bagian mobil yang harus dicek sebelum mudik
Otomotif, Traveling

8 Bagian Mobil yang Harus Dicek Sebelum Mudik

Mudik jadi salah satu tradisi yang selalu ada setiap lebaran tiba. Selama apapun tinggal di perantauan, kampung halaman selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para pemudik.

Meski selama pandemi mudik sangat dibatasi oleh pemerintah, tidak ada salahnya jika kita bersiap-siap dari sekarang, apalagi jika kita hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, buat kamu yang ingin mudik menggunakan kendaraan roda empat, berikut adalah beberapa bagian mobil yang harus dicek sebelum mudik.

Bagian Penting yang Perlu di Periksa Sebelum Mudik

Mobil baru umumnya bisa tetap tampil prima meski langsung digunakan untuk mudik tanpa perlu dicek terlebih dahulu. Namun tentu tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.

1. Mesin

Mesin mobil baru umumnya tidak memerlukan pemeriksaan yang tidak terlalu detail. Pastikan saja kondisi oli masih bagus dan jumlahnya pun masih cukup banyak. Oli yang bocor akan menimbulkan bahaya, terutama saat mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

Meski begitu tidak ada salahnya untuk melakukan servis atau tune up mesin standar terlebih dahulu sebelum mudik. Tidak hanya ganti oli saja, kamu juga bisa membersihkan karburator dan filter secara menyeluruh.

Jika mobil sudah cukup berumur, cek juga pipa dan selang yang ada untuk mendeteksi kebocoran. Selain itu cek juga bagian-bagian mesin yang tampak aus agar tidak rusak selama perjalanan.

2. Ban

Kondisi ban akan sangat berpengaruh pada laju kendaran, terutama saat mobil dibawa dalam kecepatan tinggi. Maka dari itu pastikan tekanan mobil ban cukup antara 30-34 psi.

Selain itu perhatikan juga kondisi fisik ban. Jangan sampai menggunakan ban yang sudah botak atau memiliki retak pada beberapa bagiannya. Ban semacam ini akan sangat berbahaya saat digunakan. kendaraan bisa saja mengalami pecah ban sewaktu-waktu dan membahayakan penumpang.

Selain ban utama, pastikan juga kamu memeriksa ban cadangan. Jadi ketika ada sesuatu yang membuat ban utama bermasalah, kamu bisa menggantinya segera.

3. Rem

Rem juga jadi bagian mobil yang harus dicek sebelum mudik dan melakukan perjalanan jauh. Rem yang bekerja dengan baik memastikan kita bisa mengendalikan mobil dengan sempurna.

Untuk melakukannya, cek ketebalan kampas rem dan bersihkan kotoran yang menempel pada bagian tersebut. Selain itu periksa juga volume minyak rem dan cek apakah ada kebocoran atau tidak.

4. Air Radiator

isi radiator dengan coolant khusus mobil yang lebih tahan terhadap suhu tinggi

Air radiator adalah komponen penting yang memastikan suhu mesin tidak terlampau tinggi saat digunakan. Keberadaan air radiator menjadi lebih penting saat mudik karena mesin bisa digeber secara maksimal hingga berjam-jam. Karena itu pastikan jumlah air radiator cukup. Selain itu ada baiknya menggunakan cairan khusus radiator

Periksa kondisi air di radiator mobil. Jika perlu kuras radioator dan ganti dengan air yang baru, kalau perlu gunakan radiator coolant yang lebih tahan terhadap suhu tinggi dibanding air biasa.

5. Sistem Listrik dan Lampu

Lampu, baik lampu sein, lampu belakang, serta lampu depan memiliki peran penting dalam berkendara. Jadi pastikan semua lampu bekerja dengan sempurna, apalagi bagi kamu yang memiih mudik di malam hari.

Selain itu perangkat sinyal lain yang juga harus kamu periksa adalah klakson. Isyarat suara itu sangat dibutuhkan manakala kamu melintasi jalan yang sepi atau jalan berkelok.

6. Kaca dan Wiper

Hal selanjutnya yang bisa kamu periksa adalah bagian kaca mobil. Pastikan kaca tidak buram dan kotor agar pandangan pengemudi tidak terhalang.

Selain itu cek juga kondisi wiper dan ganti wiper bila sudah tidak bekerja dengan baik. Pastikan juga air wiper cukup banyak untuk menghilangkan noda di kaca mobil selama dalam perjalanan.

7. Aki

cek aki sebelum mudik dan isi air accu

Aki jadi bagian penting yang menghasilkan listrik untuk keperluan kendaraan. Untuk memeriksanya, cek baut kutub aki dan bersihkan semua kotoran dan kerak yang menempel. Selain itu cek juga volume air aki dan isi dengan air zuur yang baik.

8. Kelengkapan Mobil

Jika semua bagian mobil di atas sudah diperiksa, saatnya memeriksa kelengkapan mobil.

Pastikan kotak peralatan berisi dongkrak, alat-alat serta perlengkapan untuk memperbaiki mobil lengkap dan tidak ketinggalan. Selain itu jangan lupa untuk menyediakan kotak P3K dan segitiga pengaman.

Terakhir, jangan lupa untuk mengecek masa berlaku STNK dan SIM. Bila masa berlakunya sudah mau habis, segera perpanjang karena SIM yang habis kini tidak bisa langsung diperpanjang dan harus dibuat dari awal.


Itu dia beberapa bagian mobil yang harus dicek sebelum mudik ke kampung halaman. Dengan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, berkendara saat mudik pun menjadi lebih aman dan nyaman. Pastikan saja kondisi kamu fit saat akan berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *