jenis konektor usb kabel charger dan data untuk hp android dan iphone
Aksesoris HP

4 Jenis Konektor Charger untuk HP Android dan iPhone

Kabel charger adalah komponen penting yang harus dimiliki oleh pemilik smartphone. Tidak hanya digunakan untuk mengisi daya, kabel USB tersebut juga penting dalam proses transfer data antar perangkat.

USB sendiri mengalami perkembangan yang sangat cepat mengikuti perkembangan teknologi smartphone. Pada keluaran terbaru, konektor USB bisa mengalirkan daya yang lebih besar serta mampu digunakan untuk mentransfer data lebih cepat.

Karena itulah, penting bagi kamu untuk mengetahui beberapa jenis konektor USB yang digunakan pada kabel charger HP supaya kamu tidak salah beli dan kabel pun bisa cocok dengan perangkat genggam yang kamu gunakan.

1. Mini-USB

konektor kabel charger mini usb

Sesuai dengan namanya, mini-USB memiliki bentuk yang lebih kecil dibanding USB standard. Namun bila dibandingkan dengan konektor lain di daftar ini, mini-USB malah terlihat lebih besar.

Sebelum digantikan oleh konektor micro-USB, mini-USB adalah jenis konektor kabel data yang paling banyak digunakan pada perangkat mobile. Kini rata-rata hanya ponsel lawas saja yang masih menggunakan konektor ini.

Meski begitu bukan berarti konektor ini tidak lagi digunakan. Saat ini kamu bisa menemukan teknologi ini pada gadget lain seperti kamera, mp3 player, atau gamepad.

2. Micro-USB

konektor kabel data micro usb

Micro-USB memiliki bentuk yang 2 kali lebih tipis dibanding mini-USB. Salah satu sisinya berbentuk datar sementara bagian lainnya melengkung. Meski bisa mengakomodasi ukuran smartphone yang semakin tipis, bentuk micro-USB kadang menyulitkan penggunanya untuk memasukan kabel data secara pas.

Meski sudah ada konektor type-C yang lebih baru, konektor micro-USB masih bisa ditemukan pada banyak smartphone keluaran terbaru, terutama pada kelas low-end.

Tidak hanya itu saja, konektor ini juga masih banyak dijumpai pada banyak gadget seperti powerbank, speaker bluetooth, earphone wireless, dan masih banyak lagi.

3. USB Type-C

konektor usb type-c pada smartphone terbaru

Konektor USB type-C umumnya menjadi pilihan untuk ponsel kelas menengah ke atas. Selain kemampuan transfernya yang jauh lebih cepat, kabel data type-C juga bisa mengalirkan daya yang lebih besar sehingga proses pengisian daya smarpthone bisa berjalan lebih cepat.

Kelebihan lain dari konektor jenis ini adalah bentuknya yang simetris. Dengan begitu pengguna tidak perlu membolak-balik konektor agar bisa masuk saat dicolokkan ke ponsel.

4. Lightning

konektor lightning untuk produk apple seperti iphone dan ipad

Lightning mungkin menjadi konektor yang tidak terlalu populer di kalangan pengguna Android. Tidak heran karena konektor ini didesain khusus untuk produk-produk Apple seperti iPhone, iPad, atau Mac.

Meski punya spesifikasi yang baik, akan sulit untuk menemukan produk yang kompatibel dengan konektor yang satu ini selain membeli produk langsung dari Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *