kelebihan tabungan berjangka dibanding deposito dan tabungan biasa
Keuangan

6 Kelebihan Tabungan Berjangka Dibanding Tabungan Biasa

Tabungan berjangka menjadi salah satu produk yang banyak ditawarkan bank pada nasabahnya. Tabungan berjangka sendiri memiliki beberapa perbedaan dibanding tabungan biasa atau depostito dan mungkin belum banyak diketahui calon nasabah.

Sesuai dengan namanya, tabungan berjangka merupakan tabungan yang terikat pada jangka waktu tertentu. Rentang waktu tersebut berkisar antara 6 bulan hingga maksimal 20 tahun. Hal ini membuat tabungan berjangka menjadi salah satu solusi bagi nasabah yang ingin menyimpan uang untuk keperluan di masa depan seperti pendidikan anak atau dana pensiun.

Namun tidak hanya itu saja, masih ada banyak kelebihan tabungan berjangka yang membuat produk keuangan ini patut menjadi perhitungan.

1. Suku Bunga Menguntungkan

Satu kelebihan penting tabungan berjangka dibanding tabungan biasa adalah suku bunganya yang lebih tinggi. Dengan begitu uang yang disimpan dalam tabungan berjangka akan menghasilkan untung yang lebih besar pula.

Meski belum sebesar suku bunga deposit, tabungan berjangka tetap menghasilkan untung yang cukup besar dengan suku bunga yang berkisar antara 4-5% per tahunnya.

2. Setoran Rendah

Tabungan berjangka bisa menjadi jenis investasi untuk gaji kecil yang tidak butuh modal besar.

Dibanding deposito yang sama-sama berjangka, nominal setoran awal serta setoran bulanan tabungan berjangka jauh lebih kecil. Untuk setoran awal umumnya berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp500 ribu. Besarnya setoran bulanannya sendiri bisa diatur oleh nasabah, namun kebanyakan bank menentukan nominal mulai dari Rp100 ribu saja.

3. Auto Debet

Menabung dan investasi sering kali urung dilakukan karena uang gajian sudah habis terlebih dahulu sebelum kita sempat menyisihkannya. Jika hal ini menjadi masalah yang sering kamu alami, maka tabungan berjangka bisa jadi solusi agar kamu konsisten menabung.

Tabungan berjangka umumnya sudah menggunakan auto debet. Jadi setoran akan dilakukan secara otomatis dengan mengambil uang yang ada pada rekening utama.

Dengan hal ini kamu bisa mengatur keuangan pribadi dengan lebih mudah karena potongan untuk tabungan berjangka diambil terlebih dahulu setiap bulannya.

4. Mudah dan Aman

Menggunakan tabungan berjangka akan membuat uang lebih aman karena tidak tercampur dengan tabungan biasa. Lagipula tabungan berjangka juga tidak dilengkapi kartu debit sehingga uangnya tidak mungkin akan digunakan secara tidak sengaja.

Namun tidak hanya itu, uang yang tersimpan dalam tabungan berjangka milik bank terpercaya juga akan dijamin sepenuhnya oleh lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi tidak perlu khawatir bila sewaktu-waktu terjadi perubahan kebijakan ekstrim seperti likuidasi bank.

5. Bebas Biaya Admin

Beberapa bank seperti BCA atau OCBC NISP menyediakan tabungan berjangka yang bebas biaya admin. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan dua keuntungan sekaligus karena uang yang tersimpan tidak terpotong dan bunga yang didapat pun lebih tinggi.

6. Bisa Mendapat Bonus Asuransi

Tidak jarang nasabah tabungan berjangka juga akan mendapatkan benefit lain selain suku bunga yang tinggi.

Tergantung kebijakan masing-masing bank, ada yang menawarkan tabungan berjangka sekaligus layanan asuransi. Dengan begitu nasabah bisa mendapatkan proteksi bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.


Dengan suku bunga yang sebenarnya tidak terlalu tinggi, tabungan berjangka sebenarnya sulit untuk dibilang sebagai investasi. Namun jika kamu tidak memiliki rencana besar ke depan, kamu bisa memanfaatkan tabungan berjangka dibanding hanya mengendapkan uang dalam tabungan.

Tabungan berjangka semacam ini akan cocok untuk kamu yang ingin mengumpulkan dana yang akan digunakan dalam waktu dekat, entah untuk biaya nikah, pendidikan, atau sekedar traveling ke luar negeri.

Namun perlu diingat bahwa uang tabungan berjangka tidak bisa diambil sewaktu-waktu tanpa terkena penalti. Jadi pastikan kamu memiliki tabungan yang cukup agar kamu tidak kesulitan di saat darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *