daftar peralatan dan perlengkapan berkemah yang harus dibawa
Traveling

11 Perlengkapan dan Peralatan Berkemah yang Harus Kamu Bawa


Camping
atau berkemah menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang. Dengan suasana alam yang masih asri, berkemah bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Aktivitas selama berkemah pun bisa membuat kita mengenal lebih dekat alam yang kita tinggali selama ini.

Agar kegiatan kemping berjalan dengan nyaman, ada beberapa peralatan dan perlengkapan berkemah yang harus kamu persiapkan.

Selain makanan, minuman, dan baju ganti, berikut adalah daftar barang yang harus kamu bawa saat berkemah.

1. Tenda

Tenda jadi rumah tinggal sementara saat kita berada di alam bebas. Meski kita juga bisa tidur di tempat terbuka, adanya tenda bisa membantu kita tidur lebih nyaman tanpa ada ganguan dari hewan atupun cuaca yang buruk.

Untuk tenda, kamu bisa membelinya sendiri atau menyewa di beberapa tempat wisata yang menyewakannya.

Pastian saja ukuran tenda cukup dengan kapasitas orang yang akan menempatinya. Saat memilih, kamu juga bisa memeriksa kemudahan penggunannya agar kamu bisa memasang dan membongkar tenda denagn cepat.

Dan menjelang keberangkatan, jagnan lupa cek perlengkapan tenda seperti pasak atau tali pengikat agar tidak ketinggalan.

2. Sleeping Bag

Meski sudah membawa tenda, tidak ada salahnya jika kamu juga membawa sleeping bag. Selain memberi bantalan yang lebih empuk untuk tidur, sleeping bag juga bisa memberi kamu kehangatan saat kemping di tempat yang dingin.

Sama seperti tenda, peralatan berkemah ini bisa kamu beli sendiri atau disewa di beberapa tempat penyewaan ala-alat outdor camping.

3. Matras

Peralatan kemping selanjutnya adalah matras yang bisa menjadi perabot serbaguna selama kamu berkemah. Matras umum yang sering dibawa saat kemping adalah matras gulung.

Selain bisa digunakan untuk alas tidur, matras juga bisa menjadi alas jika kamu ingin berkumpul bersama teman-teman di luar tenda. Jadi kamu bisa duduk dengan nyaman saat akan makan, menikmati pemandangan, atau sekedar bernyanyi bersama dekat api unggun.

4. Peralatan Masak dan Makan

Jika kamu ingin berkemah di alam liar, peralatan masak dan makan jadi barang yang tidak boleh ketinggalan.

Tidak perlu terlalu banyak, kamu bisa membawa piring, sendok, panci, penggorengan, dan spatula saja. Agar lebih ringkas, kamu bisa membeli paket alat masak camping outdoor yang bisa disimpan dengan cara ditumpuk sehingga tidak membuat ransel kamu penuh sesak.

peralatan masak khusus outdoor yang mudah disimpan dan dibawa saat hiking

Untuk memasaknya, kamu bisa menggunakan kayu bakar atau memakai kompor khusus outdor, entah jenis nesting atau trangia.

Kompor nesting menggunakan bahan bakar gas mini, sementara kompor trangia menggunakan bahan bakar spirtus. Saat membawa kompor, pastikan bahan bakarnya juga cukup yah!

5. Korek Api

Korek api akan sangat berguna jika kita ingin menyalakan api, baik untuk memasak atau membuat api unggun.

Pilihan yang paling murah meriah adalah korek api batangan atau korek gas. Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan magnesium flint stick untuk memantik api. Salah satu kelebihannya adalah kemampuannya untuk bisa digunakan dalam keadaan basah sekalipun.

Kebanyakan flint stone kini juga kini sudah dilengkapi peluit yang akan sangat berguna jika kamu menghapi ringtangan saat berkemah dan ingin memberitahu lokasi kamu pada regu penyelamat.

6. Alat Penerangan

Mengandalkan bulan atau cahaya smarthphone sebagai sumber cahaya di malam hari akan menyulitkanmu di alam bebas. Makanya, alat penerangan seperti senter atau headlamp jadi perlengkapan yang juga tidak boleh ketinggalan dibawa saat kemping.

Saat mempersiapkannya, pilih alat penerangan yang menggunakan LED karena hemat energi dan bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang. Selain itu pastikan kamu membawa cukup banyak baterai agar senter atau headlamp bisa digunakan dalam waktu lama.

7. Pisau Lipat

pisau lipat serbaguna yang hrus dibawa saat berkemah dan kegiatan outdoor lainnya

Pisau lipat jadi peralatan camping yang juga tidak boleh ketinggalan. Adanya pisau lipat membuat kegiatan memotong, mencongkel, atau menyiapkan makanan menjadi lebih mudah. Selain itu, ukurannya yang ringkas juga memudahkan kamu untuk membawanya saat camping.

8. Jas Hujan / Ponco

Jas hujan atau ponco akan sangat berguna jika kamu berencana untuk mendaki gunung atau dataran tinggi lainnya. Dengan adanya jas hujan atau ponco, kamu tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu turun hujan yang lebat.

Saat membawanya, pastikan perlengkapan tersebut diletakan di tempat yang mudah dijangkau agar kamu bisa langsung menggunakannya tanpa perlu membongkar ransel kamu terlebih dahulu.

9. Obat-Obatan dan Kotak P3K

Meski kita sudah menyiapkan dan merencanakan perjalanan dengan baik, kadang ada saja hal yang tidak terduga selama perjalanan. Makanya kotak P3K menjadi sangat penting untuk mencegah hal-hal yang lebih parah terjadi.

Selain itu kamu juga perlu membawa obat-obatan lainnya, terutama jika kamu memiliki riwayat penyakit atau alergi terhadap beberapa hal.

10. Pengisi Daya / Powerbank

Listrik jadi salah satu kebutuhan penting jika kamu membawa banyak gadget mulai dari hp, GPS tracker, kamera, dan lain sebagainya. agar peralatan tersebut tetap dapat bekerja, kamu bisa membawa powerbank yang sudah dilengkapi solar cell.

solar cell powerbank, peralatan berkemah yang penting untuk mengisi daya

Dengan powerbank ini, kamu bisa terus men-charge gadget kamu denagn mudah. Powerbank ini pun akan terus terisi penuh selama bisa mendapatkan paparan sinar matahari.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa membawa charger portable yang menggunakan dinamo. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu memutar tuas yang disediakan dan listrik pun alat pun bisa digunakan untuk mengisi daya.

11. Kantong Plastik

Peralatan berkemah terakhir yang harus kamu bawa adalah kantong plastik. Selain bisa digunakan untuk menyimpan baju basah dan kotor, kantong plastik menjadi penting agar kamu tidak membuat sampah sembarangan.

Sampah-sampah organik bisa saja kamu kubur di alam liar. Namun sampah yang tidak dapat terurai harus kamu kumpulkan dan bawa turun agar tidak mencemari lingkungan sekitar.


Itu dia beberapa perlengkapan dan peralatan berkemah yang harus dipersiapkan. Namun satu hal yang perlu diingat, peralatan kemping yang dibutuhkan akan berbeda-beda tergantung lokasi dan lama waktu camping. Jadi pastikan kamu membawa barang-barang yang sesuai dengan kebutuhanmu agar kamu tidak membawa terlalu banyak barang yang tidak berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *