Kebun binatang terbaik di jakarta
Traveling

6 Rekomendasi Kebun Binatang dan Akuarium di Jakarta

Di tengah hiruk-pikuk kota Jakarta, ada banyak tempat hiburan yang bisa dikunjungi untuk melupakan rasa penat di akhir pekan, salah satunya adalah kebun binatang dan akuarium yang penuh dengan hewan unik, eksotis, dan menarik.

Salah taman satwa yang paling populer di Jakarta adalah Kebun Binatang Ragunan. Padahal selain tempat tersebut, masih ada beberapa kebun binatang lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Nah, jika kamu ingin berwisata sambil melihat hewan-hewan lucu, berikut adalah beberapa kebun binatang dan akuarium di jakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Kebun Binatang Ragunan

Di antara semua tempat lain, Kebun Binatang Ragunan jadi salah satu tempat yang sangat populer untuk dikunjungi. Selain luas, salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia ini juga memiliki koleksi hewan yang lengkap. Selain itu terdapat pula beberapa atraksi dan wahana yang pastinya seru untuk dinikmati bersama keluarga.

Selain melihat-lihat hewan, Kebun Binatang Ragunan juga jadi salah satu tempat favorit warga Jakarta yang sekedar ingin berjalan kali atau menikmati kegiatan olahraga lainnya. Apalagi di sini ada tempat penyewaan sepeda agar kamu bisa berkeliling Kebun Binatang Ragunan sambil menikmati pemandangan asri.

2. Faunaland

Faunaland, kebun binatang di jakarta selain ragunan

Faunaland merupakan kebun binatang kecil yang terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara. Kebun binatang di Jakarta selain Ragunan ini memiliki konsep yang unik di mana sebagian besar satwanya tidak diletakan di dalam kandang dan dibiarkan hidup di tempat terbuka.

Berdiri di atas lahan seluas 5 hektar, Faunaland memiliki beragam koleksi hewan dan burung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu tempat ini juga menjadi tempar konservasi satwa untuk melindungi spesies langka dari ancaman kepunahan.

Selain berkeliling dan melihat-lihat hewan, di sini kamu juga bisa menikmati beberapa atraksi dan wahana, seperti berinteraksi langsung dengan satwa, menunggangi kuda poni, melihat atraksi Animal Show, serta menaiki perahu di Safari River Cruise.

3. Jakarta Aquarium & Safari

Jakarta Aquarium & Safari merupakan tempat wisata yang bernaung di bawah Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC di Malaysia, Berdiri di atas lahan seluas 1 hektar, tempat ini menyediakan akuarium indoor terbesar di Indonesia serta menampung lebih dari 3,500 spesies hewan air dan darat.

Menariknya, lokasi Jakarta Aquarium berada di dalam Neo Soho Mall yang berada di Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Selain itu lokasinya juga dekat dengan objek wisata lain seperti Kota Tua dan Museum Wayang sehingga kamu bisa menghabiskan waktu satu hari untuk jalan-jalan tanpa perlu pergi jauh.

Selain melihat hewan laut, di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memberi makan hewan langsung, menyaksikan teater bawah laut, mengunjungi wahana 5D theater, hingga menyelam bersama hiu.

4. Sea World Ancol

Sea World jadi salah satu tempat wisata hewan yang menarik untuk dikunjungi di Jakarta Utara. Salah satu destinasi yang berlokasi di Taman Impian Jaya Ancol ini memiliki beragam spesies laut mulai dari ikan hiu, ikan pari raksasa, ubur-ubur, penyu, hingga kepiting laba-laba. selain itu terdapat pula satwa air tawar dan hewan non-akuatik lain seperti ikan piranha dan berang-berang.

Selain melihat hewan langsung, di sini kamu juga bisa melakukan aktivktas lain seperti memegang dan memberi makan hewan, memasuki terowongan dibawah kolam raksasa, serta melihat tempat eksebisi ubur-ubur laut yang mempesona.

5. Ocean Dream

Ocean dream Ancol di Jakarta Utara

Selain Sea World, akuarium lain yang juga berlokasi di Ancol adalah Ocean Dream Samudra. Meski sama-sama bisa melihat satwa air, Ocean Dream jadi tempat yang lebih cocok untuk kamu yang senang melihat atraksi.

Di tempat ini, kamu bisa melihat atraksi dari berbagai hewan mulai dari burung kakak tua, beruang madu, berang-berang, atau singat laut. Selain itu kamu juga bisa melihat atraksi lumba-lumba dan pelatih mereka di underwater show, atau menyimak teater bajak laut di water stuntman show.

Selesai melihat semua atraksi yang ada, kamu juga bisa mengunjungi biokop 4 dimensi serta wahana bermain anak.

6. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Mungkin tidak banyak yang menyangka kalau di Taman Mini Indonesia indah juga terdapat tempat yang mirip kebun binatang. Masing-masing spesies dikumpulkan pada tempat tertentu, seperti

a. Dunia Air Tawar

Taman ini terletak di sebelah selatan kawasan TMII, dekat dengan Museum Serangga dan Taman Bunga Keong Emas. Berada di lahan seluas 5,500 meter persegi, tempat ini memiliki akuarium yang bdiperuntukan sebagai sarana rekreasi, pendidikan, penelitian, konservasi alam, dan atraksi.

Dunia Air Tawar menyimpan 6,000 ekor binatang dari 126 spesies yang menjadikannya sebagai salah satu taman biota air tawar terbesar dan terlengkap di Asia, bahkan dunia. Di sini kamu bisa melihat tanaman air, reptil, crustacean, serta ikan yang berasal dari Indonesia dan penjuru dunia lainnya.

b. Taman Reptil

Taman Reptil dapat terlihat mulai dari jalur kiri pintu masuk. Di sini kita bisa melihat beragam jenis reptil mulai dari buaya, kura-kura, penyu, iguana, biawak, kadal, dan beragam jenis ular. Salah satu koleksi yang menarik di tempat ini adalah kumpulan ular berbisa seperti king kobra atau ular hijau Afrika yang dipajang dalam kandang kaca.

Tidak hanya bisa melihat hewan reptil unik, kamu juga bisa berinteraksi dengan beberapa hewan. Salah satunya adalah ular sanca besar yang bisa kamu pegang dan berfoto bersama.

c. Taman Burung

Taman Burung teletak di bagian timur kawasan TMII dan berdekatan dengan PP IPTEK dan Museum Migas. Pada Taman Burung ini terdapat sembilan kubah yang masing-masing merepresentasikan varietas burung dari wilayah tertentu, mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, sulawesi, hingga Papua.

Taman Burung TMII sendiri memiliki koleksi burung terlengkap d Indonesia dengan jumlah ribuan ekor dari 175 spesies. Selain menjadi tempat rekreasi, Taman Burung juga menjadi tempat konservasi burung-burung langka serta tempat penelitian bagi para mahasiswa.


Itu dia beberapa kebun binatang dan akuarium yang bisa kamu kunjungi di Jakarta. Ternyata, ada kan kebun binatang di Jakarta selain Ragunan yang juga tidak kalah serunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *