dash cam mobil terbaik untuk segala budget
Gadget, Otomotif

7 Dash Cam Mobil Terbaik untuk Segala Budget

Kamera dasbor, atau kamera dasbor, secara otomatis merekam jalan di depan, atau bahkan di belakang kendaraan kamu. Rekaman nantinya akan disimpan secara otomatis ke kartu memori internal, yang kemudian dapat disalin ke drive eksternal atau komputer. Jika terjadi kecelakaan, material dash cam dapat diperiksa oleh polisi atau perusahaan asuransi untuk menentukan kesalahan dalam kecelakaan tersebut.

Tidak hanya berguna saat terjadi kecelakaan lalu lintas, dash cam juga dapat membantu mencegah pencurian. Fitur seperti Mode Parkir secara otomatis mengaktifkan kamera saat gerakan terdeteksi di dekatnya, memungkinkan perekaman calon pencuri mobil bahkan saat kendaraan dimatikan.

Saat ini terdapat beragam dashcam mobil yang bisa kamu pilih. Masing-masing memiliki kelebihan serta kekuranganya masing-masing. Agar kamu bisa memilih dash cam terbaik sesuai budget, berikut adalah beberapa rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan.

1. VIOFO A129 Duo

Harga: Rp1.799.999

Pengaturan kamera ganda diperlukan bagi mereka yang ingin merekam bagian depan dan belakang mobil sekaligus . Salah satu kamera dasbor ganda terbaik di pasaran adalah VIOFO A129 Duo, yang hadir dengan dua kamera terpisah, yaitu kamera dasbor depan dan kamera belakang yang lebih kecil. Keduanya merekam hingga 1080p, dengan night vision dan mempu mengambil video dengan baik dalam cahaya redup.

kamera dash cam mobil VIOFO A129 Duo

VIOFO mencakup banyak fitur canggih yang biasanya hanya ditemukan pada model kelas atas. Salah satunya adalah dukungan Wi-Fi untuk melihat dan mentransfer file dan video ke ponsel atau komputer, serta pencatatan lokasi GPS. Pelacak GPS ini akan sangat berguna untuk klaim asuransi mobil, karena dapat melacak lokasi fisik kendaraan dan kecepatannya saat ini.

Tidak hanya itu, VIOFO A129 Duo juga ditenagai superkapasitor yang memungkinkan alat ini bekerja dengan aman pada suhu ekstrem. Bila ada kekurangan, kamera depannya agak besar, dan sebaiknya diletakkan di belakang kaca spion agar tidak menghalangi pandangan pengemudi.

2. Chortau Dash Cam

Harga: Rp1.099.000

Chortau Dash Cam bisa jadi opsi bagi kamu yang sedang mencari dash cam mobil murah berkualitas. Meski harganya cukup murah, Chortau bisa dipakai untuk merekan dalam resolusi full HD 1080p serta memiliki lensa sudut lebar 170 derajat.

Chortau Dash Cam mobil

Tidak hanya itu, perangkat kamera depan mobil ini juga memiliki G-sensor dan deteksi kecelakaan otomatis, dukungan night vision, serta fitur monitor parkir (melalui kit kabel opsional atau baterai). Alat pun dapat dipasang dengan mudah dengan dudukan suction-cup.

Sama seperti alat sebelumnya, Chortau dash cam juga dilengkapi Parking Mode yang akan secara otomatis menyala saat mobil mengalami benturan, bahkan ketika mobil dalam keadaan mati.

Jika ada kekurangan, alat ini tidak dilengkapi dengan memori tambahan sehingga kamu harus menyiapkan sendiri. Selain itu alat ini juga masih dilengkapi dengan baterai lithium ion yang mungkin tidak akan terlalu cocok bila terlalu sering berada di bawah sinar matahari.

3. BlackVue DR900S-2CH 4K

Harga: Rp7.600.000

Perekaman video 4K yang tepat, terutama pada 30 frame per detik atau lebih tinggi, membutuhkan perangkat keras yang jauh lebih baik. Pada tahap ini, hanya beberapa kamera dasbor yang menawarkannya. Salah satunya adalah BlackVue DR900S-2CH 4K.

dash cam 4K terbaik BlackVue DR900S-2CH

Kamera depan alat ini memiliki lensa sudut lebar 160° dan dapat merekam pada resolusi 4K (3840×2160) pada 30fps, sedangkan kamera belakang memiliki lensa 140° yang dapat mengambil gambar pada 1080p. DR900S hadir dengan kartu microSD 128GB dan mendukung kartu dengan kapasitas hingga 256GB, lebih tinggi dari kebanyakan pesaingnya.

Seperti model kelas atas lainnya, DR900S ditenagai oleh superkapasitor internal yang memungkinkannya beroperasi pada suhu ekstrem. Selain itu kamera depan mobil ini juga dilengkapi dengan pelacakan GPS dengan tampilan real-time, monitor parkir (melalui kit kabel yang disertakan atau paket baterai opsional), dan Wi-Fi dual-band.

4. Vantrue N4

Harga: Rp4.499.999

Pengemudi rideshare seperti GrabCar atau GoCar sering dianjurkan untuk menggunakan kamera dasbor untuk melindungi diri mereka sendiri, tidak hanya dari pengguna jalan lain, tetapi juga dari penumpang mereka. Dash cam Vantrue N4 adalah pilihan tepat karena alat ini memiliki tiga kamera terpisah: satu menghadap ke depan, menghadap ke belakang, dan di dalam kabin. Dengan begitu pengemudi dapat merekam semua yang terjadi di dalam dan di luar kendaraan mereka.

dashcam vantrue n4 untuk merekam bagian dalam mobil

Selain kamera dalam kabin, dash cam ini juga memiliki fitur lain seperti mode parkir 24 jam (dengan kit kabel opsional), penglihatan malam inframerah, dan sumber daya superkapasitor yang tahan panas.

Resolusi perekaman untuk model ini tergantung pada berapa banyak kamera yang diaktifkan. Dengan hanya menggunakan kamera depan, kamera ini dapat merekam hingga 4K. Dengan depan dan belakang atau kabin, dapat merekam pada 4K + 1080p. Dan dengan ketiga kamera berjalan, perekaman terbatas pada 1440p (menghadap ke depan) dan 1080p + 1080p (menghadap ke belakang dan di dalam kabin).

5. Philips CVR108

Harga: Rp1.600.000

Rekomendasi dash cam mobil terbaik selanjutnya adalah Philips CVR108. Perangkat ini dilengkapi dengan dengan lensa wide angle 130 derajat serta mampu merekam dalam resolusi 720p dan 1080p serta support audio recording. Desainnya pun ringkas dan dijamin tidak akan memakan tempat di dalam mobil.

Philips CVR108

Satu hal menarik dari dash cam ini adalah adanya fitur G-Sensor Lock yang dapat menyimpan data yang terdapat pada memori secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kehilangan rekaman penting yang suatu saat kamu perlukan.

Sayangnya pembelian alat ini tidak disertakan kartu memori tambahan sehingga kamu harus menyiapkannya sendiri. Namun enaknya, kamu juga bisa menggunakan alat ini pada kendaraan roda dua.

6. Xiaomi 70 Smart WiFi DVR

Harga: Rp650.000

Sesuai dengan namanya, alat ini merupakan perangkat pintar yang dapat diaktifkan menggunakan suara berkat fitur Smart Voice Control. Dengan fitur tersebut, alat ini bisa mendeteksi suara kamu dan digunakan untuk memberikan beberapa perintah seperti merekam video, mengambil gambar, serta mengaktifkan dan mematikan voice recorder. Dengan begitu kamu bisa berkendara dengan aman dan mengatur dash cam tanpa perlu mengangkat tangan dari kemudi.

dash cam Xiaomi 70 Smart WiFi DVR dengan voice control

Untuk kameranya sendiri sudah memiliki wide angle 130 derajat dan bisa dipakai untuk merekam dengan kualitas Full HD 1080p serta menggunakan sistem kompresi H.264 yang membuat DVR ini dapat merekam dengan lancar. Selain itu alat ini juga sudha dilengkapi dengan High ISO Sensor agar kualitas rekaman lebih detail serta jelas.

Tidak cuma itu, Wifi Connection-nya juga memungkinkankamu untuk dapat melihat rekaman dash cam secara real-time melalui smartphone kamu.

7. Xiaomi 70 Mai Dash Cam Pro Plus

Harga: Rp949.000

Dash cam terbaik lain dari Xiaomi yang patut kamu perhitungkan adalah Xiaomi 70 Mai Dash Cam Pro Plus. Dilengkapi dengan Sensitive SONY IMX335 sensor dan Hi3556 V100, kamera mobil ini mampu merekam video hingga 2592 × 1944p 30 fps (4: 3) atau 2560 × 1440p 30 fps (16: 9) dengan wide angle 140 derajat.

kamera mobil Xiaomi 70 Mai Dash Cam Pro Plus

Kamera mobil ini dilengkapi dengan beberapa fitur seperti 24-hour parking surveillance, Event File untuk menyimpan video penting agar tidak terhapus, loop recording yang akan menimpa rekaman lama sehingga kamera tetap bisa menyimpan data dalam memory card, serta koneksi WiFi untuk melihat dan mengunduh data rekaman melalui smartphone.

BIla kamu menambahkan perangkat GPS, kamu bisa menggunakan fitur lain seperti lane departure warning system dan forward collision warning system yang bisa membantu kamu untuk mengawasi keadaan di sekitar kendaraan selama mengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *