Cara meningkatkan kualitas audio mobil
Otomotif

6 Cara Meningkatkan Kualitas Audio Mobil

Perangkat audio jadi salah satu fitur yang hadir pada setiap mobil baru. Meski umumnya sudah lebih dari cukup untuk mendengarkan audio di dalam mobil, tidak jarang kita merasa kurang puas dengan kualitas suara yang dihasilkan, apalagi saat sedang menyetel lagu dengan bass yang cukup ‘nendang’.

Untungnya ada beberapa cara meningkatkan kualitas audio mobil yang bisa kamu lakukan. Beberapa bahkan bisa dilakukan tanpa perlu merombak interior mobil kamu.

Cara Memperbaiki Kualitas Suara Mobil

1. Maksimalkan equalizer mobil

Jika audio system yang kamu miliki sudah memiliki equalizer, maka kamu dapat memanfaatkan fitur tersebut untuk meningkatkan kualitas audio mobil. Melalui equalizer, kamu dapat mengatur bunyi treble, mid-range, dan bass. Kamu mungkin juga bisa menemukan fitur lain yang dapat memperbaiki kualitas suara mobil atau membuatnya terdengar lebih seimbang.

2. Menambahkan prosesor

Cara lain untuk meningkatkan kualitas audio mobil adalah dengan menggunakan perangkat tambahan. Dibandingkan perangkat tambahan lain, alat terbaik yang bisa kamu tambahkan pada mobil adalah audio processor.

Cara memperbaiki kualitas suara mobil dengan audio processor

Prosesor sendiri merupakan satu paket alat yang bisa mengubah sistem suara pada audio agar terdengar lebih baik. Pada prosesor umumnya sudah terdapat beberapa fitur sepeti mixer dan equalizer. Dengan begitu kamu bisa mengolah output suara agar lebih baik meski menggunakan speaker bawaan pabrik.

Tidak cuma itu, penggunaan prosesor juga tidak akan mengubah banyak interior, sehingga cocok untuk kamu yang tidak mau ribet membobol dasbor atau bagian mobil lainnya.

3. Mengganti speaker bawaan mobil

Mobil-mobil kelas atas umumnya sudah dilengkapi speaker dan perangkat audio yang baik yang mampu menghasilkan suara berkualitas. Namun mobil kelas low-end biasanya masih menggunakan speaker dan amp yang relatif murah. Meski mampu menekan harga mobil, kualitas suara yang dihasilkan juga relatif tidak terlalu baik.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengganti speaker bawaan mobil untuk mendapatkan kualitas suara yang lebih baik. Sebagai contoh, tweeter mobil terbaik mampu menghasilkan gain dan rentang frekuensi yang lebih baik dibandingkan tweeter bawaan pabrik.

4. Menambahkan subwoofer

Cara lain untuk memperbaiki kualitas suara audio mobil adalah dengan menambahkan subwoofer. Perangkat audio ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan suara bass dan membuat audio mobil terasa lebih ‘nendang’.

Karena mobil umumnya tidak menyediakan tempat khusus untuk perangkat ini, penggunaan subwoofer umumnya butuh perombakan pada interior mobil, kecuali kamu memilih subwoofer kolong yang bisa dipasang tanpa harus membongkar sistem audio standar mobil.

Saat memasang, pastikan box subwoofer tertutup rapat agar kualitas suara yang dihasilkannya bisa terdengar lebih sempurna. Dan saat membeli, tidak ada salahnya untuk melihat apakah pabrikan mobil kamu menyediakan perangkat ini kompatibel dan lebih mudah dipasang di mobil kamu.

5. Menambahkan peredam mobil

Solusi lain untuk meningkatkan kualitas audio mobil adalah dengan menggunakan peredam tambahan. Peredam ini nantinya bisa membantu meminimalisir suara bising dari luar kendaraan, dan memaksimalkan suara yang keluar dari sound system mobil.

6. Memutar file musik dengan kualitas baik

Agar suara yang keluar dari audio system mobil terdengar lebih baik, pastikan kamu memutar file musik dengan kualitas yang baik pula. Sebagus apapun perangkat audio yang kamu miliki akan sulit untuk meningkatkan kualitas suara dari file musik yang jelek. Untuk melihat kualitas sebuah file musik, kamu bisa melihat nilai sampling rate, audio bitrate, atau format yang digunakan.


Itulah dia beberapa cara meningkatkan kualitas audio mobil yang bisa kamu coba. Jika kamu sering mendengarkan lagu selama berkendara, mendengarkan audio berkualitas pastinya jadi kenyamanan tersendiri selama perjalanan bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *