cara merawat velg mobil agar tetap bagus dan awet
Otomotif

6 Cara Merawat Velg Mobil agar Tetap Bagus

Velg adalah salah satu komponen penting mobil yang berfungsi sebagai penghubung antara mobil dengan roda. Tidak hanya itu, velg juga jadi salah satu aksesoris yang bisa digunakan mempercantik tampilan mobil.

Sayangnya kebersihan komponen ini seringkali dilewatkan, apalagi bila dibandingkan dengan bodi mobil. Padahal velg yang terawat tidak hanya membuatnya tampak lebih bagus, tapi juga lebih awet dan aman dikendaarai.

Nah, jika lain kamu mencuci mobil, jangan lupa beberapa tips untuk merawat velg mobil berikut ini.

1. Mencuci Velg

Menjadi salah satu komponen yang paling dekat dengan jalan membuat velg mudah kusam dan membuat debu serta kotoran menempel. Makanya bagian ini perlu dibersihkan secara menyeluruh agar tampilannya tetap bagus.

Sama seperti mencuci bodi mobil, hindari untuk mencuci velg saat kondisi panas. Dengan begitu velg mobil akan terhindar dari jamur dan noda bekas air lainnya.

Dan jika kmau menggunakan velg chrome atau velg warna kustom lainnya, ada baiknya jika kamu tidak menggunakan sabun untuk mencuci bodi mobil. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan velg agar warnanya tidak cepat kusam dan pudar.

Satu hal yang paling sulit dalam mencuci velg adalah membersihkannya dari noda dan kotoran yang menempel pada sela-sela velg. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunaan kuas dengan bulu lembut agar noda membandel bisa terangkat sempurna.

Jika pada velg terdapat noda yang sulit dibuang seperti oli atau bekas car, hindari penggunaan bensin atau thinner yang bisa membuat warna velg pudar atau bahkan luntur.

Untuk pembersihan menyeluruh, tidak ada salahnya untuk mencopot velg agar kamu bisa membersihkannya dengan sempurna. Hal ini bisa kamu lakukan berbarengan dengan jadwal rotasi ban.

2. Keringkan Velg

Setelah mencuci velg hingga bersih, pastikan velg kering secara sempurna agar tidak meninggalkan bercak air. Untuk mengeringkannya, kamu bisa menggunakan lap chamois atau kanebo serta lap halus yang dapat menyerap air dengan sempurna.

Saat akan mengeringkannya, pastikan sudah tidak ada debu atau kotoran yang tersisa agar velg tidak tergores saat dibersihkan. Selain itu ada baiknya jika lap dicuci terlebih dahulu setelah digunakan untuk mengelap bagian mobil lainnya agar debu dan kotoran yang menempel pada lap tidak merusak velg mobil.

3. Periksa Kondisi Velg

Tips merawat velg mobil selanjutnya adalah rutin memeriksa kondisi velg, terutama ketika akan bepergian jauh atau setelah pulang traveling.

Jika muncul cacat minor pada velg, kamu bisa coba memperbaikinya sendiri. Namun jika terjadi masalah besar yang mengganggu performa kamu saat berkendara, ganti velg atau segera bawa ke bengkel.

4. Periksakan Ke Bengkel

Velg yang rusak cukup parah umumnya akan sulit untuk diperbaiki sendiri, makanya kamu perlu memeriksakannya ke bengkel agar mereka bisa memberi solusi yang tepat untuk velg mobil kamu.

Jika kerusakannya tidak terlalu parah, bengkel ban mobil biasanya bisa memperbaikinya dengan cara diketok, dipanaskan, atau bahkan di-press. Namun jika kerusakannya cukup besar, kamu biasanya akan diminta untuk mengganti velg mobil tersebut dengan yang baru.

5. Hindari Jalan Berlubang

rawat velg ban mobil dengan cara menghindari jalan berlubang

Dalam penggunaan normal, velg ban mobil tidak akan mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Makanya saat berkendara, kamu harus lebih hati-hati dan hindari jalanan berlubang.

Melalui jalanan berlubang akan membuat tekanan pada velg mobil membesar dan berpeluang untuk membuat ban serta velg mobil rusak. Jika hal ini terjadi pada kecepatan tinggi, peluang ban serta velg mobil rusak akan menjadi lebih tinggi. Jadi kurangi kecepatan mobil jika kamu melewati jalan yang rusak dan kurang kondusif untuk mobil.

6. Bungkus saat tidak digunakan

Jika kamu mengganti velg mobil dengan velg modifikasi, simpan velg lama kamu dengan cara dibungkus dan letakan pada tempat yang aman. Dengan begitu velg akan terlindungi dari sinar matahari dan debu yang dapat menempel dan merusak komponen mobil tersebut.

Bila perlu, kamu juga bisa memasangkan velg pada ban mobil bekas agar kamu juga bisa menyimpan ban mobil sekaligus.


Meski berada di bagian bawah, bukan berarti velg mobil tidak layak untuk mendapat perhatian khusus. Bersihkan velg secara rutin dan hindari penggunaan bahan kimia dan lap kasar agar velg tetap memiliki tampilan yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *