hal produktif yang bisa dilakukan saat menunggu
Produktivitas

8 Hal Produktif yang Bisa Kamu Lakukan Selagi Menunggu

Menunggu jadi satu hal yang banyak menghabiskan waktu kita dalam sehari. Coba saja hitung berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menunggu antrian di minimarket, menunggu saat akan bertemu dengan rekan kerja, menunggu kendaraan umum dan lain sebagainya? Makanya jangan heran bila ada orang yang marah saat kamu terlambat karena kamu telah menghabiskan waktu berharga mereka.

Bila dihitung-hitung, waktu yang kita gunakan untuk menunggu dalam satu hari bisa cukup banyak lho! Makanya, daripada dipakai untuk diam atau melakukan hal yang tidak membawa manfaat, lebih baik isi dengan beberapa hal produktif seperti contoh berikut ini.

1. Menghapus Foto di Ponsel

Menghapus foto dalam ponselmu bisa jadi cara terbaik jika kamu harus menunggu seseorang namun tidak punya koneksi internet yang memadai untuk melakukan hal lainnya.

Coba tengok saja album foto yang ada pada smartphone kamu, ada berapa banyak foto yang tidak lagi diperlukan?

Kebanyakan dari kita akan memiliki banyak foto yang tidak lagi diperlukan. Entah foto yang berkualitas jelek, foto yang hanya diperlukan satu kali, foto yang sudah diarsipkan, atau screenshot yang tidak lagi digunakan.

Dengan space yang lebih lega, kamu tidak akan kesulitan jika suatu saat ingin mengambil foto lainnya.

2. Baca Info Singkat di Blog atau Sosial Media

Membaca hal berguna blog atau info singkat di sosial media bisa jadi alternatif yang lebih baik dibanding melongok dan mengomentari haya hidup orang lain. Jadi selesai menunggu, kamu bisa mendapatkan info baru yang mungkin akan berguna untukmu di lain hari.

3. Dengarkan Podcast

Selain membaca blog, mendengarkan podcast juga bisa jadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu selama menunggu. Hal ini akan sangat berguna, terutama bagi kamu yang lebih senang mendengarkan orang lain atau tidak terlalu nyaman untuk menampilkan layar ponsel kamu di tempat umum.

Saat ini ada cukup banyak podcast yang bisa kamu ikuti. Tidak hanya melalui aplikasi khusus podcast, kini banyak juga channel Youtube yang tampil dalam format podcast sehingga kamu bisa mendengar beragam obrolan dengan berbagai tema menarik.

4. Bersihkan Inbox

Sering berkomunikasi via email atau WhatsApp, menunggu jadi waktu yang pas untuk membersihkan inbox kamu. Kamu bisa memilah-milih pesan mana yang bisa kamu hapus atau arsipkan. Dengan begitu inbox kamu akan terlihat lebih rapih dan kamu pun bisa lebih mudah melihat tugas yang harus kamu kerjakan.

5. Menulis Jurnal

Hal lain yang juga asik dilakukan saat menunggu adalah menulis jurnal. Kamu bisa menulis berbagai macam hal mulai dari catatan pribadi atau hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan.

Menulis jurnal sendiri memiliki banyak manfaat. Selain baik untuk mencari ide-ide baru, menulis juga bisa jadi cara kamu untuk melepas stres atau sekedar belajar mencurahkan isi pikiran dalam bentuk tulisan

6. Membaca Buku

gunakan waktu menunggu untuk membaca buku, e-book, atau koran

Punya buku menarik yang sudah kamu beli tapi belum sempat dibaca? menunggu jadi waktu yang pas untuk mencicil membaca buku tersebut. Selain itu kamu juga bisa membaca e-book melalui aplikasi ebook reader atau koran untuk melihat berita terkini.

7. Belajar Melalui Aplikasi Smartphone

Menunggu akan terasa lebih cepat jika kita bersenang-senang dengan memainkan beragam game yang tersedia di ponsel. Namun akan lebih baik lagi bila kita bisa belajar banyak hal baru melalui aplikasi tersebut.

Nyatanya kita memang bisa belajar beragam topik melalui aplikasi gratis yang siap diunduh melalui smartphone. Kita bisa belajar bahasa baru, skill baru, atau belajar mempertajam otak dan melatih memori.

8. Bersosialisasi

Dibandingkan fokus pada smartphone, sebenarnya kita bisa bersosialisasi saja selama menunggu. Berbicara dengan orang lain bisa memberi kamu banyak manfaat mulai dari belajar cara berkomunikasi dengan orang lain, melatih empati, atau memperluas jaringan. Lagipula siapa tahu orang di sebelahmu saat menunggu bisa jadi teman baru yang ternyata cocok dengan kepribadian kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *