Taman safari Bogor jadi salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia
Traveling

10 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia

Kebun binatang bisa jadi salah satu tujuan wisata bagi kamu yang berencana untuk berlibur. Di Indonesia sendiri ada cukup banyak taman margasatwa yang bisa dikunjungi. Tidak hanya menyediakan hewan lengkap, mereka juga memiliki sarana edukasi, penangkaran hewan, atau wahana rekreasi.

Nah, buat kamu yang sedang berencana untuk liburan ke berbagai daerah, jangan lupa juga yah untuk mengunjungi beberap akebun binatang terbaik di Indonesia berikut ini.

1. Taman Safari Indonesia I (Bogor)

Taman Safari Indonesia jadi salah satu kebun binatang paling populer di Indonesia. Dibangun pada tahun 1980, Taman Safari memiliki luas lebih dari 160 hektar dengan 2,500 koleksi satwa dari seluruh penjuru dunia.

Satu hal yang membuat Taman Safari menarik adalah konsepnya yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Makanya pengunjung dapat melihat hewan pada habitat aslinya tanpa perlu turun dari mobil. Dan tidak hanya bisa dilakukan di siang hari, Taman Safari juga menyedikan night safari agar pengunjung bisa melihat kehidupan hewan liar di waktu yang berbeda.

Selain itu Taman Safari juga menyediakan area khusus untuk beberapa jenis binatang seperti Bird Aviary, Australia Outback, Primate Center, Taman Buata, atau Lorong Reptil.

Tidak hanya dapat melhat koleksi hewan, Taman Safari Indonesia juga menyediakan beragam sarana edukasi dan rekreasi yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Selain itu terdapat pula atraksi hewan yang pastinya sayang untuk dilewatkan.

2. Taman Safari Indonesia II (Pasuruan)

Selain di Cisarua, Bogor, Taman Safari Indonesia juga memiliki lokasi lain di kaki Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Taman Safari Prigen ini memiliki konsep yang sama di mana pengunjung dapat melihat kehidupan satwa liar di habitat asli mereka di alam bebas.

Dengan luas 340 hektar, Taman Safari Prigen menjadi salah satu Safari Park terbesar di Asia. Koleski hewannya pun tidak kalah lengkap dibanding Taman Safari I yang ada di Bogor.

Selain melihat-lihat hewan, di sini kamu juga bisa menikmati sarana dan atraksi lain mulai dari water park, Baby Zoo, Elephant Education, dan masih banyak yang lainnya.

3. Bali Safari & Marine Park (Bali)

Bali Safari& Marine Park adalah kebun binatang lain yang dimiliki oleh Taman Safari Group. Terletak di Gianyar, Bali, tempat seluas 40 hektar ini dapat dijangkau dengan mudah dari kota besar di Bali seperti Kuta atau Denpasar.

Di kebun binatang ini, kamu bisa melihat beragam jenis satwa dari tiga wilayah, yaitu Indonesia, India, dan Afrika. Selainitu tempat ini juga menjadi tempat penangkaran hewan endemik yang rawan punah di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Satu hal yang membuatnya unik adalah adanya perpaduan dengan kebudayaan masyarakat Bali. Dengan begitu pengunjung juga dapat menikmati pengalaman safari sekaligus belajar mengenai budaya Bali.

4. Bali Zoo Park (Bali)

Bali Zoo Park merupakan kebun binatang pertama yang ada di Pulau Bali. Kebun binatang ini memiliki luas 12 hektar dan berlokasi di Desa Singapadu, Gianyar, Bali.

Pada kebun binatang ini kamu bisa melihat 100 jenis spesies biantang langka dari kategori mamalia, reptil, dan burung. Selain itu kamu bisa berfoto langsung dengan binatang, menyantap sarapan dengan para orang utan, atau menikmati night at the zoo dengan tarian apinya yang terkenal.

Tidak hanya itu, baru-baru ini Bali Zoo Park diperluas lagi dan menambahkan wahana Kampung Sumatera seluas 4 hektar. Di sini kamu bisa menikmati suasana alam Sumatera serta hewan khas pulau tersebut, mulai dari harimau, gajah, beruang madu, dan lainnya.

5. Bali Bird Park (Bali)

Kebun binatang lain di Bali yang bisa kamu kunjungi adalah bali Bird Park atau Taman Burung Bali. Sesuai dengan namanya, taman satwa ini menjadi atraksi wisata sekaligus tempat penangkaran berbagai jenis burung, baik yang berasal dari Indonesia maupun mancanegara.

Tempat yang dibangun pada tahun 1995 ini hanya memiliki luas 2 hektar saja. Di dalamnya terdapat 1,000 satwa jenis unggas yang berasal dari 250 spesies.

Satu hal yang menarik, masing-masing burung diletakan pada tempat yang memiliki tema khusus seperti wahana Jawa, Papua, Borneo, atau Amerika Selatan. Suaasna alamnya pun dibuat semirip mungkin, termasuk jenis tanaman yang mudah dijumpai di wilayah tersebut.

Jika kamu berkunjung ke Pulau Bali, Taman Burung ini bisa masuk daftar kunjungan kamu selanjutnya, apalagi letaknya tidak jauh dari beberapa objek wisata lain seperti Ubud, Kintamani, atau Pantai Sanur.

6. Batu Secret Zoo (Malang)

Batu Secret Zoo di Malang, Jawa Timur

Batu Secret Zoo jadi salah satu tujuan wisata yang perlu kamu kunjungi bila berada di Jawa Timur. Berbagai koleksi hewan, sarana, serta atraksi yang ada di kebun binatang ini membuat Batu Secret Zoo seringkali masuk dalam daftar kebun binatang terbaik di Asia Tenggara dan bahkan Asia.

Batu Secret Zoo sendiri berdiri di atas tanah seluas 14 hektar dan merupakan bagian dari Jatim Park 2. Bangunan yang diresmikan pada tahun 2010 ini juga memiliki banyak koleksi yang sebagian besar berasal dari kawasan Asia dan Afrika.

Selain melihat koleksi hewan, di sini kamu juga bisa mencoba wahana lain seperti arena bermain di Fantasy Land, menaiki perahu di River Adventure, memberi makan burung, tur melalui Dotto Train Station, hingga menaiki kincir raksasa terbesar kedua di Indonesia.

7. Kebun Binatang Ragunan (Jakarta)

Kebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia dan menjadi salah satu tempat wisata terpopuler di Jakarta. Dengan luas mencapai 147 hektar, tempat ini menjadi rumah bagi lebih dari 2,000 ekor satwa dari 200+ spesies yang berbeda.

Di sini juga terdapat Pusat Primata Schmutzer yang menjadi salah satu pusat primata berkelas internasional dan berisi koleksi primata eksotis seperti orang utan, gorilla, atau simpanse. Tempat ini yang mempunyai peranan dalam konservasi primata Indonesia dan sekaligus sebagai Jendela Informasi Primata.

Meski atraksi utama tempat ini adalah koleksi hewannya, Kebun Binatang terbaik di Jakarta ini juga sering dikunjungi sebagai tempat relaksasi dan olahraga. Apalagi tempatnya sangat luas dan memiliki tempat penyewaan sepeda. Anak-anak pun dapat bermain dengan riang di sarana rekreasi yang tersedia.

8. Kebun Binatang Gembira Loka (Yogyakarta)

Kebun binatang Gembira Loka (Gembira Loka Zoo) adalah tempat wisata yang terletak di Kota Yogyakarta. Berdiri di atas tanah seluas 22 hektar, salah satu kebun binatang tertua di Idnonesia ini menjadi rumah bagi ratusan spesies flora dan fauna.

Tidak hanya menjadi rumah bagi binatang, kebun binatang, Gembira Loka Zoo juga memiliki museum bernama Diorama Flora dan Fauna. Di sini tedapat 1,300 binatang serta 34 ribu jenis tumbuhan yang diawetkan. Di antaranya adalah awetan Harimau Sumatea, Macan Tutul, serta Burung Cendrawasih yang menjadi koleksi andalan mereka.

Jika sudah kenyang melihat hewan, kamu juga bisa menikmati beragam aktivitas menarik seperti ATV, kereta mini, perahu engkol, sepeda air, dan masih banyak lagi.

9. Kebun Binatang Surabaya (Surabaya)

Kebun Binatang Surabaya pertama kali didirikan pada tahun 1916 berkat jasa jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi untuk mengumpulkan binatang.

Meski awalnya hanya digunakan untuk menampung satwa eksotis koleksi pribadi, Kebun Binatang Surabaya berkembang menjadi sarana perlindungan, pelestarian, pendidikan, penelitian, dan rekreasi.

Kebun Binatang Surabaya sendiri pernah menjadi salah satu yang terlengkap di Asia Tenggara. Pada kebun binatang ini terdapat 2,800-an hewan dari 981 spesies yang berbeda, dengan beberapa di antaranya merupakan satwa langka dari kategori Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.

10. Sea World Indonesia (Jakarta)

Berbeda dengan kebun binatang lain di daftar ini, Sea World Indonesia menjadi tempat yang cocok untuk meihat beragam hewan laut, mulai dari penyu, ikan hiu, kepiting laba-laba, ikan pari raksasa, ubur-ubur, bintang laut, dan masih banyak lagi.

Selain hanya itu, kamu juga bisa melihat beberapa hewan laut yang sudah diawetkan. Di sini juga terdapat lantai berjalan yang akan membawamu menelusuri akuarium raksasa serta pertunjukan hewan laut yang menggemaskan.


Itu dia beberapa kebun binatang terbaik di Indonesia yang bisa jadi tujuan wisata kamu selanjutnya. Selain bisa melihat hewan-hewan unik dari berbagai negara, kita juga bisa menaiki wahana serta menikmati atraksi menarik di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *