cara menghilangkan embun di jam tangan tanpa perlu bongkar
Men's Style

6 Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Embun pada jam tangan menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh para pemiliknya. Hal ini tidak hanya terjadi pada jam tangan imitasi saja, jam original pun juga bisa berembun.

Embun yang terdapat pada jam tangan tidak hanya mengganggu penampilannya, tapi juga mempersulit kita untuk membaca jam tangan tersebut.

Munculnya embun pada jam tangan bisa disebabkan karena banyak hal. Selain karena suasana yang dingin di musim hujan, mebun juga bisa muncul karena jam terendam di dalam air.

Jika hal ini terjadi, jangan khawatir karena ada banyak cara menghilangkan embun pada jam tangan dengan mudah.

Cara Menghilangkan Embun di Jam Tangan

1. Jemur jam tangan

Cara paling mudah untuk menghilangkan embun di jam tangan adalah dengan menjemurnya. Namun menjemurnya bukan berarti meletakannya di bawah sinar matahari langsung.

Cukup letakan jam tangan di luar rumah yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan saat cuaca sedang hangat. Dnegan begitu uap dapat keluar dari jam tangan dan embun yang terjebak di dalam jam tangan pun hilang.

Sebagai alternatif, selain menjemurnya di luar kamu juga bisa meletakan jam yang berembun di dekat perapian, di atas TV, di bawah sinar lampu, atau di tempat hangat lainnya.

2. Bungkus dengan handuk

Cara lain untuk mengatasi jam tangan yang berembun adalah dengan membungkusnya dengan handuk kering.

Untuk melakukannya, cukup bungkus jam tangan dengan handuk dengan bagian belakang jam menghadap ke bawah. Agar lebih efektif, kamu bisa meletakan bungkusan ini di tempat yang terkena sinar matahari.

3. Gunakan hair dryer

Jika kamu memiliki pengering rambut (hair dryer), kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan embun di jam tangan.

Untuk melakukannya, atur hair dryer agar bekerja pada settingan terendah. Setleah itu arahkan udara panas ke arah jam dalam jarak yang tidak terlalu dekat. Lakukan hal ini sampai embun pada jam tangan hilang seluruhnya.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa memanfaatkan udara panas yang keluar dari laptop untuk mendapatkan manfaat yang sama.

4. Rendam dalam beras

Kamu pasti pernah mendengar tips untuk mengatasi hp yang terendam dengan membenamkannya di beras bukan?

Cara yang sama ternyata juga bisa kamu lakukan terhadap jam tangan yang mengembun. Agar embun keluar dari arloji, kamu bisa merendam jam tangan di dalam beras semalaman.

5. Gunakan Silica Gel

cara mengeringkan embun di jam tangan menggunakan silica gel

Desiccant atau silica gel adalah benda yang sering digunakan untuk menghilangkan kelembaban pada banyak produk. Jika kamu memiliki silica gel, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengeringkan jam tangan kamu yang berembun.

Untuk melakukannya, ada baiknya kamu memiliki banyak stok silica gel. Setelah itu letakan silica gel pada jam tangan lalu biarkan semalaman agar hasilnya lebih efektif.

6. Bongkar Jam

Jika kamu berpengalaman dalam membongkar jam tangan, cara paling mudah untuk menghilangkan embun di jam tangan adalah dengan membongkarnya dan usap uap air yang terperangkap secara langsung.

Dengan cara ini, embun pada jam tangan pun akan hilang seketika dan jam tangan bisa kamu gunakan kembali.


Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi embun pada jam tangan. JIka embun terjadi karena jam tangan kehujanan, pastikan kamu segera melakukan perawatan jam tangan agar tidak merusak fisiknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *