fungsi senter ultraviolet selain cek uang palsu
Gadget

6 Fungsi Senter Ultraviolet, Bukan Cek Keaslian Uang Saja!

Lampu atau senter ultraviolet (UV) mungkin jadi barang yang cukup unik. Bagaimanapun, senter yang kita kenal umumnya hanya memancarkan cahaya terang berwarna kuning atau putih yang berasal dari bola lampu atau LED.

Meski begitu lampu UV sering digunakan di bank atau tempat lainnya yang sering bertransaksi menggunakan uang cash. Hal ini karena sinar UV dapat dipakai untuk mendeteksi uang palsu.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, masih ada beberapa fungsi lampu UV yang mungkin tidak kamu ketahui. Kamu pun bisa mendapatkan manfaatnya dengan mudah dengan membawanya kemana-mana dalam bentuk senter UV.

Fungsi Senter Ultraviolet

1. Mendeteksi uang palsu

Banyak negara, termasuk Indonesia, yang menggunakan teknik watermark khusus pada uang kertas mereka. Tanda ini hanya dapat dilihat pada sinar UV dan sangat sulit untuk dipalsukan. Jadi jika kamu tidak melihat tanda tersebut pada uang kertasmu, kemungkinan besar kamu sedang memegang uang palsu.

Selain mendeteksi keaslian uang, senter ultraviolet juga bisa dipakai untuk mendeteksi keaslian BPKB kendaraan bermotor. Di negara lain, senter UV juga sering digunakan untuk mengecek keaslian KTP agar remaja yang belum cukup umur tidak dapat memasuki beberapa area tertentu.

2. Mendeteksi kebocoran

Banyak bahan kimia industri yang bersinar saat disorot dengan sinar ultraviolet. Hal ini membuat teknisi dapat mendeteksi kebocoran hanya dengan menggunakan senter UV.

Sedangkan untuk bahan cair lain yang tidak terpengaruh, digunakan pewarna fluorescent agar kebocoran lebih mudah dideteksi.

3. Mendeteksi perubahan pada karya seni

Cat, tinta, dan pewarna lain yang sering digunakan untuk membuat karya seni masing-masing memiliki tingkat kepekaan terhadap sinar UV yang akan berubah seiring dengan waktu.

Makanya kita bisa menggunakan senter UV untuk melihat perubahan pada sebuah karya seni lukisan. Area yang lebih terang saat disorot sinar UV menandakan area lukisan tersebut sudah berubah, baik karena perbaikan atau restorasi.

4. Memastikan keaslian mineral dan batu berharga

Ada ratusan batu mineral yang mengandung fluorescence dan menyala saat disorot dengan senter UV. Selain itu beberapa batu berharga seperti berlian atau opal juga dapat berpendar saat disenter menggunakan cahaya ultraviolet. Meski begitu perlu diketahui juga bahwa tidak semua berlian memiliki pendaran yang kuat.

Karena itulah, senter UV bisa digunakan untuk mendeteksi beberapa batu alam berharga dan mineral tertentu. Selain itu senter UV yang cukup kuat juga dapat membantu kamu menemukan batu berharga yang tergeletak di alam.

5. Mendeteksi kalajengking

kalajengking akan bersinar saat terkena sinar ultraviolet

Kalajengking jadi salah satu hewan yang patut diwaspadai, terutama saat kita memasuki gua atau berkemah di alam bebas. Namun ukurannya yang kecil tentu akan menyulitkan kita untuk melihatnya, apalagi ketika malam hari tiba.

Menariknya, cangkang kalajengking memiliki protein bernama beta-carboline yang dapat bersinar di bawah pancaran sinar UV. Dengan begitu kamu bisa mendeteksi hewan ini dengan mudah saat berada di alam bebas.

6. Melihat tulisan dari pena UV

Pena UV seringkali dipasarkan sebagai pena yang memiliki tinta yang tidak terlihat. satu-satunya cara untuk melihatnya adalah dengan menggunakan sinar UV.

Meski mungkin tidak akan berguna untuk penggunaan sehari-hari, pena UV bisa jadi mainan seru atau untuk kamuyang senang dengan rahasia.


Itu dia beberapa fungsi senter ultraviolet. Jaidbukan hanya bisa dipakai untuk mendeteksi uang palsu saja, senter UV pun bisa sangat membantu beberapa profesi tertentu atau jika kamu senang berpetualang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *