kelebihan dan kekurangan mobil diesel dibanding mobil bensin
Otomotif

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Diesel

Saat memilih kendaraan, ada banyak faktor yang patut dipertimbangkan. Salah satunya adalah mesin di mana kamu bisa memilih mesin diesel atau mesin bensin. Di Indonesia, sebagian besar mobil pribadi menggunakan mesin berbahan bakar bensin, kontras dengan produsen mobil pribadi di Amerika atau Eropa yang lebih banyak menggunakan mesin diesel. Tidak heran karena mesin diesel memiliki banyak kelebihan meski ada juga kekurangannya.

Di Indonesia, mesin diesel lebih banyak digunakan pada kendaraan besar seperti bus atau truk. Hal ini tidak lepas dari besarnya tenaga yang bisa dihasilkan oleh mesin diesel. Sayang harga mesin diesel juga cukup mahal sehingga penggunaan mesin bensin jadi pertimbangan utama agar harga kendaraan bisa ditekan.

Nah, agar lebih jelas, simak dulu yuk kelebihan dan kekurangan mesin diesel agar kamu bisa membandingkannya dengan mesin bensin biasa.

Karakteristik Mesin Diesel

karakteristik mesin diesel yang membuatnya beda dari mesin bensin

Bila dibandingkan, mesin diesel dan bensin memiliki beberapa perbedaan yang cukup mencolok. Karakteristik inilah yang biasnya digunakan oleh pabrikan sebagai salah satu pertimbangan dasar saat memproduksi sebuah kendaraan.

Ciri pertama dari mesin diesel adalah torsinya yang tinggi. Karena itulah, mobil bermesin diesel dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar dan akan lebih kuat saat digunakan di medan yang sulit, seperti saat dibawa ke pegunungan, offroad, atau menaiki jalan yang menanjak.

Selain torsi tinggi, mesin diesel juga dikenal lebih hemat bahan bakar. Mengapa mesin diesel dapat menghemat bahan bakar? Karena bahan bakar hanya disemprotkan pada saat fase pembakaran saja. Hal ini tentu berbeda dengan mesin bensin di mana bahan bakar dicampur dengan udara sejak awal (fase intake).

Ciri ketiga adalah sistem mesin diesel yang lebih sederhana bila dibandingkan mesin bensin. Jadi dari segi perawatan pun sangat mudah meski butuh presisi tinggi dalam melakukannya.

Terakhir, ciri dari mesin diesel ini adalah tekanan pembakaran yang dibutuhkan lebih besar dari pada mesin bensin. Karena butuh tekanan yang besar, diperlukan pula dinding mesin yang lebih tebal dan komponen yang lebih kuat. Makanya mesin diesel lebih berat serta memiliki harga yang lebih mahal dibanding mesin bensin.

Kelebihan Mesin Diesel

Kelebihan mesin diesel yang pertama adalah ketahanannya. Mesin diesel jauh lebih tahan banting dibandingkan mesin bensin, terutama saat digunakan di medan yang sulit. Bagi kamu yang tinggal di pedesaan atau lebih sering bepergian dengan mobil, memiliki mobil dengan mesin diesel akan lebih menguntungkan karena torsinya yang tinggi.

Di Indonesia, mesin diesel banyak digunakan pada banyak varian kendaraan dari berbagai merek seperti Toyota Kijang Innova, Isuzu MU-X, Isuzu Panther Grand Touring, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, Hyundai All New Santa Fe, hingga KIA Grand Sedona

Keuntungan mesin diesel lainnya adalah penggunaan bahan bakarnya yang irit. Melihat cara kerjanya, mesin diesel lebih irit karena bahan bakarnya hanya digunakan pada fase pembakaran saja. Selain itu, harga solar yang menjadi bahan bakar mesin diesel juga biasanya relatif lebih murah dibandingkan bahan bakar untuk mesin bensin.

Selain dua keunggulan tersebut, mesin diesel ini juga memiliki kelebihan dalam hal perawatan. Mesin diesel lebih mudah dirawat karena komponennya tidak serumit mesin bensin.

Tidak hanya itu, mesin diesel juga dikenal lebih awet dan tangguh dibanding mesin bensin. Makanya kendaraan yang butuh tenaga besar seperti truk dan bus menggunakan mesin diesel agar lebih bertenaga dan awet.

Kekurangan Mesin Diesel

Kekurangan mesin diesel yang bisa dikenali pertama adalah suaranya yang sangat bising dibandingkan dengan mesin bensin. Saat pertama kali dihidupkan, suaranya akan terdengar cukup keras. Dan suara tersebut akan tetap ada saat mobil digunakan di jalan. Meski terkesan garang, hal ini akan sangat mengganggu bagi kebanyakan orang.

Selain itu, kekurangan lain dari mesin diesel ini adalah harganya yang mahal. Hal yang sangat wajar mengingat mesin diesel dibangun dengan dinding yang tebal dan kokoh untuk menahan tekanan tinggi.

Kekurangan mesin diesel selanjutnya adalah sistem injeksi bahan bakarnya yang harus benar-benar presisi. Karena itulah, biaya produksi mesin diesel menjadi lebih mahal serta membutuhkan presisi tinggi dalam perawatannya.

Terakhir, mesin diesel membutuhkan starter motor yang lebih besar dari mesin bensin karena mesin diesel butuh tekanan yang besar. Selain itu baterai yang digunakan juga harus berkapasitas tinggi sehingga akan membuatnya harganya mahal dan cukup mubazir.

Mobil dengan Mesin Diesel atau Mesin Bensin?

Pilih mobil diesel atau mobil bensin? Dengan melihat beberapa kelebihan dan kekurangan mesin diesel, kamu pasti sudah bisa menilai sendiri mobil mana yang akan lebih cocok dengan kebutuhan kamu.

Jika kamu memiliki budget cukup besar dan sering bepergian, membeli mobil bermesin diesel bisa jadi investasi yang baik. Apalagi di musim hujan, mobil bermesin diesel jauh lebih kuat saat melewati jalan yang tergenang air.

Namun, jika budget kamu terbatas, membeli mobil dengan mesin bensin tentu tidak ada salahnya. Mobil semacam ini bisa dipilih jika kamu akan lebih banyak menggunakan mobil di daerah perkotaan yang tidak membutuhkan torsi tinggi untuk dikendarai. Lagipula harga jual kembali mobil semacam ini juga cukup tinggi sehingga akan memudahkan kamu yang senang memperbarui mobil setiap beberapa tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *