Karir

8 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

KisahBeruang.com – Dalam sebuah lingkungan kerja, kadang kita akan bertemu orang yang gemar menunda-nunda pekerjaan.

Memang, menunda pekerjaan itu menyenangkan dan membuat kamu santai. Padahal memunda pekerjaan justru akan membuang-buang waktu.

Waktu yang seharusnya bisa dipakai untuk kegiatan produktif malah kadang dipakai untuk hal-hal yang tidak perlu. Selain membuat pekerjaan tidak cepat selesai, pekerjaan yang dikerjakan mendekati deadlline biasanya dikerjakan terburu-buru dan membuat hasilnya tidak memuaskan.

Nah, agar kamu bisa menghilangkan kebiasaan buruk menunda pekerjaan, 8 tips berikut bisa membantu meningkatkan produktifitas kerja kamu!

1. Niat dan konsistensi

Untuk menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, kamu bisa memulainya dari niat terlebih dahulu. Tanpa adanya niat yang kuat, sulit bagi kita untuk bisa mengubah diri sendiri.

Selain niat, kamu juga perlu konsistensi. Jangan sampai kebiasaan menunda pekerjaan kembali lagi. Jika kamu ingin bersantai-santai, ingat kenapa kamu ingin menghilangkan kebiasaan buruk ini!

2. Pecah pekerjaan besar menjadi beberapa tugas kecil

Memiliki pekerjaan yang besar dan sulit kadang membuat kita membutuhkan waktu lebih banyak untuk bersiap-siap. Sayangnya kalau terlalu lama didiamkan, pekerjaan justru malah akan semakin tertunda karena kita akan terlalu pusing memikirkan bagaimana caranya agar pekerjaan tersebut cepat selesai.

Jika ada pekerjaan besar yang terlihat cukup rumit, pecah pekerjaan tersebut menjadi tugas-tugas kecil. Setelah itu kita bisa mengerjakannya secara bertahap sesuai urutan proses pekerjaannya.

Dengan membagi tugas besar menjadi tugas kecil, pekerjaan yang rumit akan terlihat lebih ringan. Pekerjaan pun dapat diselesaikan tepat waktu tanpa membuat kita pusing.

3. Buat jadwal kerja

Agar kita tidak sering menunda pekerjaan, ada baiknya tugas ditulis secara manual baik memakai sticky notes atau papan tulis. Kalau perlu jangan hanya menampilkan tugas dalam satu hari saja, tetapi langsung dalam waktu satu minggu atau bahkan satu bulan.

Dengan melihat jadwal kerja secara langsung, kita bisa mengalokasikan waktu dengan lebih baik. Tidak hanya waktu untuk kerja saja, tetapi waktu untuk bersantai juga.

4. Majukan tanggal deadline

Salah satu hal yang menyebabkan kita sering menunda pekerjaan adalah ketika melihat waktu deadline yang masih lama. Dengan begitu kita akan merasa kalau kita masih memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal tersebut.

Salah satu cara untuk mengakali hal ini adalah dengan membuat deadline palsu. Waktu deadline palsu ini bisa kita buat lebih maju dibanding deadline yang sebenarnya.

Dengan majunya waktu deadline, kita akan terdorong untuk segera melakukan pekerjaan tersebut. Dan jika di kemudian waktu ada perubahan, kita tidak perlu panik karena tugas masih memiliki waktu cadangan yang bisa kita gunakan.

5. Istirahat yang cukup

Sekilas rasanya tidak ada hubungannya antara menunda pekerjaan dengan istirahat yang cukup.

Nyatanya, istirahat yang kurang akan membuat konsentrasi kita melemah. Pada akhirnya, kita jadi sulit fokus dan sukar sekali untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Karena itulah, atur waktu tidur dan istirahatlah dengan cukup.

6. Hindari kegiatan yang memakan waktu

Jika sudah bosan, umumnya kita akan mencari hiburan seperti menonton, mengobrol, atau menggunakan sosial media.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan sedikit relaksasi agar kita tidak penat. Namun yang menjadi masalah adalah ketika kita terlalu banyak mencari hiburan. Jadi jangan sampai lupa waktu dan membuat pekerjaan kita tertunda.

7. Jangan terlalu perfeksionis

Satu hal lain yang seringkali membuat kita menunda pekerjaan adalah sifat perfeksionis. Dibandingkan langsung melakukan tugas yang diberikan, kita malah berpikir bagaimana cara untuk membuat hasilnya sempurna. Sayangnya hal ini malah membuat kita menunda pekerjaan atau malah tidak jadi mengerjakannya sama sekali.

Karena itulah, bersikaplah realistis dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada. Tidak masalah jika hasil pekerjaan tidak sempurna selama tugas tersebut selesai.

8. Gunakan teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah salah satu cara yang bisa kita pakai untuk meningkatkan produktifitas kerja.

Caranya sendiri cukup mudah. Kita hanya perlu mengalokasikan waktu beberapa menit untuk bekerja. Di antara jeda waktu kerja tersebut, kita bisa menyisipkan waktu untuk istirahat selama beberapa menit.

Sebagai contoh, kita bisa menetapkan waktu kerja selama 30 menit. Selama waktu itu, kita harus fokus pada tugas saja dan jangan melakukan hal yang lainnya. Jika waktu tersebut sudah selesai, kita bisa berisitirahat selama 3-5 menit. Lakukan hal ini secara berulang sampai tugas selesai dikerjakan.


Meski terlihat asik, menunda pekerjaan bukanlah kebiasaan baik yang harus dipelihara. Terlalu sering menunda pekerjaan memiliki lebih banyak dampak negatif dibanding dampak positifnya.

Selain membuat pekerjaan menjadi lebih lama, menunda pekerjaan juga akan menyulitkan dan membuat hasil tugas tidak maksimal.

Agar kamu bisa menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan, beberapa tips di atas bisa langsung kamu coba sekarang!

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *