cara menghilangkan bau rokok di mobil
Otomotif

6 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Menghilangkan bau rokok di mobil jadi tugas wajib bagi pengendara kendaraan roda empat yang juga gemar menghisap asap tembakau.

Bau rokok yang tidak segera diatasi bisa membekas pada bagian interior mobil dan membuatnya bau. Tidak jarang asap rokok akan membuat beberapa interior terlihat menguning dan mengurangi daya tarik mobil.

Nah, buat kamu yang penasaran cara menghilangkan bau rokok di mobil, simak beberapa tipsnya berikut ini yuk!

1. Atur Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara yang baik jadi kunci utama agar bau asap rokok tidak tertinggal di dalam mobil. Jadi buat kamu yang sering merokok di dalam mobil, ada baiknya jika kamu juga membuka kaca jendela mobil agar asap rokok bisa terbuang ke luar dan udara di dalam mobil pun tetap bersih.

Jika kamu merasa udara di luar terlalu terik, kamu juga bisa melakukannya sesampainya di rumah. Saat parkir, buka semua kaca dan pintu mobil sambil menyalakan AC. Dengan begitu kamu bisa menukar udara kotor yang sudah bercampur asap rokok dengan udara baru yang lebih jernih.

2. Bersihkan Interior Mobil

Meski sudah mengganti udara, bau rokok seringkali masih bisa tercium oleh kita. Hal ini bisa terjadi jika asap rokok sudah berada terlalu lama dan menempel pada bagian interior mobil mulai dari dasbor, setir, jok, hingga karpet mobil.

Jika hal ini terjadi, kamu harus membersihkan sisa-sisa asap rokok yang menempel secara menyeluruh. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mem-vaccuum jok dan karpet serta mengelap semua bagian dalam mobil. Jangan lupa juga untuk membuang sisa puntung rokok yang lupa kamu buang ke luar.

3. Tambahkan Pengharum Mobil

tambahkan pengharum mobil untuk mengatasi bau rokok di mobil

Supaya bau rokok bisa tersamarkan, kamu juga bisa menambahkan pengharum mobil, baik yang digantung maupun dalam bentuk spray. Selain menghilangkan bau rokok di mobil, pengharum ini juga bisa memberikan aroma wangi yang membuat kamu rileks dan nyaman.

Meski begitu kamu harus tetap membersihkan mobil terlebih dahulu untuk mendapatkan efek terbaik. Kalau bau asap rokok sudah terlalu pekat, bau pengharum ruangan malah bisa bertabrakan dan membuat kamu pusing dan mual.

4. Gunakan Bumbu Dapur untuk Menghilangkan Bau Rokok

Sebagai alternatif, ada beberapa bumbu dapur rumahan yang bisa kamu pakai untuk menghilangkan bau rokok dengan mudah. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan bubuk kopi, bubuk vanilla, bubuk kayu manis, atau baking soda.

Untuk bubuk kopi, vanilla, dan kayu manis, kamu bisa meletakannya pada wadah piring dan letakan pada mobil. Setelah itu diamkan semalaman agar bubuk tersebut dapat menyerap bau tidak sedap dan menggantikannya dengan bau yang lebih menyenangkan. Jika kamu khawatir bubuk akan dikerubungi semut, kamu juga bisa membungkusnya terlabih dahulu dengan tissue atau bahan berserat tipis lainnya sebelum digunakan di mobil.

Jika menggunakan baking soda, kamu bisa langsung menaburkannya di dalam kabin mobil. Biarkan selama beberapa hari dan lakukan penggantian setelah beberapa hari.

5. Buang Sampah di Dalam Mobil

Bau asap rokok akan lebih menyengat jika sudah bercampur dengan bau sampah yang ada di dalam mobil, terutama sampah makanan sisa. Jadi meski sudah ada tempat sampah di dalam mobil, pastikan kamu selalu membersihkannya secara rutin agar bau sampah juga tidak mengendap lama dalam mobil.

6. Cuci di Salon Mobil

Buat kamu yang tidak mau repot, cara paling mudah untuk menghilangkan bau rokok di mobil adalah dengan mencucinya secara menyerluruh di salon mobil atau tempat cuci mobil lainnya.

Salon mobil biasanya akan membersihkan interior mobil secara total mulai dari vaccuum cleaning hingga mencuci alas karet mobil. Dengan begitu semua noda dan bau yang menempel pada bagian dalam mobil dapat terangkat dan tidak menimbulkan bau.


Asap rokok jadi salah satu penyebab mobil bau yang paling umum. Makanya kamu harus sering-sering membersihkan sisa asap rokok agar tidak lekas menempel pada bagian dalam mobil. Semakin lama dibiarkan, bau asap rokok akan semakin lekat dan sulit dihilangkan. Bagian dalam mobil pun bisa menguning jika terlalu sering terkena asap rokok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *