kebiasaan orang prduktif yang bisa kamu tiru
Produktivitas

7 Kebiasaan yang Dilakukan Orang-Orang Produktif

Meniru kebiasaan orang-orang yang produktif dapat membantu kamu memaksimalkan produktivitas dan mencapai hal-hal hebat dalam hidup.

Lalu, apa yang membuat seseorang menjadi produktif? Apa saja kebiasaan yang dilakukan orang produktif?

Berikut adalah tujuh kebiasaan yang sering dilakukan orang yang sangat produktif. Mencontoh dan menerapkan kebiasaan ini ke dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu kamu untuk meningkatkan produktivitas dan membantumu mencapai banyak hal dengan cepat.

1. Gunakan Aturan 80/20

Aturan 80/20, yang juga dikenal sebagai Prinsip Pareto, adalah slah satu konsep penting dalam manajemen waktu.

Konsep ini pertama kali digunakan oleh ekonom Vilfredo Pareto pada tahun 1906, yang mengamati bahwa 80% tanah di Italia dimiliki oleh 20% populasi.

Saat ini, aturan 80/20 dipakai untuk menyatakan bahwa 80% hasil yang kamu dapat akan didapat dari 20% aktivitas yang kamu lakukan. Jadi dibandingkan fokus pada semua hal, kamu bisa memberi perhatian ekstra pada hal yang benar-benar penting dan membawa paling banyak hasil dibanding hal lainnya.

2. Belajar dari Kesalahan

Beberapa orang selalu menyalahkan diri sendiri dan memikirkan kesalahan mereka. Tetapi kegagalan bisa menjadi langkah penting menuju kesuksesan. Lagipula jika kamu tidak pernah gagal, akan ada banyak pelajaran penting yang kamu lewatkan.

Jadi jangan takut untuk membuat kesalahan. Belajarlah dari kesalahan tersebut agar kamu tidak jatuh pada kesalahan yang sama di masa depan.

3. Bayangkan Kesuksesanmu

Visualisasi adalah proses untuk menciptakan gambaran mental tentang apa yang kamu inginkan. Jadi jika kamu ingin sukses, kamu harus bisa membayangkan kesuksesan tersebut.

Metode ini banyak digunakan oleh para atlit yang akan berlaga di sebuah kompetisi. Seorang atlit dapat menggunakan visualisasi untuk mengantisipasi hasil perlombaan atau membuat dirinya merasa tenang dan sejahtera.

Jika kamu bukan seorang atlet, visualisasi dapat menjadi cara yang bagus untuk memotivasi kamu.

4. Tulis Semuanya

Kecanggihan teknologi membuat kita tidak bisa lepas dari gadget dan koneksi internet. Padahal kamu juga perlu untuk menghilangkan ketergantungan terhadap hal semacam ini.

Cobalah sesekali matikan hape dan tulis semua idemu menggunakan kertas dan pena. Sebuah studi menunjukkan bahwa menuliskan sesuatu di atas kertas dapat meningkatkan daya ingat dan meningkatkan kemampuan untuk memahami konsep.

Jadi tidak hanya membuatmu rileks, menulis secara manal juga bisa meningkatkan produktivitasmu.

5. Hilangkan Gangguan

Kemampuan untuk tetap fokus bisa menjadi faktor penting untuk menyelesaikan sesuatu. Untuk melakukannya, orang-orang yang produktif mampu memilah-milih dan memutuskan hal apa yang menjadi distraksi bagi mereka.

Ponsel cerdas dan media sosial kadang bisa menjadi hal yang menarik, tetapi itu juga menjadi sumber gangguan utama. Agar bisa fokus, pertimbangkan untuk meletakkan ponselmu di ruangan lain atau mematikannya saat bekerja.

Sebuah studi oleh University of Texas menunjukkan bahwa orang yang melakukan ini sambil mengerjakan tugas akan jauh lebih produktif daripada orang yang ponselnya duduk di sebelahnya di atas meja.

6. Berhentilah Menjadi Seorang Perfeksionis

Setiap orang pasti inign agar usahanya bisa menghasilkan sesuatu yang sempurna. Namun ada bahayanya jika kamu terjebak pada mindset seperti ini.

Seorang yang perfeksionis akan selalu berusaha ekstra keras agar hasil yang mereka dapat mendekati sempurna. Namun hal ini akan sangat menguras energi sehingga sulit untuk menjaga motivasi untuk mencari kesempurnaan setiap waktu.

Orang yang terlalu perfeksionis akan selalu minder dan membandingkan dirinya dengan orang lain. Hal ini malah tidak baik untuk kesehatan mental karena kamu akan merasa tidak pernah cukup sekeras apapun kamu berusaha.

Jadi daripada berjuang untuk mencari kesempurnaan, berusahalah untuk menjadi yang terbaik.

7. Jangan Lupa Beristirahat

Waktu liburan adalah bagian penting dari keseimbangan kehidupan-kerja yang baik dan dapat menguntungkan baik bagi karyawan maupun pemberi kerja.

Istirahat dari kantor dapat membantu kamu menjernihkan pikiran dan mengisi energi yang hilang.

Menurut penelitian, meluangkan waktu liburan dapat membuat kamu lebih produktif, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan. Tidak hanya itu, waktu bersantai juga bisa memicu kreativitasmu dan membantumu mendapatkan ide-ide baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *