cara mencegah dan menghilangkan jamur pada kaca mobil
Otomotif

Cara Mencegah dan Mengatasi Jamur pada Kaca Mobil

Panas dan hujan yang silih berganti menjadi hal yang lumrah di musim hujan seperti sekarang. Jika kita memiliki kendaraan roda empat, kondisi semacam ini biasanya bisa menimbulkan masalah, seperti munculnya jamur (water spot) pada kaca mobil.

Jamur pada kaca mobil dapat timbul jika air akibat tetesan hujan mengering sebelum sempat dibersihkan. Jika tidak segera diatasi, jamur pada kaca mobil akan membuat tampilan mobil menjadi lebih kusam, atau bahkan menghalangi pandangan pengemudi dari balik setir.

Nah, agar masalah ini tidak sampai mengganggu, simak dulu beberapa cara mencegah dan menghilangkan jamur pada kaca mobil berikut ini.

Cara Mencegah Jamur pada Kaca Mobil

Agar jamur tidak mengotori kaca mobil, kita bisa melakukan beberapa langkah pencegahan berikut ini:

  • Segera keringkan mobil saat terkena air hujan. Bila perlu cuci mobil setelah kehujanan agar tidak ada debu dan air yang menempel pada bodi mobil
  • Saat memarkirkan kendaaraan di tempat lembab, gunakan cover mobil agar debu, kotoran, dan air tiodak menempel terlalu lama paca kaca mobil.
  • Jangan mencuci mobil saat cuaca sedang panas agar air yang menguap tidak meninggalkan bercak pada mobil.
  • Gunakan air dengan kualitas yang baik saat mencuci mobil. Hindari air yang mengandung kapur dan mineral lain seperti besi atau garam.

Sebagai langkah terakhir, kamu bisa menggunakan cairan pembersih kaca yang bisa mencegah tumbuhnya jamur pada kaca mobil.

Dan jika jamur terlanjur menempel, kamu bisa menghilangkannya dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus

Untuk menghilangkan jamur yang sudah terlanjur menempel pada kaca mobil, kita bisa menggunakan obat pembersih jamur khusus kaca mobil yang kini banyak dijual di pasaran atau online.

Tidak hanya dapat membersihkan jamur pada kaca mobil, beberapa produk juga menyediakan obat pembersih jamur untuk bodi mobil.

cairan pembersih khusus untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil

Sebelum membeli, pastikan cairan pembersih yang digunakan memang khusus ditujukan untuk kendaraan. Sebagai alternatif kadang ada beberapa orang yang menggunakan produk lain seperti cairan pembersih untuk akuarium. Padahal cairan tersebut mengandung bahan kimia yang lebih keras yang malah bisa membuat kaca tampak kusam setelah dicuci.

2. Pasta Gigi

Untuk mendapatkan kaca yang bersih dari jamur, kamu juga bisa menggunakanbahan rumahan seperti pasta gigi. Kandungan yang ada di dalam produk pembersih gigi ini ternyata juga bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan baik.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil yang dipenuhi jamur. Setelah itu diamkan sebentar hingga pasta gigi mengering. Jika sudah, bersihkan sisa pasta gigi lalu cuci dan keringkan kaca mobil menggunakan kain lembut.

3. Pemutih Pakaian

Selain pasta gigi, bahan rumahan untuk membersihkan mobil lainnya yang bisa digunakan untuk membasmi jamur kaca mobil adalah pemutih pakaian.

Untuk menggunakannya, bersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran. Setelah itu tuangkan pemutih pakaian pada kain lembut/micro fiber secukupnya.

Jika sudah, kamu hanya perlu menggosokan kain tersebut pada kaca mobil hingga jamur menghilang.

4. Soda

Selain sebagai minuman menyegarkan, soda juga ternyata ampuh untuk digunakan sebagai cairan pembersih.

Untuk menggunakannya, pilihlah minuman soda yang tidak mengandung gula agar tidak memancing kedatangan semut pada mobil setelah selesai digunakan.

gunakan soda tanpa gula untuk mengatasi jamur pada kaca mobil

Jika sudah, bersihkan kaca mobil terlebih dahulu. Setelah itu kamu bisa membasahi kain lembut atau pasta gigi dengan air soda. Gosokan cairan tersebut pada kaca mobil yang terkena jamur secara perlahan. Lakukan ini beberapa kali sampai jamur pada kaca mobil menghilang lalu bilas dengan air bersih.

5. Cuka Apel

Cuka apel adalah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil dengan mudah.

Untuk menggunakannya, campurkan ± 3 sendok cuka apel dengan 1 liter air bersih. Setelah itu gunakan campuran tersebut untuk mengikis jamur dari kaca mobil menggunakan lap micro fiber sampai hilang seluruhnya. Jika sudah, bilas kaca dengan air bersih lalu keringkan segera.

6. Alkohol

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan adalah alkohol. Cara pakainya pun tidak jauh berbeda dengan cairan lainnya.

Untuk menggunakannya, pilihlah alkohol dengan kadar di atas 60% yang lebih efektif membasmi jamur. Setelah itu gunakan kapas atau kain untuk mengoleskan alkohol pada kaca mobil lalu gosok secara perlahan hingga jamur menghilang. Setelah selesai, bilas lalu keringkan kaca mobil tersebut.


Jamur memang menjadi masalah yang biasa terjadi pada kaca dan bodi mobil. Jika dibiarkan terus menerus, jamur akan semakin banyak dan lebih sulit dihilangkan.

Untuk mengatasinya, kita tidak perlu membawanya ke tempat pencucian dan perawatan mobil. Dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah, kita bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *