ganti resolusi tahun baru kamu dengan hal yang lebih baik
Produktivitas

Jangan Buat Resolusi Tahun Baru, Ini Cara yang Lebih Baik!

Sudah jadi tradisi bagi beberapa orang di tahun baru untuk membuat sebuah resolusi yang mereka ingin lakukan atau capai di tahun tersebut. Harapannya tentu untuk bisa lebih produktif di tahun yang baru.

Sayang kebanyakan resolusi tersebut hanya bertahan beberapa minggu saja. Makanya tidak heran jika tidak semua orang bisa memenuhi resolusi tersebut.

Jadi buat kamu yang bosan membuat resolusi tahunan yang sama, kamu bisa mencoba membuat hal lain sebagai alternatif, seperti membuat daftar pencapaian kamu di tahun sebelumnya.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan metode PYR (past year reviews). Metode ini dipopulerkan oleh Tim Ferris, seorang motivator, enterpreneur, serta penulis buku produktifitas terkenal seperti 4-Hour Workweek.

Untuk melakukannya, kamu cukup menuliskan pencapaian positif dan hal negatif yang terjadi pada tahun sebelumnya. Setelah itu kamu bisa membuat target berdasarkan dua hal tersebut.

Cara Membuat Pencapaian Tahunan ala Tim Ferris

  1. Buatlah dua kolom POSITIF dan NEGATIF
  2. Cek tanggal pada setiap minggu di tahun sebelumnya
  3. Untuk setiap minggunya, tulislah nama orang, kegiatan, atau komitmen yang kamu rasa bernilai positif/negatif pada kolom yang sesuai
  4. Setelah selesai, pilihlah 20% hal yang paling membuat kamu merasa paling positif dan negatif.
  5. Berdasarkan jawabannya, gunakanlah isi pada kolom positif sebagai hal yang perlu kamu lakukan lebih banyak/intens dibanding tahun kemarin.
  6. Sedangkan 20% hal yang menurut kamu paling negatif patut kamu letakan pada daftar “Not To -Do List” dan kamu bisa mengeluarkan hal-hal tersebut dari daftar pekerjaan kamu di tahun selanjutnya.

Ada banyak hal yang bisa kamu pelajari dengan membuat daftar hal positif dan negatif yang kamu alami selama tahun sebelumnya. Selain membuat kamu lebih bersyukur atas semua hal baik yang terjadi padamu selama ini, kamu juga nantinya bisa memilah-milih hal-hal yang berdampak buruk pada dirimu sendiri.

Dengan membuat jadwal semacam ini, kamu bisa fokus pada hal-hal yang membuat kamu produktif dan bahagia. Kamu pun tidak perlu membuang energi dan fokus pada hal-hal yang malah membawa dampak buruk dalam kehidupanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *