cara mencegah dan menghilangkan semut di dalam mobil
Otomotif

Cara Mencegah dan Menghilangkan Semut di Mobil

Semut jadi hewan yang bisa muncul di mana saja selama ada sumber makanan yang tidak terjaga, termasuk di dalam mobil.

Adanya semut tentu akan mengganggu kenyamanan berkendara, apalagi jika mereka sampai bersarang di mobil dan jumlahnya cukup banyak.

Agar keberadaan semut tidak mengganggu, berikut adalah beberapa cara untuk mencegah dan menghilangkan semut dari dalam mobil.

1. Jangan Meninggalkan Bekas Makanan di Mobil

Cara paling ampuh untuk mencegah semut di dalam mobil adalah dengan tidak meninggalkan bekas makanan. Tanpa adanya makanan yang bisa diambil, semut pun akan enggan kembali ke dalam mobil.

Jika kamu sering makan di dalam mobil, pastikan kamu menyediakan tisu serta pembersih untuk membersihkan makanan yang berceceran. Dan ada baiknya jika kamu memiliki mesin penyedut debu portable khusus mobil untuk mengambil remah-remah yang mengotori karpet mobil.

2. Bersihkan Mobil Hingga ke Celah Terkecil

Masalah semut biasanya bisa langsung hilang jika kita membersihkan mobil secara menyeluruh saat pertama kali hewan ini muncul di dalam mobil. Jadi sebelum semut bersarang di dalam mobil, kita bisa mencegahnya dengan membersihkan mobil hingga ke sela-sela terkecilnya.

3. Gunakan Penyedot Debu

Membersihkan interior mobil menjadi pekerjaan yang menantang karena banyaknya sela-sela kecil di dalamnya. Bleum lagi penggunaan karpet yang membuat remah-remah kecil sulit terangkat meski disapu menggunakan sapu halus sekalipun.

Untuk mempermudah pekerjaan ini, kamu bisa membeli mesin penyedot debu yang ampuh untuk menghilangkan sisa makanan hingga ke bagian yang sulit dijangkau oleh tangan.

Selain mesin penyedot debut biasa, kamu juga bisa membeli versi portable-nya yang bisa kamu simpan dan digunakan khusus untuk di dalam mobil.

3. Pancing Semut untuk Keluar

Hal yang paling sulit dalam menghilangkan semut di dalam mobil adalah mencari lokasinya bersembunyi.

Untuk mengetahui hal ini, kita bisa memberi pancingan untuk membuat semut keluar dari tempat persembunyiannya.

Salah satu caranya adalah dengan meletakan makanan manis di dalam mobil hingga semut-semut mengerubutinya. Setelah itu kamu bisa langsung membasmi semut atau mengikutinya hingga ia pergi ke sarangnya.

4. Gunakan Racun Serangga

Racun serangga jadi produk yang ampuh untuk membasmi semua jenis serangga, termasuk semut.

Jika keberadaannya sudah mulai mengganggu, kamu bisa menggunakan produk ini untuk menghilangkan semut dan serangga lainnya dari dalam mobil.

Untuk melakukanya, kamu bisa menggunakan obat serangga berbentuk spray yang bisa kamu semprotkan ke dalam mobil. Setelah itu diamkan semalaman agar semua serangga yang ada di dalam mobil menghilang. Setelah selesai, bersihkan interior mobil agar racun yang terdapat pada obat serangga tidak terhirup saat kamu gunakan berkendara.

basmi semut di mobil dengan obat serangga

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan obat serangga berbentuk bubuk atau kapur untuk mencegah semut masuk ke dalam mobil. Hal ini akan sangat berguna jika lokasi parkir berdekatan dengan sarang semut, kebun, atau pepohonan.

Untuk melakukannya, kamu bisa membeli kapur pembasmi serangga lalu gunakan di sekitar ban yang menjadi tempat masuk semut ke dalam mobil.

5. Gunakan Bahan Alami Pengusir Semut

Jika kamu enggan menggunakan racun serangga, kamu bisa menggunakan bahan alami lainnya untuk mencegah semut masuk ke dalam mobil.

Sebagai contoh, kopi dan cengkeh adalah dua bahan alami yang memiliki bau yang dapat mengusir semut. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu meletakan salah satu bahan tersebut di dalam mobil. Semut pun akan terganggu dengan bau menyengat bahan tersebut dan pergi ke tempat lainnya.


Itu dia beberapa cara menghilangkan semut dari dalam mobil. Sebagai pencegahan, jangan meninggalkan bekas makanan di dalam mobil dan cek keberadaan sarang semut saat kamu memarkirkan kendaraan.

Jika semut sudah terlanjur masuk ke dalam mobil, kamu bisa menggunakan mesin penyedot debut atau menggunakan racun serangga dan bahan alami seperti cengkeh untuk mengusirnya dari dalam mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *