Jembatan terindah di Indonesia
Traveling

9 Jembatan Terindah di Indonesia

Jembatan jadi salah satu sarana penting untuk menghubungkan dua daerah yang umumnya terpisah oleh aliran sungai, jurang, atau pembatas fisik lainnya. Namun selain memenuhi fungsinya, kini ada banyak jembatan yang dibuat dengan mempertimbangkan faktor estetika agar tampak lebih indah saat dipandang.

Indonesia sendiri memilki banyak jembatan yang dibuat dengan seksama, bahkan menjadi landmark atau ciri khas daerah tersebut. Nah, jika kamu juga melewati daerah-daerah ini, jangan lupa untuk melewati jembatan terindah di Indonesia berikut ini juga yah!

1. Jembatan Suramadu (Surabaya – Madura)

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang dibuat melintasi Selat Madura menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura.

Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura
Jembatan Nasional Suramadu (image;agendaindonesia.com)

Jembatan yang diresmikan tahun 2009 ini juga menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 5.438 km yang membentang dari Surabaya hingga Bangkalan.

Meski dirancang untuk mempercepat pemerataan pendapatan dan pembangunan di wilayah Madura, jembatan ini juga menjadi salah satu landmark menarik terutama di malam hari. Pemandangan yang dikelilingi laut dan lampu sepanjang Jembatan Suramadu membuatnya menjadi tempat bagi sebagian orang untuk menghabiskan waktu.

2. Jembatan Suroboyo (Surabaya)

Jembatan Suroboyo atau Jembatan Kenjeran adalah jembatan yang menghubungkan kawasan pesisir Surabaya di Pantai Kenjeran, Jawa Timur. Diresmikan pada tahun 2016 lalu, jembatan sepanjang 800 meter ini menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi warga.

Jembatan Suroboyo atau Jembatan Kenjeran di Surabaya Jawa Timur
Jembatan Suroboyo (image: wowkeren.com)

Melalui jembatan ini, kita bisa melihat air mancur yang bisa meliuk-liuk beriringan dengan lagu khas Surabaya. Pada malam hari air mancur tersebut juga bergerak dengan lighting berwarna-warni yang semakin mempercantik tampilannya. Menariknya lagi, si sepanjang jembatan juga terdapat trotoar yang berukuran cukup besar untuk menampung banyak pengunjung agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

3. Jembatan Youtefa (Papua)

Dibuat di atas Teluk Youtefa, Papua, jembatan yang sebelumnya bernama jembatan Holtekamp ini menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi.

Jembatan Youtefa di Papua
Jembatan Youtefa (image: news.detik.com)

Jembatan sepanjang 732 meter ini memberi banyak manfaat bagi warga Papua, terutama dalam memangkas waktu tempuh dari Jayapura ke berbagai tempat seperti daerah lumbung tani di distrik Muara Tami, pusat cideramata di distrik Hamadi hingga Pos Lintas Batas Negara di Skouw yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Satu hal yang menarik, lengkungan jembatan ini dibuat dan dirakit terlebih dahulu di Surabaya sebelum dikirim dan dipasang di Papua. Makanya MURI memberikan 2 penghargaan sekaligus kepada salah satu jembatan terindah Indonesia ini, yaitu pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

4. Jembatan Barelang (Batam)

Nama Jembatan Barelang diambil dari singkatan dari Batam, Rempang, dan Galang. Selain itu jembatan ini juga dikenal dengan sebutan Jembatan Habibie yang berjasa mengembangkan industri Pulau Batam dan sebagai pelopor pembangunan jembatan tersebut.

Jembatan Barelang atau Jembatan Habibie di Batam, Kepulauan Riau
Jembatan Barelang (image: pesona-batam.com)

Jembatan ini terdiri dari 6 buah jembatan yang menghubungkan beberapa pulau, yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulang Galang, dan Pulau Galang Baru dengan panjang total 2.264 meter. Di antara keenam jembatan tersebut, Jembatan Tengku Fisabilillah yang menghubungkan Batam dan Kota Tonton menjadi salah satu objek yang populer dengan bentuk yang sekilas mirip dengan Golden Gate Bridge di San Francisco.

5. Jembatan Pasupati (Bandung)

Jembatan terindah di Indonesia selanjutnya berada di daerah Bandung, Jawa barat. Jembatan Pasupati, atau Jalan Layang Pasupati, menjadi penghubung antara bagian utara dan timur Kota Bandung dengan melewati lembah Cikapundung.

Jembatan Pasupati di Bandung, Jawa Barat
Jembatan Pasupati (image:infobdg.com)

Satu hal yang menarik, jembatan ini ternyata sudah dirancang sejak tahun 1920-an meski baru bisa mulai dibangun pada tahun 1998. Selain itu, jalan layang ini juga menjadi jembatan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi peredam gempa. Sekurangnya ada 76 perangkat anti gempa (lock up device yang dibeli langsung dari Perancis yang dipasang di jembatan tersebut.

Saat ini fly over Pasupati menjadi salah satu landmark Kota Bandung yang patut kamu kunjungi. Selain penuh dengan lampu hias di malam hari, di bawah jembatan ini terdapat ruang interaksi publik seperti Taman Pasupati, Taman Film, skate park, dan lapangan street soccer.

6. Jembatan Tayan (Kalimantan Barat)

Jembatan Tayan merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Kapuas, Sanggan, Kalimantan Barat. Jembatan ini menjadi penghubung antara Kota Tayan dan Desa Piasak serta menjadi salah satu bagian Jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Jembatan Tayan di Kalimantan Barat
Jembatan Tayan (image: kompas.com)

Dengan panjang mencapai 1.420 meter, Jembatan Tayan menjadi jembatan terpanjang di Kalimantan, serta menjadi jembatan terpanjang ketiga setelah Suramadu dan Pasupati.

Tidak hanya itu, jembatan yang memiliki warna merah-putih tersebut kini juga menjadi ikon baru sekaligus objek wisata bagi warga di sekitarnya. Makanya tidak heran jika salah satu jembatan terindah di Indonesia ini cukup ramai dikunjungi, apalagi dengan banyaknya penjaja makanan dan atraksi di sekitar jembatan.

7. Jembatan Ampera (Palembang)

Jembatan Ampera rasanya jadi salah satu jembatan paling ikonik di seluruh Indonesia. Jembatan yang berada di Palembang ini menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Jembatan Ampera di Palembang, Sumatera Selatan
Jembatan Ampera (image: wikipedia.org)

Selain memiliki bentuk yang unik, jembatan ini juga cukup tua dan menjadi destinasi yang menarik berkat banyaknya tempat kuliner dan objek wisata di sekitar jembatan tersebut.

Satu hal yang menarik, jembatan ini dulunya disebut Jembatan Bung Karno sebelum diubah menjadi Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat) menyusul pergerakan politik di tahun 1966. Selain itu, jembatan yang pernah menjadi jembatan terpanjang di Asia Tenggara ini juga punya keunikan lain.

Pada awalnya, beberapa bagian jembatan ini bisa diangkat untuk memudahkan kapal laut yang hendak lewat. Namun sayang pada 1970-an hal ini tidak dilakukan lagi karena dianggap mengganggu arus lalu lintas di jembatan tersebut.

8. Jembatan Sawunggaling (Surabaya)

Jembatan Sawunggaling merupakan ikon baru kota Surabaya yang baru saja diresmikan pada Mei 2021 lalu. Jembaran sepanjang 136 meter ini dibuat untuk menghubungkan ruas frontage Wonokromo dan Jalan Gunung Sari.

Jembatan Sawunggaling di Surabaya Jawa Timur
Jembatan Sawunggaling (image: Instagram @dispendiksby)

Meski dibuat untuk memudahkan pengguna jalan dan meningkatkan perekonomian, Jembatan Sawunggaling juga dilengkapi beragam fasilitas yang membuatnya ramai dikunjungi sebagai tempat wisata.

Sebagai pelengkap, di sekitar jembatan ini terdapat dancing fountain, big tree lamp setinggi 6 meter yang dapat menyala dan dilengkapi dengan running text. Selain itu pada railing jembatan terdapat kaca tempered yang dilengkapi stiker dan lampu hias. Lalu ada pula mezzanine dengan tinggi 20 meter yang dapat diakses melalui tangga yang telah disediakan.

9. Jembatan Barito (Banjarmasin)

Jembatan Barito adalah jembatan di Kalimantan Selatan yang menghubungkan tepi barat dan tepi timur Sungai Barito, tepatnya antara Kecamatan Anjir Muara dan Kecamatan Alalak. Selain dikenal dengan nama Jembatan Barito, jembatan ini juga sering disebut Jembatan Pulau Bakut mengingat jembatan ini melintasi sebuah pulau kecil, yaitu Pulau Bakut.

Jembatan Barito
Jembatan Barito (image: backpackerjakarta.com)

Salah satu jembatan terindah di Indonesia ini sendiri diresmikan pada April 1997 dan sempat mendapat predikat sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Namun dengan panjang mencapai 1.082 meter, Jembatan Barito tetap jadi salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Banyaknya kapal yang melewati Sungai Barito membuat area di sekitar jembatan menjadi tempat nongkrong asik. Apalagi di bawah jembatan tersebut terdapat spot foto cantik lengkap dengan latar belakang tulisan Jembatan Barito.


Itulah dia beberapa jembatan terindah di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya menjadi penghubung antara dua wilayah saja, jembatan tersebut juga tampak megah dan penuh dengan objek wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *