ciri-ciri freon ac mobil habis dan tidak dingin
Otomotif

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis, Bikin Mobil Tidak Dingin.

AC adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah mobil, apalagi jika tinggal di negara topis seperti Indonesia. Makanya jika AC bermasalah, mobil akan sangat tidak nyaman untuk dikendarai.

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin adalah freon yang berkurang atau malah habis. Padahal freon lah yang membuat udara menjadi dingin dan membuat penumpang merasakan angin sejuk.

Meski begitu, sulit untuk melihat apakah freon AC mobil habis tanpa memiliki alat pengukur khusus., Tapi tenang, kita bisa melihat ciri-ciri freon AC mobil habis untuk mengetahuinya.

Ciri-Ciri Freon AC Mobil Habis

1. AC mobil tidak dingin

Ciri-ciri freon AC mobil habis yang paling mudah dikenali adalah dengan melihat kinerja AC itu sendiri.

Normalnya, udara dingin akan berhembus keluar dari ventilasi saat kita menyalakan AC mobil. Suhu pun akan secara perlahan disesuaikan sesuai dengan pengaturan suhu yang kita inginkan.

Namun jika freon pada AC mobil habis, udara yang keluar dari AC tidak akan dingin, melainkan seperti udara dari kipas biasa saja. Tidak peduli seberapa dingin kita mengatur suhu AC, hawa di dalam mobil tidak akan kunjung dingin.

2. Kompresor akan terus-menerus bekerja

Saat dinyalakan, kompresor AC normalnya akan menyala saat dinyalakan dan akan berhenti saat tekanan freon mencapai titik maksimal. Namun saat freon AC mobil habis, kompresor malah akan terus-menerus berputar.

Masalah ini bisa terjadi karena saat freon habis, selang AC mobil akan lebih banyak dipenuhi udara.

Freon dan udara sendiri memiliki tingkat kepadatan yang berbeda. Freon memiliki sifat yang lebih padat dan sulit untuk dikompresi. Hal ini membuat freon bisa mencapai titik tekanan tinggi lebih cepat. Dengan begitu kompresor tidak perlu bekerja terlalu lama agar freon bisa bekerja degnan maksimal.

Hal ini berbeda dengan udara yang sangat mudah dikompresi. Dengan begitu udara akan butuh waktu lama untuk mencapai titik tekanan yang tinggi. Pressure switch tidak bisa memutuskan magnetic clutch pada saat udara masih dalam tekanan rendah. Karena itulah kompresor akan bekerja ekstra sampai udara mencapai titik tekanan maksimalnya. Namun jika hal ini terjadi pun, udara yang keluar tetap tidak akan terasa dingin.

3. Tidak ada embun pada selang low pressure

Kompresor AC mobil memiliki dua buah selang, yaitu selang high pressure dan low pressure. Selang high pressure mengarah dari kompresor menuju kondensor, sementara selang low pressure mengarah dari evaporator menuju kompressor. Jika dilihat sekilas, selang low pressure ukurannya lebih besar dibanding selang high pressure.

Jika bekerja dengan normal, selang low pressure akan berembun saat AC dinyalakan. Embun ini muncul akibat adanya perbedaan suhu antara selang low pressure yang dingin dengan suhu mesin mobil yang lebih panas. Namun jika tidak ada embun pada selang low pressure, bisa jadi AC tidak dingin dan kemungkinan besar freonnya habis.

4. Tidak terdapat freon di sight glass

Ciri-ciri freon AC mobil yang habis lainnya bisa dilihat melalui sight glass. Sight glass sendiri adalah kaca transparan yang terdapat pada dryer atau filter freon. Melalui sight glass, kita bisa melihat sirkulasi freon yang ada di dalam AC.

Untuk menggunakannya, cobalah lihat melalui sight glass saat mobil dinyalakan. Jika jumlah freon masih cukup, maka pada sight glass akan muncul tampilan seperti cairan mengalir. Tapi jika freon sudah habis tidak akan ada apa – apa yang mengalir. Pada saat freon AC mobil sudah hampir habis, biasanya terdapat gelembung-gelembung udara yang berwarna pink muncul di receiver saat mobil dinyalakan.


Freon adalah salah satu bagian penting dari AC mobil. Jadi mengisinya saat kosong adalah salah satu cara terbaik untuk merawat AC mobil agar tetap dingin. Dan untuk melihat kapan kamu bisa mengisi freon, kamu bisa mengenali beberapa ciri-ciri freon AC mobil habis seperti di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *