Cloud storage terbaik untuk menyimpan foto traveling
Aplikasi, Traveling

7 Cloud Storage Terbaik untuk Menyimpan Foto dan Video Traveling

Mengabadikan setiap momen saat traveling dalam bentuk foto maupun video pastinya jadi hal wajib yang harus dilakukan selama bepergian. Dengan foto dan video tersebut, kita bisa mengenang kembali momen-momen mengesankan, lucu, dan menarik yang pernah terjadi.

Sayangnya mengambil foto dan video dalam jumlah banyak terkadang memiliki masalah sendiri. Tempat penyimpanan yang terbatas menjadi salah satunya.

Untungnya kini ada banyak online cloud storage terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan semua kenangan tersebut. Cukup upload fot dan video yang akan kamu simpan, tempat penyimpanan di hape kamu pun kembali lega dan bisa digunakan untuk mengambil lebih banyak momen seru.

Nah, buat kamu yang ingin jalan-jalan, situs-situs berikut ini bisa membantu kamu menyimpan semua foto dan video langsung dari hp kamu.

Cloud Storage Terbaik untuk Backup Foto Traveling

1. Google Photos

Tempat penyimpanan foto online pertama yang patut kamu coba adalah Google Photos. Layanan ini bisa diakses secara gratis hanya menggunakan akun Google kamu saja. Melalui aplikasi ini, kamu bahkan bisa mengunggah dan mencadangkan setiap foto di smartphone dan PC kamu secara gratis!

Google Photos akan memberikan kamu tempat penyimpanan online sebesar 15GB untuk setiap akun. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan beragam fitur seperti auto-enhancing, automatic tagging, hingga image recognition untuk memudahkan kamu mencari foto serupa.

Meski menawarkan tempat penyimpanan yang jauh lebih besar dibanding layanan lainnya, bukan berarti Google Photos tidak memiliki kekurangan. Salah satunya adalah penurunan kualitas foto di mana Google Photos akan menurunkan skala foto ke versi 16MP dan mengurangi video 4K apa pun ke kualitas Full HD 1080p.

Namun hal ini rasanya bukanlah masalah besar mengingat ada 1,2 miliar foto yang diunggah ke Google Foto setiap harinya.

2. Apple iCloud

Bagi pengguna produk Apple seperti iPhone, maka layanan cloud storage Apple iCoud jadi pilihan yang paling pas untuk menyimpan semua data-data penting kamu. Pada versi gratisnya, kamu bisa menikmati tempat penyimpanan hingga 5GB, cukup banyak untuk menyimpan foto traveling kamu sampai kamu kembali ke rumah.

Dengan iCloud, kamu dapat mengakses file yang disimpan di mana saja. Kamu pun akan lebih mudah terintegrasi dengan layanan Apple lainnya. Namun, kurangnya dukungan Android membuat layanan ini mungkin bukan pilihan yang bagus jika kamu tidak menggunakan perangkat Apple apa pun.

3. Dropbox

Dropbox adalah layanan cloud storage terbaik lain yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai file multimedia. Sayangnya versi gratisnya hanya memberikan kamu tempat penyimpanan 2GB saja. Meski begitu layanan ini menyediakan berbagai misi untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan yang bisa kamu dapat. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan 500MB gratis untuk setiap orang yang bisa kamu ajak, hingga 16GB.

Meski berbasis cloud, aplikasi Dropbox dapat digunakan untuk menyinkronkan folder di PC atau smartphone kamu. Setelah diatur, yang perlu kamu lakukan hanyalah drag and drop file ke dalam folder yang nantinya akan disinkronkan secara otomatis. Selain itu, aplikasi ini juga sempurna untuk menyinkronkan file dan folder di beberapa perangkat jika diperlukan.

Jika kamu ingin storage yang lebih besar, akun Dropbox Plus menawarkan 2TB seharga $11,99/bulan. Kamu pun bisa mendapatkan 1GB per referral (hingga 32GB).

4. Flickr

Flickr sebenarnya bukanla cloud storage dan lebih tepat disebut sebagai image hosting. Saat menyimpan foto atau video di situs ini, kamu tidak akan mendapatkan batasan dalam GB atau MB, melainkan 1,000 foto dan video. Jika tidak ingin memiliki batasan dan menghilangkan tampilan iklan Flickr, kamu bisa berlangganan Flickr Pro+ sebesar $7,99/bulan.

Satu hal yang membuat Flickr menonjol adalah kemampuannya untuk menampilkan foto dalam tampilan yang menarik. Selain itu, pengguna lain juga dapat mengikuti aktivitas kamu dan meninggalkan komentar pada unggahan kamu. Namun jika kamu lebih suka privasi, ubah gambar kamu menjadi pribadi dengan mudah hanya dengan satu klik.

Semua ini membuat Flickr menjadi jejaring sosial nyata bagi para fotografer. Sayangnya Flickr fokus untuk menampilkan foto kamu dibanding menyimpannya. Makanya kamu hanya bisa menyimpan foto dari ponsel dalam format JPEG, GIF, dan PNG saja.

5. Microsoft OneDrive

Microsoft OneDrive menawarkan pengaturan yang sangat mirip dengan saingan beratnya, Google Drive. Siapa pun yang akrab dengan Microsoft Office akan merasa betah dengan aplikasi office yang terintegrasi OneDrive. OneDrive mengadopsi tampilan dan nuansa yang sama seperti Windows 10, sehingga cukup mudah dinavigasi.

Namun, sayangnya OneDrive tidak dirancang khusus hanya untuk menyimpan koleksi foto dan video saja. Jadi, jangan berharap pengalaman yang sama seperti yang kamu dapatkan dari Flickr. Meski begitu kamu bisa mendapatkan lebih banyak fitur, terutama jika kamu menggunakannya untuk pekerjaan kantor atau semacamnya.

Kamu dapat memilih antara $6,99/bulan atau $69,99/tahun untuk opsi 1TB, termasuk paket Office 365. Plus, tambahkan $3 lagi per bulan dan kamu akan mendapatkan 6 lisensi untuk digunakan, dengan lebih banyak penyimpanan, dan fitur bonus seperti satu jam Skype gratis. Selain itu kamu juga bisa menginstal Microsoft OneDrive pada jumlah perangkat yang tidak terbatas.

6. pCloud

pCloud adalah salah satu cloud storage yang memberi kamu sistem langganan penyimpanan seumur hidup. Dengan begitu kamu hanya perlu membayar sekali saja untuk mendapatkan penyimpanan 2TB. Plus, kamu juga bisa mendapatkan 2TB bandwidth download per bulannya. Cocok untuk kamu yang ingin membagikan koleksi foto dan video kepada orang lain.

Salah satu hal yang menarik dari pCloud adalah fitur yang membuat pengguna dapat melihat thumbnail dan pratinjau sebagian besar file RAW di pCloud versi web dan seluler, serta di pCloud Drive untuk PC.

Selain itu, Nifty adalah ekstensi browser yang memungkinkan kamu menyimpan video dan gambar langsung ke akun pCloud.

7. iDrive

iDrive adalah layanan cloud storage terbaik lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan semua foto dan video traveling. Paket gratis akan memberikan 5GB, yang cukup untuk sebagian besar pengguna. Jika kamu membutuhkan lebih banyak ruang, ada opsi peningkatan ke 2TB atau 5TB dengan harga $52.12 dan $74.62 per tahunnya.

Dengan opsi Auto Camera, kamu dapat secara otomatis mengunggah foto dan video dari hp ke akun iDrive kamu, sambil mempertahankan kualitas gambar. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur pengenalan wajah untuk mengatur foto secara otomatis, serta menyinkronkannya di semua perangkat yang terhubung dengan layanan iDrive.


Itulah dia beberapa online cloud storage gratis terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan foto dan video kamu selama traveling. Jadi saat media penyimpanan hp kamu penuh, kamu tidak perlu menghapus foto atau video yang sudah kamu ambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *