kebiasaan kecil dengan dampak besar
Produktivitas

15 Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar dalam Hidup

Umumnya kita akan berasumsi bahwa membuat perubahan besar butuh langkah yang besar pula. Padahal hal tersebut rasanya tidak 100% benar.

Mengutip dari salah satu buku pengembangan diri terbaik, Atomic Habits, kebiasaan kecil yang terus menerus diulang secara teratur pun bisa memberi dampak besar pada diri kita. Tidak cuma itu, langkah-langkah kecil ini akan lebih mudah untuk dikelola sehingga kamu bisa konsisten melakukannya sampai menjadi kebiasaan baik baru.

Nah, buat kamu yang ingin tampil lebih baik, berikut adalah beberapa kebiasaan kecil yang bisa memberi dampak positif pada kehidupan kamu.

Kebiasaan Kecil Berdampak Besar

1. Rencanakan tugas yang harus diselesaikan esok hari

Orang yang tahu apa yang harus mereka perbuat akan bergerak lebih cepat dan mantap dibanding mereka yang tidak merencanakan hari mereka dengan baik.

Makanya, sebelum kamu pergi tidur, kamu bisa memilih beberapa tugas yang harus benar-benar diselesaikan pada keesokan harinya. Agar kamu lebih mudah memilih, kamu bisa merencanakan tugas yang sudah kamu tunda sebelumnya, tugas yang berkaitan dengan goal kamu, atau tugas yang sangat mendesak.

Dengen merencanakan tugas dan mempersiapkan diri sehari sebelumnya, kamu bisa melangkah maju sambil menyingkirkan hal-hal yang mungkin menghambat kamu.

2. Rapikan tempat tidur setelah bangun

Merapikan tempat tidur kamu setelah bangun di pagi hari bisa jadi kebiasaan kecil yang patut untuk dilatih. Selain mudah dilakukan, kegiatan ini juga akan membuat kamu ‘bangun’ lebih cepat. Kamu pun bisa pulang dengan kamar yang rapi dan kasur yang siap untuk ditiduri setelah lelah beraktivitas seharian.

3. Tidak menunda untuk membersihkan rumah

Rumah yang bersih tentu akan membuatnya lebih nyaman untuk ditinggali. Rumah pun dapat membuat kamu segar dan lebih enak digunakan untuk mengisi energi kembali.

Sayangnya kita seringkali malas untuk membersihkan rumah sendiri, tidak jarang kita membiarkannya hingga kotorannya menumpuk dan menimbulkan bau tak sedap.

Agar kamu tidak perlu repot membersihkan rumah yang terlanjur kotor, kamu bisa melatih kebiasaan baik dengan membersihkan rumah tanpa menundanya. Jadi ketika ada sampah yang terjatuh ke lantai, segera ambil dan buang ke tempat sampai. Begitu pula ketika kamu selesai makan, jangan menunggu hingga piring menumpuk tinggi untuk mulai membersihkannya!

4. Berolahraga meski hanya sebentar

Kita semua tentu tahu manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh. Sayangnya banyak dari kita cukup malas untuk melakukannya.

Satu masalah yang seingkali menjadi alasan mengapa banyak orang malas beroahraga adalah masalah waktu. Menemukan waktu yang pas di sela-sela kesibukan karir memang menjadi tantangan tersendiri.

Padahal olahraga tidak perlu dilakukan berjam-jam hingga membuat kita lelah. Kita bisa melakukan olahraga meski hanya sebentar saja, bahkan meski kita sedang bekerja.

Untuk melakukannya, kita bisa melakukan beberapa gerakan ringan di sela-sela waktu istirahat kita. Olahraga selama 5 menit beberapa kali dalam sehari tentu akan lebih baik dibandingkan tidak melakukannya sama sekali bukan?

5. Ingatlah untuk beristirahat dan bergerak

Saat bekerja kita mungkin akan diam dalam posisi yang sama selama berjam-jam. Dari banyak penelitian, hal tersebut ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan dan bisa membuat kamu lebih cepat lelah dan sakit.

Untuk mengurangi dampaknya, ingatlah untuk beristirahat dan melakukan gerakan ringan secara berkala. Dengan begitu tubuh kamu tidak akan merasa kaku, dan matamu pun bisa berisitirahat sejenak. Tidak kalah pentingnya, otak pun bisa beristirahat dan terhindar dari burn out.

6. Duduk dengan tegak

Meski terkesan sepele, duduk dalam posisi yang baik ternyata punya pengaruh yang besar terhadap kesehatan tubuh. Jika kamu sering duduk selama berjam-jam setiap harinya, penting untuk belajar duduk dengan postur yang baik.

Sama seperti halnya duduk, postur kamu saat berdiri dan berjalan pun penting untuk diperhatikan agar kamu bisa terhindar dari gangguan otot atau masalah kesehatan lainnya.

7. Meditasi

Dari banyak sumber, meditasi memiliki banyak manfaat mulai dari meringankan stres, meningkatkan konsentrasi, mengatur emosi, hingga membantu menjag tekanan darah agar tetap normal. Jika kamu ingin mengubah hidup dengan langkah kecil yang mudah, meditasi selama lima menit setiap harinya bisa masuk dalam daftar kamu.

Meditasi sendiri tidak harus diakukan dengan duduk sambil menyilangkan kaki dan memejamkan mata. Kamu bisa duduk atau tiduran dengan posisi yang rileks sambil mengatur nafas dengan stabil.

8. Fokus hanya pada satu tugas pada satu waktu

Multitasking seringkali disebutkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja. Sayangnya melakukan beberapa pekerjaan sekaligus butuh konsentrasi tinggi dan mungkin bisa membuat kamu lelah bila dilakukan dalam waktu lama.

Jadi alih-alih multitasking, kamu bisa fokus pada satu tugas dan mencurahkan energi kamu untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Dengan cara biasa ini kamu bisa lebih menghemat energi dan menyelesaikan tugas dengan lebih baik.

9. Menulis jurnal

Contoh kebiasaan kecil yang memiliki dampak besar dalam hidup

Menulis jadi salah satu kebiasaan yang bisa dilakukan dengan mudah hanya berbekal pena dan kertas. Meski sederhana, menulis memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental.

Selain bisa membantu kamu menjernihkan pikiran dan menuangkan emosi dalam bentuk tulisan, banyak menulis juga akan membantu kamu mengurangi rasa stres, meningkatkan rasa empati, melatih daya ingat, melatih kemampuan untuk menuangkan isi pikiran, hingga menjadi dokumentasi kamu sendiri.

Jadi jika kamu belum pernah melakukannya, tidak ada salahnya untuk memulainya mulai sekarang. Kamu bisa menuliskan hal apa saja yang terjadi pada hari ini atau menulis ide-ide yang terlintas di kepala kamu.

10. Tuliskan rasa terima kasihmu

Setiap hari kita seringkali terlalu fokus pada hal-hal yang membuat kita cemas dan khawatir, alih-alih menyukuri semua nikmat yang bisa kita rasakan. Meski hal ini bisa memicu kita untuk merencanakan hari dengan baik, mengkhawatirkan hal-hal yang belum tentu terjadi malah akan membuat kita terkekang dan selalu memiliki pikiran yang negatif.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa melatih kebiasaan baru seperti menuliskan rasa terima kasih dan syukur kamu pada sebuah catatan. Dengan begitu kamu akan memiliki lebih banyak energi positif dan lebih siap untuk menghadapi semua tantangan yang akan kamu lalui.

11. Matikan notifikasi hp

Di zaman canggih seperti sekarang, hp lebih dari sekedar alat komunikasi. Sayangnya kecanggihan tersebut kadang malah menghambat kita dan lebih banyak menggangu dengan banyaknya notifikasi yang bermunculan.

Agar kamu lebih produktif, kamu bisa mematikan hp atau menyalakan ponsel dalam mode silent agar pekerjaan kamu tidak terganggu dengan notifikasi yang tidak berhenti bermunculan. Jika kamu sedang melakukan pekerjaan yang butuh fokus tinggi, kamu akan sangat terbantu dengan kebiasaan kecil ini.

12. Membaca hal yang bermanfaat

Membaca memiliki banyak manfaat mulai dari meningkatkan fungsi kognitif otak, melatih kreativitas, hingga sekadar hiburan untuk melepas rasa stress. Membaca sendiri tidak melulu harus dilakukan dengan membaca buku secara fisik, karena kini ada banyak sumber bacaan yang bisa menjadi referensi bagi kamu di internet. Hanya saja hindari membaca hal-hal yang tidak berguna dan malah menghabiskan waktu kamu. Pilihlah untuk membaca hal-hal yang bermanfaat yang bisa memberikan kamu info dan pengetahuan baru yang akan lebih berguna dalam kehidupan kamu.

13. Berhenti berdebat dengan orang lain secara online

Sosial media jadi salah satu platform gratis di mana kita bisa menuliskan opini kita mengenai berbagai macam hal. Namun opini yang kita miliki kadang tidak sesuai dengan opini yang dimiliki oleh orang lain.

Perbedaan opini tersebut seringkali memicu perdebatan online. Sayang perdebatan online semacam ini kadang tidak dilakukan dengan sehat. Jadi alih-alih belajar pemahaman baru, kamu hanya akan terjebak pada debat kusir yang tidak berujung. Sayang kan jika waktu berharga kamu habis hanya untuk melayani troll di internet saja!

14. Belajar kata baru setiap hari

Satu kebiasaan kecil yang bisa berdampak besar dalam kehidupan kamu adalah mempelajari kata atau kalimat baru setiap hari. Belajar kata asing atau istilah baru setiap hari dapat membantu kamu untuk berkomunikasi lebih baik dan meningkatkan kemampuan kamu untuk bersosialisasi. Lagipula belajar bahasa baru tentu akan sangat seru dan menyenangkan serta menambah ilmu baru bukan?

Mempelajari bahasa baru memang akan sangat sulit untuk dibayangkan. Namun belajar satu kata setiap hari secara rutin tentu akan lebih mudah untuk dilakukan. Lumayan kan, tidak terasa dalam satu tahun kamu akan mengetahui hampir 400 kata baru!

15. Tambahkan sayur dan buah pada menu makanan

Kamu mungkin sudah sering mendengar kalimat, “you are what you eat!” bukan? Kenyataannya, makanan yang kamu konsumsi memang memberikan dampak besar pada kesehatan yang kamu miliki.

Saat masih muda, hal ini mungkin terdengar sepele karena apapun yang kamu makan nampaknya tidak memberikan dampak apapun pada kesehatan kamu. Namun efek dari konsumsi makanan yang buruk akan dirasakan seiring bertambahnya usia. Jadi jika kamu ingin lebih sehat saat tua nanti, ubah kebiasaan makan kamu dan selalu tambahkan sayur dan buah pada menu makanan yang kamu konsumsi.


Melakukan perubahan besar tidak melulu harus dilakukan dengan mengambil langkah yang besar pula. Langkah-langkah kecil pun bisa memberikan hasil yang besar selama dilakukan secara konsisten.

Jadi jika kamu ingin melakukan perubahan positif dlaam hidup kamu, beberapa kebiasaan kecil berdampak besar di atas bisa jadi inspirasi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.