jenis dongkrak mobil sesuai kebutuhan
Otomotif

5 Jenis Dongkrak Mobil Sesuai Keperluan

Dongkrak jadi satu alat penting yang umumnya disediakan untuk setiap pembelian kendaraan roda empat. Dengan adanya dongkrak, pemilik mobil akanlebih mudah mengangkat dan menyangga kendaraan mereka dalam kondisi tertentu, seperti saat mengganti ban.

Dongkrak sendiri terdiri dari berbagai jenis yang masing-masing bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Di indonesia ada 3 jenis dongkrak yang bisa digunakan untuk keperluan pribadi, meski untuk kebutuhan yang lebih besar sendiri masih ada jenis dongkrak lainnya.

Nah, untuk mengenal jenis-jenis dongkrak, berikut adalah beberapa varian dongkrak yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

1. Dongkrak Gunting/Ketupat

dongkrak gunting atau ketupat

Dongkrak gunting atau ketupat adalah jenis dongkrak yang umumnya disediakan saat kamu membeli mobil baru. Bentuknya yang ringan dan ringkas membuatnya cocok untuk disimpan dalam mobil. Selain itu harganya juga cukup terjangkau untuk penggunaan yang tidak terlalu sering.

Dongkrak gunting digunakan dengan cara memutar tuas yang ada pada bagian tengah. Meski berukuran ringkas, dongkrak semacam ini dapat digunakan untuk mengangkat mobil berukuran kecil hingga lebih dari 30 cm.

Salah satu kekurangannya hanya ada pada sistemnya yang manual sehingga butuh tenaga ekstra untuk dapat mengangkat mobil hingga cukup tinggi.

2. Dongkrak Botol/Tabung

dongkrak botol atau tabung

Dongkrak botol memiliki bentuk seperti botol/tabung. Beda dengan dongkrak gunting, jenis dongkrak ini sudah menggunakan sistem hidrolik sehingga lebih mudah digunakan.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menaikan atau menurunkan tuasnya saja. Tergantung modelnya, dongkrak botol bisa mengangkat beban hingga di atas 10 ton. Dan dengan ukurannya yang kecil, dongkrak botol dapat disimpan dengan mudah dalam mobil.

3. Dongkrak Buaya

dongkrak buaya

Dongkrak buaya jarang digunakan untuk penggunaaan pribadi karena bentuknya yang besar dan ukurannya yang berat. Tidak hanya itu, harganya pun sangat mahal, makanya dongkrak semacam ini lebih banyak ditemukan di bengkel mobil.

Meski mahal, dongkrak ini sangat mudah digunakan dan tergolong aman. Bentuknya yang besar memudahkan kita untuk mengangkat kendaraan yang akan didongkrak, selain itu penggunaan tabung hidrolik juga membuat penggunaannya lebih mudah.

4. Dongkrak Botol Buaya

dongkrak botol buaya

Sesuai dengan namanya, dongkrak ini merupakan gabungan antara dua dongkrak yang kita bahas sebelumnnya, yaitu dongkrak botol dan buaya. Pada dongkrak botol buaya, kita bisa mendapatkan mobilitas yang baik dari sebuah dongkrak buaya namun dengan tenaga yang lebih besar seperti dongkrak botol pada umumnya.

5. Farm Jack

farm jack

Terakhir ada farm jack yang umumnya digunakan untuk kendaraan berat seperti traktor, meski kini juga banyak dipakai untuk kendaraan off-road. Selain dikenal dengan nama farm jack, dongkrak ini juga dikenal dengan nama high-lift jacks.

Tidak seperti dongkrak lain yang hanya bisa mengangkat kendaraan, dongkrak jenis ini lebih flexibel. Makanya dongkrak ini sering dibawa penikmat offroad untuk memperbaiki masalah kendaraan saat terguling atau tersangkut di tempat sulit.

Perbedaan lain dongkrak ini dengan jenis dongkrak lainnya adalah tidak adanya penggunaan hidrolik, melainkan sebuah tuas. Meski begitu, dongkrak jenis ini bisa mengangkat beban yang cukup berat meski ukuranya juga cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *