fitur mobil penting yang berguna untuk road trip dan perjalanan jauh
Otomotif

5 Fitur Mobil yang Berguna untuk Road Trip

Melakukan road trip untuk liburan atau pulang ke kampung halaman menjadi pilihan bagi banyak pemilik kendaraan roda empat. Selain lebih praktis, berkendara dengan mobil juga memungkinkan kita untuk singgah di beberapa tempat sekaligus. Kita pun bisa lebih santai karena tidak ada jadwal yang mengikat kita saat perjalanan.

Sebenarnya, road trip bisa dilakukan dengan menggunakan mobil apapun selama mobil tersebut dalam kondisi baik. Akan lebih baik lagi jika kendaraan tersebut memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung semua orang dan barang agar perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Namun selain hal tersebut, ada beberapa faktor lain yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih mobil yang akan digunakan untuk berkendara, apalagi jika dilakukan dalam waktu yang lama dan jarang tempuh yang jauh.

Nah, jika kamu berencana untuk menyewa atau bahkan membeli mobil yang akan sering digunakan road trip, berikut adalah beberapa fitur mobil yang akan sangat berguna dan bermanfaat untuk menunjang perjalananmu.

1. USB port dan ruang penyimpanan

Ruang penyimpanan yang lega akan membuat perjalanan kita menjadi lebih nyaman karena barang tidak akan mengganggu posisi duduk penumpang. Kita pun bisa mengemas lebih banyak barang untuk dibawa ke mana saja.

Selain itu tempat penyimpanan yang terletak pada pintu hingga sekitar jok juga akan sangat membantu, terutama pengemudi, agar barang-barang penting seperti minuman, hape, kartu tol, atau dompet bisa dijangkau dengan mudah.

USB port juga jadi fitur yang kini ada pada banyak mobil keluaran terbaru. Selain bisa dipakai untuk menghubungkan flashdisk berisi playlist favorit kamu, USB port juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kehabisan daya, apalagi jika hp kamu pasangkan aplikasi peta agar berfungsi sebagai alat navigasi GPS.

2. Rem ABS dan EBD

Anti-lock braking system (ABS) dan electric brake-force distribution (EBS) adalah fitur yang dapat membantu keamanan dalam proses pengereman agar ban mobil tidak mudah selip.

Namun jangan salah kaprah, ABS dan EBD bukanlah fitur yang membuat rem menjadi lebih pakem. Keduanya bekerja menggunakan kontroler yang memastikan rem akan bekerja secara dinamis agar roda tidak terkunci saat pengemudi melakukan rem mendadak.

3. Cruise Control

fitur cruise control akan memudahkan pengemudi saat berkendara di jalan tol

Cruise Control adalah fitur yang sangat berguna kalau kamu melakukan perjalanan melalui jalan tol dengan kecepatan yang konstan.

Fitur cruise control ini membuat mobil dapat melaju sesuai kecepatan yang kita diinginkan. Untuk mengaktifkannya, kita hanya perlu memencet tombol Cruise yang ada di sekitar setir/kemudi. Dengan begitu mobil bisa melaju tanpa harus menekan pedal gas secara manual. Kaki kanan pun bisa beristirahat sejenak sampai kita tidak membutuhkan fitur ini lagi.

Biasanya, fitur ini bisa digunakan saat mobil berada pada kecepatan di atas 40 Km/jam. Untuk mematikan fitur ini, kita hanya cukup menginjak pedal gas atau rem saja.

Pada beberapa jenis mobil, tersedia fitur yang lebih canggih bernama Adaptive Cruise Control. Dengan fitur ini mobil juga bisa melakukan pengereman secara otomatis.

Hal ini dimungkinkan karena fitur tesebut sudah menggunakan teknologi yang dapat mendeteksi jarak dan kecepatan dengan kendaraan lain yang berada di depan. Saat mobil berada terlalu dekat, maka mobil akan melakukan pengereman secara perlahan. Namun jika mobil sudah kembali menjauh, maka mobil akan meingkatkan kecepatannya sesuai dengan kecepatan maksimal terakhir mobil tersebut.

4. Paddle Shift

fitur paddle shift untuk memudahkan pengguna mobil transmisi otomatis untuk mengganti gigi

Paddle Shift adalah fitur yang umumnya ada pada mobil dengan transmisi otomatis. Fitur ini bisa mempermudah pengendara ketika memindahkan gigi tanpa perlu memindahkan tuas transmisi secara manual.

Fitur ini biasanya berada pada bagian kanan kemudi. Untuk menambah atau mengurangi gigi, kita hanya perlu menjentikan jari pada paddle shift tersebut saja.

5. Hill Start Assist

Fitur mobil lain yang akan sangat berguna saat kita bepergian adalah hill start assist.

Fitur ini sangat berguna ketika kita terjebak kemacetan di tanjakan. Dengan adanya fitur ini, mobil tidak akan langsung mundur walau pedal rem dilepas.

Saat berhenti di tanjakan, kita biasanya menekan pedal rem dan menarik tuas rem tangan untuk menahan laju mobil. Namun saat akan berjalan kembali, mobil biasanya akan mundur sedikit terlebih dahulu sampai kita berhasil menekan pedal gas untuk maju.

Adanya fitur hill start assist akan membantu menahan mobil selama beberapa detik sehingga perpindahan dari posisi rem ke gas menjadi lebih halus.


Nah itu dia beberapa fitur yang akan sangat berguna buat kamu yang sering bepergian jarak jauh atau traveling menggunakan mobil.

Dengan menggunakan mobil yang cocok untuk road trip dengan fitur di atas, perjalananmu pun akan semakin nyaman, kamu pun bisa menikmati liburan tanpa harus lelah berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *