beberapa tugas ringan, kamu bisa mengumpulkan koin atau token yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang atau saldo dompet digital. Umumnya kamu hanya perlu mengerjakan tugas sederhana seperti menginstal aplikasi, membaca berita, bermain game ringan, atau membagikan kode refereral kepada teman-teman kamu.

Beberapa aplikasi penghasil uang yang bisa kamu coba antara lain, Cash Pop, Clips Claps, App Karma, CashZine, Baca Plus, dan masih banyak lagi.

Namun jangan harap untuk mendapatkan uang banyak dari aplikasi tersebut yah!

9. Survey online berbayar

menghasilkan uang dari hp dengan cepat melalui survey online

Selain menggunakan aplikasi penghasil uang, kamu juga bisa menghasilkan uang dari hp dengan mengisi survey online berbayar. Beda dengan survey biasa, ada poin tertentu yang bisa kamu kumpulkan setelah selesai mengisi survey tersebut. Poinini nantinya bisa kamu kumpulkan dan ditukarkan dengan beragam hadiah menarik seperti saldo paypal, DANA, OVO, Gopay, voucher belanja, atau uang tunai langsung.

Survey online sendiri sangat mudah diikuti dan siapa saja bisa ikutan mendaftar, termasuk pelajar dan mahasiswa. Pertanyaan yang diajukan pun umumnya mudah dan tidak jauh berbeda dengan kehidupan sehari-hari.

Jika kamu punya waktu luang dan ingin mendapatkan uang tambahan, kamu bisa daftar segera di beberapa survey online terbaik seperti JakPat, Nusaresearch, iPanel, atau View Fruit.

10. Jual stok foto

Jika kamu memiliki ponsel kamera yang dapat mengambil gambar dengan cukup baik, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghasilkan uang dari foto smartphone tersebut. Cara menghasilkan uang dari hp ini akan lebih baik jika kamu memiliki skill, pengetahuan, atau sekedar minat terhadap fotografi.

Meski kebanyakan foto stok yang dijual diambil menggunakan kamera mahal, ada pula situs microstock yang menerima foto yang diambil menggunakan hape. Sebut saja FOAP, Dreamstime, Agora Images, atau Snapwire. Tidak hanya bisa digunakan untuk menjual foto hape, di situs tersebut kamu juga bisa terkoneksi dengan pengguna profesional lain dan belajar bagaimana caranya mengambil foto serta melakukan retouching yang lebih baik.

Agar peluang kamu untuk menjual foto terbuka lebar, kamu bisa memposting lebih banyak gambar serta mengambil foto dengan tema yang banyak dicari orang. Pastikan saja kualitas foto kamu terus diperbaiki agar orang lain tertarik untuk membelinya.

11. Ikutan kuis dan giveaway

Cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar lain yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mengikuti kuis dan giveaway yang banyak dilakukan oleh brand-brand besar.

Kuis dan giveaway umumnya dilakukan hampir setiap hari dan memilik tantangan yang tidak terlalu sulit. Meski saingannya pun akan sangat banyak, tentu tidak salah kan jika kamu ingin menguji keberuntungan kamu dan memperoleh hadiah menarik dari sponsor? Apalagi hal ini gratis dan bisa dilakukan tanpa modal!


Itu dia beberapa cara menghasilkan uang dari hp untuk pelajar tanpa modal yang bisa dilakukan tingkatan apa saja mulai dari SMP, SMA, atau yang sudah mahasiswa. Jadi daripada menghabiskan waktu dengan hal yang tidak berfaedah, mending cari kesibukan baru yang bisa memberi kamu manfaat bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *