cara menghilangkan baret di kaca mobil
Otomotif

5 Cara Menghilangkan Baret di Kaca Mobil

Baret atau tergores adalah salah satu masalah yang sering terjadi pada kaca mobil. Tidak hanya mengganggu penampilan, baret di kaca mobil juga berpotensi mengganggu pandangan pengemudi. Makanya penting untuk mengetahui cara menghilangkan baret pada kaca mobil sebelum bertambah parah.

Baret pada kaca mobil sendiri bisa terjadi karena banyak hal. Namun penyebab yang paling umum adalah adanya gesekan dengan wiper. Wiper yang sudah berusia lanjut biasanya akan berkurang kelenturannya dan menimbulkan gesekan yang kasar saat digunakan.

Hal yang sama juga bisa terjadi jika kamu mencuci mobil dengan bahan yang kurang lembut. Alih-alih membersihkannya, kaca mobil malah bisa tergores.

Lalu bagaimana cara menghilangkan baret di kaca mobil? Tenang, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

1. Menggunakan Kompon

Kompon jadi salah satu pertolongan pertama untuk mengatasi baret, tidak hanya pada bodi mobil tapi juga kaca mobil.

Kompon mobil berbentuk seperti pasta atau krim lembut dan biasanya berwarna putih. Produk ini pun bisa kamu jumpai dengan mudah di toko perlengkapan mobil atau di situs jual beli online.

Untuk menggunakannya, bersihkan kaca terlebih dahulu. Setelah itu tuangkan sedikit kompon pada kaca yang baret lalu usap menggunakan kain halus. Usap secara perlahan sampai baret tersamarkan.

Jangan gunakan kompon terlalu banyak agar tidak menyulitkan kamu dalam membersihkan sisa-sisa kompon yang bisa membuat kaca kusam jika tidak dibersihkan dengan baik.

2. Gunakan Pasta Gigi

Sebagai alternatif kompon, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang ada di kamar mandi. Tidak hanya menghilangkan baret, pasta gigi juga bisa dipakai untuk menghilangkan jamur di kaca mobil.

Sebagai langkah pertama, pilihlah pasta gigi yang mengandung bahan pemutih seperti carbamide peroxide atau hidrogen peroksida. Setelah itu oleskan pasta gigi pada kaca yang baret lalu usap secara perlahan menggunakan sikat halus atau kain. Setelah selesai jangan lupa bersihkan pasta gigi yang tersisa pada kaca mobil.

3. Memakai Ammonia

Cara menghilangkan baret di kaca mobil selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan kimia bernama ammonia. Kamu bisa mendapatkan bahan kimia ini di apotek atau toko bahan kimia.

Sebelum menggunakannya, perlu kamu ketahui bahwa ammonia bersifat cukup keras dan dapat menimbulkan iritasi serta gangguan pernapasan. jadi hati-hati sebelum mengoleskannya di permukaan kaca.

Untuk menggunakannya, kita bisa mencampurkan 1/2 liter air dengan 1/2 ons amonia hingga rata. Setelah itu usapkan campuran tersebut pada kaca yang baret lalu usap secara perlahan sampai bekas goresan menghilang.

4. Gunakan Cerium Oxide

cra mengatasi baret dan goresan di kaca mobil dengan bahan kimia cerium oxide

Bahan kimia lainnya yang sering digunakan untuk menghilangkan baret pada kaca mobil adalah cerium oxide (CeO2). Cerium oxide biasa dijual dalam bentuk serbuk berwarna kemerahan/kekuningan.

Tidak hanya menghilangkan baret kaca mobil, bahan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kaca buram, membasmi jamur kaca mobil, hingga membuat kaca mobil kembali berkilap seperti baru.

Sebelum menggunakannya, kamu bisa membersihkan kaca mobil terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa membuat campuran cerium oxide dan air hingga mengental seperti krim lembut.

Jika sudah, oleskan campuran tersebut pada kaca menggunakan sikat halus atau kain yang lembut. Gosok dengan sedikit menekannya agar cairan meresap dan menyamarkan goresan pada kaca mobil. Jika sudah, bersihkan kaca seperti biasa.

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa mengoleskan campuran cerium oxide dengan menggunakan mesin poles rotary.

5. Membawanya ke Bengkel

Perlu diketahui bahwa keempat cara sebelumnya akan lebih efektif untuk mengatasi baret atau goresan yang minor saja. Jika baret sudah terlalu dalam atau banyak, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menyerahkan perawatan dan perbaikan pada tenaga profesional. Dengan begitu kita bisa menghindari kerusakan yang lebih parah seperti mengganti keseluruhan kaca mobil.


Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan baret di kaca mobil dengan mudah. Dengan bahan-bahan yang sederhana, baret dan goresan kecil pada kaca mobil pun bisa hilang dengan sempurna. Namun jika kerusakan cukup parah, ada baiknya jika kamu membawanya ke bengkel perawatan mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *