Rekomendasi Jam Tangan Pria Lokal Terbaik
Men's Style

13 Rekomendasi Jam Tangan Pria Lokal Terbaik

Bicara merek jam tangan terbaik, kebanyakan dari kita mungkin akan mengingat merek-merek terkenal asal Jepang atau Swiss. Padahal kini ada banyak juga lho jam tangan lokal terbaik yang tidak kalah berkualitas namun dibandrol dengan harga yang lebih murah.

Jam tangan asli buatan Indonesia ini juga hadir dalam beragam bentuk dan jenis yang pastinya bisa disesuaikan dengan gaya kamu. Mau dipakai untuk kegiatan formal atau santai pun pasti bisa.

Nah, jika kamu juga ingin mencari alternatif jam tangan yang unik dan kekinian dengan harga yang lebih terjangkau, berikut adalah beberapa rekomendasi jam tangan pria lokal terbaik yang bisa kamu pilih!

1. Woodka

Sesuai dengan namanya, merek jam tangan lokal ini terbuat dari bahan kayu berkualitas, seperti sonokeling, maple, dan teak. Di Indonesia sendiri kini ada cukup banyak brand lokal yang menggunakan kayu sebagai bahan dasar jam tangan, namun yang membedakan Woodka dari brand lainnya adalah permainan motif yang dikombinasikan dengan warna-warni cerah sehingga memberikan kesan yang lebih seru dan menantang.

2. Matoa

Selain Woodka, merek jam tangan lokal lain yang juga menggunakan bahan dasar kayu dalam pembuatan jam tangannya adalah Matoa. Merek jam tangan yang sudah ada sejak tahun 2011 ini memiliki motif etnik dengan pilihan seri beragam, cocok untuk kamu yang tampil ekspresif dan stylish.

Satu hal yang cukup menarik, semua produk jam tangan Matoa dibuat secara manual alias handmade. Dan meski banyak diproduksi di Bandung, merek jam tangan ini memiliki beberapa koleksi menarik yang menggunakan nama-nama daerah di Indonesia Timur seperti Rote, Way Kambas, Sumba, dan Flores.

3. Lima Watch

Hampir serupa dengan dua brand lokal sebelumnya, Lima Watch juga menghadirkan produk jam tangan berkualitas yang terbuat dari material kayu. Desainnya sendiri sangat menonjolkan desain alami dan sederhana dari kayu yang digunakan dan dikombinasikan dengan strap berbahan kulit.

Salah satu koleski menarik dari Lima adalah model Meca 03 yang sudah mendapatkan penghargaan Good Design Indonesia 2021. Satu hal yang menarik, produk Lima Watch sendiri kini tidak hanya beredar di pasaran Indonesia saja, tapi juga mulai merambah pasar mancanegara seperti Singapura dan Hongkong.

4. Eiger

Nama Eiger mungkin sudah tidak asing dan pastinya kamu kenal sebagai salah satu produsen alat-alat kegiatan outdoor. Makanya mungkin tidak banyak yang tahu kalau selain membuat tas, sepatu, dan pakaian, Eiger juga memperoduksi jam tangan outdoor yang tidak kalah berkualitas.

Dari segi desain dan fitur, jam tangan merk asal Bandung ini tetap berusaha memenuhi kebutuhan para pecinta kegiatan outdoor yang menjadi target utama pasar mereka. Makanya pada jam tangan Eiger kita bisa menemukan beragam fitur seperti touch pad, mekanik yang anti-air, stopwatch, dll. Tidak hanya itu, desainnya pun sporty dan dibuat dari material yang kuat gesekan agar kamu tetap nyaman selama beraktivitas di luar ruangan.

5. NAM Watch

Buat kamu yang sedang mencari jam tangan bergaya klasik dan elegan, brand NAM watch ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Merek lokal ini menyediakan jam tangan pria yang memiliki desain yang maskulin dengan beragam pilihan strap, salah satunya berbahan dasar kulit yang memberikan kesan klasik dan timeless.

Salah satu koleksi NAM yang cukup populer adalah The Mahameru. Mengambil nama dari salah satu puncak Gunung Semeru, produk tersebut dibuat dengan desain yang eksotis serta elegan khas era 1950-an. Selain itu terdapat pula seri jam tangan lain yang tidak kalah ikonik seperti Krakatoa, Mandala hingga Losari.

6. Dekade

Jam tangan Dekade asal Kota Bandung akan sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari jam tangan lokal dengan gaya simpel. Dengan desain yang sederhana, jam tangan Dekade bisa digunakan setiap saat tanpa bingung mencocokkan gaya fashion.

Meski terkesan sederhana, Dekade percaya bahwa hal tersebut merupakan sumber dari kesempurnaan sehingga banyak diterapkan pada setiap produk mereka. Dengan tampilan yang memikat, jam tangan lokal ini akan sangat cocok digunakan pada event tertentu atau sekadar menunjang aktivitas sehari-hari.

7. Watchlah

Rekomendasi jam tangan pria lokal lainnya adalah Watchlah. Brand ini memiliki bergam koleksi jam tangan yang simpel dan akan sangat cocok dipadukan dengan tampilan apapun.

Saat memilih jam tangan ini, kamu bisa memilih dial berbentuk persegi dan bulat sesuai dengan karakteristik kamu. Satu hal yang unik dari jam tangan ini adalah tidak ditampilkannya hour mark secara lengkap hingga angka 5 saja.

8. Eboni

Sesuai dengan namanya, merek jam tangan lokal ini menggunakan kayu eboni sebagai salah satu bahan dasar jam tangan mereka. Meski begitu mereka juga menggunakan kayu maple pada beberapa koleksi mereka.

Jam tangan Eboni akan sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil elegan dan stylish lewat aksen logo Eboni pada bagian dial-nya. Selain itu jam tangan ini juga sudah dilengkapi dengan Japan Miyota Movement yang lebih hemat baterai untuk menunjang pergerakan jarum jamnya.

9. Carousel

Carousel awalnya adalah lini pakaian yang berasal dari daerah Yogyakarta dan mulai bergerak sejak tahun 2013. Salah satu keunikan brand ini adalah desain hewan yang menjadi ikon mereka, yaitu Chilo (Kucing), Popo (Panda), Odin (Dino), Choco (Beruang), dan Pigko (Babi).

Ciri khas ini mereka pertahankan pada jam tangan digital yang mereka produksi belakangan. Dengan desain karakter imut dan colorful, jam tangan ini bisa bikin kamu tampak unik dan menonjolkan karakter kamu yang asik.

10. Lanccelot

Mendengar namanya mungkin sebagaian dari kita akan mengingat nama Lancelot du Lac, salah satu Kesatria Meja Bundar dalam legenda Arthurian. Padahal brand yang sudah ada sejak tahun 2013 ini berasal dari Indonesia dan diprakarsai oleh Dharmawan Tanoto.

Lanccelot hadir dengan slogan “Luxuries are not always expensive, now everyone can get luxuries” dan ingin menunjukan bahwa barang yang terkesan mewah tidak selalu harus berharga mahal. Karena itulah merek jam tangan lokal ini tidak hanya dinikmati oleh pecinta jam tangan di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

Produk jam tangan Lanccelot sendiri terkesan simpel namun dibalut dengan kemasan yang anggun, berkelas, dengan detail yang diperhatikan secara sempurna. Uniknya, kebanyakan koleksi jam tangan Lanccelot diambil dari istilah atau tokoh ternama dari abad pertengahan seperti Apollo, Beowulf, atau Icarus.

11. Parlént

Mendengar namanya mungkin kita akan berpikir jika Parlént merupakan jam tangan buatan Perancis. Apalagi beberapa serinya memiliki desain rumit yang banyak ditemukan pada jam tangan buatan Eropa. Padahal Parlént adalah salah satu merek jam tangan lokal terbaik yang kini merambah banyak negara lain di Asia, Eropa, dan Amerika.

Parlént sendiri memiliki koleksi jam tangan dengan dua kategori utama, yaitu automatic yang bisa digunakan tanpa baterai, dan quartz movement yang hadir dalam beragam bentuk dan warna. Salah satu ciri khas jam tangan ini adalah kualitas produk yang baik dengan desain yang tampak mewah dan elegan yang cocok digunakan untuk segala situasi.

Meski terkesan mahal, jam tangan Parlént tetap memiliki harga yang terjangkau dibanding jam tangan lain di kelasnya. Meski lebih murah, Parlént tetap berkomitmen untuk memberi layanan yang prima, bahkan bersedia mengganti jam tangan mereka bila terbukti memiliki cacat bawaan.

12. Wish

Batik menjadi salah satu ciri khas bangsa Indonesia yang kini mulai dikenal dunia. Wish mencoba membawa kebudayaan Indonesia ini ke tingkat yang lebih tinggi dengan memadukannya pada sebuah jam tangan.

Wish sendiri memiliki pengalaman hingga dua dekade dalam proses pembuatan jam tangan. Jadi jangan heran jika Wish menggunakan bahan berkualitas untuk menghasilkan jam tangan terbaik yang pantas untuk situasi formal maupun sehari-hari.

Satu hal yang menarik, satu set arloji Wish dilengkapi dengan dua tali, yaitu kulit asli dan kulit bercorak batik. Setiap produknya juga memiliki garansi dua tahun dan hadir dengan kotak kayu eksklusif yang membuatnya cocok untuk hadiah premium.

13. Expedition

Terakhir ada merek jam tangan lokal yang banyak dikenal pecinta kegiatan dan olahraga outdoor. Selain cukup populer di Indonesia, Expedition juga sudah merambah banyak negara mulai dari Singapura, Filipina, Hongkong, hingga Turki.

Expedition sendiri menghadirkan jam tangan dengan desain klasik modern yang dikombinasikan dengan teknologi jam tangan berkualitas dari Jepang. Jadi selain memiliki tampilan yang baik, kinerja jam tangan ini juga patut diacungi jempol.


Itu dia beberapa rekomendasi jam tangan pria lokal terbaik yang bisa kamu temui di pasaran. Meski beberapa memiliki nama yang cukup asing, ternyata ada banyak kan produk Indonesia yang tidak kalah berkualitas. Urusan harga pun dijamin jauh lebih murah dibanding kebanyakan brand dari luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *