cara merawat jam tangan agar awet dan tahan lama
Men's Style

8 Cara Merawat Jam Tangan Emas agar Awet

Jam tangan kini lebih dari sekedar pengingat waktu saja. Selain menjadi aksesoris yang bisa menunjang penampilan, jam tangan tertentu bahkan menjadi penanda status sosial seseorang.

Salah satunya adalah jam tangan emas yang tidak hanya bisa menjadi pusat penampilan, tapi juga status kekayaan pemakainya.

Sama seperti jam tangan mahal lainnya, jam tangan emas memerlukan perawatan khusus agar kilaunya tetap awet dan bisa bertahan lama meski sering digunakan. Jika kamu memiliki jam tangan emas, pelajari cara merawatnya agar aksesoris pria ini tidak tampak kusam dan bekerja sempurna.

Cara Merawat Jam Tangan Emas

1. Simpan di Tempat Kering

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merawat jam tangan emas adalah dengan meletakannya di tempat yang kering. Jadi jangan simpan jam tangan di tempat yang terlalu panas atau memiiki tingkat kelembaban yang tinggi.

Suhu yang ekstrim dan tempat yang lembab lama-kelamaan bisa membuat warna jam tangan menjadi lebih kusam. Dan bukan tidak mungkin sapuan emas pada jam tangan akan terpengaruh sehingga menurunkan nilainya.

2. Jauhkan Jam Tangan dari Magnet

Jam tangan terdiri dari banyak bagian berukuran kecil yang akan sangat mudah terpengaruh oleh faktor pendorong dari luar, salah satunya adalah magnet yang bisa mempengaruhi perputaran jam tangan.

Untuk itu, pastikan untuk tidak mendekatkan jam tangan pada magnet dan benda-benda elektronik lain yang mengeluarkan gelombang elektromagnetik seperti lemari es, televisi, atau kipas angin.

3. Bersihkan Jam Tangan Secara Rutin

Hal yang membuat jam tangan emas tampak lebih mewah dibanding jenis jam lainnya adalah warna emasnya yang berkilau. Agar kilau emas pada jam tangan tetap awet, pemilik harus rutin membersihkan jam tangan emas agar warnanya tidak kusam.

Untuk melakukannya, kita bisa membasahi cotton bud, kapas lembut, atau kain micro fiber lalu oleskan pasta gigi non-gel pada jam tangan untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Setelah itu bilas dan pastikan kamu mengeringkan jam tangan sebelum disimpan kembali.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan cairan pembersih khusus perhiasan emas yang kini banyak dipasarkan secara online.

Jika kamu mau sedikit berinvestasi, kini ada pembersih aksesoris yang menggunakan teknologi ultrasonik yang juga bisa digunakan untuk membersihkan jam tangan emas.

Meski harganya bisa cukup mahal, alat ini bisa menghilangkan kotoran secara sempurna, bahkan di sela-sela yang sulit dijangkau. Jam tangan pun aman dari goresan dan lapisan emas pun bisa tetap mulus.

4. Bersihkan Tali Jam Tangan

Selain bagian utama jam, tali jam tangan juga harus dibersihkan secara menyeluruh sesuai dengan bahan yang digunakan untuk membuatnya. Tali jam tangan yang bersih akan membuat kita terhindar dari iritasi akibat bakteri dan kuman yang menempel pada area tesebut.

5. Bersihkan Jam Tangan Setelah Selesai Digunakan

Hal ini penting untuk dilakukan jika kamu aktif bergerak dan mudah berkeringat. Kondisi yang lembab dan kandungan garam di dalam keringat lama-kelamaan dapat membuat warna emas pada jam tangan menjadi pudar. Pada jam tangan emas yang masih bercampur dengan stainless steel, keringat bahkan dapat menyebabkan korosi jika terlalu sering dibiarkan.

Untuk mengatasinya, bersihkan dan keringkan jam tangan saat basah oleh keringat. Sebagai alternatif, tidak ada salahnya untuk mengalasi jam tangan dengan bahan yang dapat menyerap air agar keringat tidak langsung bersentuhan dengan jam tangan kamu.

6. Hindari Sentuhan Air Langsung

Agar warna jam tangan emas tetap awet dan tidak mudah pudar, hindarkan arloji agar tidak terkena cairan secara langsung. Kebanyakan arloji emas sudah memiliki fitur water resistant, meski begitu ada beberapa cairan yang baiknya dijauhkan dari jam tangan emas.

Selain keringat, cairan seperti lotion, parfum, atau cologne mengandung bahan kimia yang kemungkinan besar bisa mempengaruhi kilau warna pada jam tangan emas. Jadi jika kamu sering menggunakan cairan pewangi pada area tangan, tunggu hingga kering sebelum kamu mengenakan jam tangan emas.

Satu hal lain yang patut diperhatikan adalah saat kamu menggunakan jam tangan emas water resistant untuk berenang atau diving. Sebelum berada di air, pastikan kamu sudah mengetahui pasti batas kedalaman yang bisa ditoleransi oleh jam tersebut. Dan setelah berenang atau menyelam, jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan jam tangan agar sisa kaporit dan garam tidak menempel dan merusak jam tangan.

7. Gunakan Jam Tangan Emas Sesuai Keperluan

Jam tangan emas sebenarnya bisa digunakan untuk situasi apa saja, baik formal maupun kasual. Apalagi kini jam tangan emas memiliki beragam model yang bisa disesuaikan dengan segala kebutuhan seperti berenang atau sambil melakukan olahraga ekstrim.

Agar kilau emasnya tetap terjaga, kamu harus bisa melihat situasi sebelum mengenakan jam tangan emas yang kamu miliki. Sebagai contoh, kebanyakan jam tangan emas tidak cocok untuk digunakan saat berolahraga. Selain rentan kotor akibat keringat, akan sangat disayangkan bukan jika jam tangan emas lecet akibat aktivitas berat yang kita lakukan?

8. Servis Secara Berkala

Cara merawat jam tangan emas yang terakhir adalah dengan melakukan servis secara berkala. Hal ini bisa dilakukan sendiri di rumah dengan memeriksa beberapa bagian seperti baterai, crown atau melihat kondisi fisik jam tangan. Selain itu kamu juga bisa melakukan pembersihan secara menyeluruh, terutama pada sela-sela jam yang sulit dijangkau.

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu juga bisa menyerahkan masalah perawatan jam tangan mewah langsung pada ahli atau service center khusus untuk merk jam tangan yang kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *