cara merawat powerbank agar awet dan tahan lama
Aksesoris HP

7 Cara Merawat Power Bank agar Awet

Power bank jadi salah satu aksesoris penting bagi kamu yang sering melakukan perjalanan jauh. Dengan adanya power bank, kamu tidak perlu lagi khawatir kehabisan daya di mana pu kamu berada.

Namun sama seperti alat elektronik lainnya, power bank juga perlu mendapat perhatian khusus agar awet dan tahan lama. Apalagi jika kita sudah menginvestasikan cukup banyak uang untuk membeli power bank berkualitas.

Nah, supaya power bank bis digunakan dalam jangka waktu lama, berikut adalah beberapa tips untuk merawat powerbank yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan Charger dan Kabel Original

Setiap pembelian powerbank selalu dilengkapi dengan charger dan kabel di dalamnya. Spek keduanya sudah disesuaikan dengan power input dan output powerbank sehingga alat tersebut dapat bekerja secara optimal.

Karena itulah, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan charger dan kabel original powerbank. Jika kamu ingin menggantinya dengan yang lain, pastikan charger atau kabel tersebut memiliki spesifikasi yang sama dengan yang aslinya.

2. Gunakan Kabel Pendek dan Berkualitas

Sekilas tidak ada bedanya antara kabel yang berharga mahal dengan kabel biasa berharga murah. Padahal keduanya memiliki teknologi serta material yang berbeda dan bisa berpengaruh pada kinerja powerbank.

Tidak hanya itu, panjang kabel yang digunakan juga memiliki dampak pada powerbank. Kabel berukuran panjang memang akan memudahkan kita saat mengisi daya melalui powerbank. Namun hal ini juga bisa meningkatkan resistensi kabel yang membuat banyak daya hilang saat proses pengisian daya.

3. Tidak Perlu Mengisi Daya Powerbank Hingga 100%

Baterai yang digunakan pada powerbank umumnya merupakan baterai lithium-ion atau lithium polymer. Pada penggunaan jangka panjang, kapasitas daya keduanya bisa berkurang seiring pemakaian.

Sama seperti tips untuk memperpanjang umur baterai lainnya, ada baiknya jika baterai powerbank tidak diisi hingga penuh. Pengisian daya hingga 80% saja bisa memperpanjang umur baterai tersebut, bahkan hingga hampir dua kalinya.

Pengisian daya hingga 100% dapat mengurangi kemampuan cell pada baterai untuk menyimpan energi serta menyebabkan panas yang bisa mengurangi umur komponen elektrik di dalamnya.

4. Gunakan Fitur Quick Charge Hanya Saat Mendesak

Dengan baterai berkapasitas besar, butuh waktu lama untuk mengisi daya powerbank. Makanya beberapa merek powerbank menyediakan fitur quick charge untuk membuatnya lebih cepat.

Meski akan sangat berguna di beberapa situasi, penggunaan fitur quick charge akan menimbulkan panas dan stres berlebih pada baterai sehingga mempengaruhi usia pemakaian powerbank. Jadi bila tidak benar-benar mendesak, baiknya powerbank di-charge secara normal saja.

5. Simpan Powerbank di Tempat yang Sejuk

Hampir semua barang elektronik sangat rentan terhadap panas. Saat panas meningkat, maka tahanan pada powerbank juga akan meningkat sehingga akan mengganggu aliran arus listriknya.

Menggunakan powerbank hingga terlalu panas atau menyimpannya di tempat yang panas dapat mempengaruhi kinerjanya dan memperpendek usia powerbank. Makanya, hindari meletakan powerbank di tempat yang panas seperti di samping jendela atau dasbor mobil yang terkena sinar matahari. Selain itu jangan sampai meletakan powerbank di bawah bantal saat digunakan agar panas dari powerbank bisa mengalir keluar.

6. Charge Powerbank Sebelum Disimpan dalam Waktu Lama

Setelah selesai digunakan umumnya kita tidak akan terpikir untuk mengisi kembali daya powerbank. Padahal jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, baiknya powerbank di-charge terlebih dahulu hingga setengahnya.

7. Hindari Benturan dan Cipratan Air

Tips terakhir untuk merawat powerbank adalah menghindarkannya dari benturan, goncangan, dan cipratan air. Dengan begitu powerbank akan tetap dapat bekerja normal dan bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.


Jika kamu sudah mengeluarkan banyak uang untuk membeli powerbank, kamu juga perlu mengeluarkan sedikit waktu dan tenaga untuk merawatnya agar tetap awet. Jadi ketika sewaktu-waktu dibutuhkan, powerbank akan bekerja normal dan tidak bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *