5 Alasan Pentingnya Belajar Menolak dan Berkata ‘Tidak’ di Kantor

Dalam bekerja, kadang ada saja alasan-alasan yang bisa membuat kita menjadi tidak produktif, salah satunya adalah rasa tidak enakan saat ada yang meminta bantuan kita.

Meski tidak ada salahnya membantu orang lain saat kita sedang lapang, sifat tidak enakan kadang malah membuat kita kesulitan dan kerepotan sendiri, apalagi jika pada saat yang sama sebenarnya kita juga sedang cukup banyak pekerjaan.

Bila hal ini terjadi pada kamu, mungkin ini saatnya kamu belajar menolak dan berkata ‘tidak.’ Jika kamu masih ragu menolak permintaan orang lain, coba deh lihat beberapa alasan kenapa kamu perlu sesekali untuk bersikap bodo amat.

1. Setiap orang memiliki tanggung jawab masing-masing

Setiap orang di kantor memiliki job desk dan tanggung jawab masing-masing. Sebelum membantu orang lain, pastikan kamu sudah menyelesaikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu.

Lagipula ada baiknya jika kamu tidak langsung mengiyakan permintaan orang lain untuk membantu mereka. Lihat alasan di balik permintaan mereka dan tanyakan kenapa tanggung jawab tersebut tidak bisa mereka lakukan sendiri.

Jika ada alasan yang tidak logis dibalik itu, jangan ragu untuk berkata tidak.

2. Menghindari stress yang tidak perlu

Saat kamu memutuskan untuk membantu orang lain, maka pekerjaan kamu secara otomatis bertambah. Hal ini mungkin tidak akan sulit jika pekerjaan yang diminta memang sesuatu yang kita kuasai dan bisa dilakukan dengan cepat.

Namun jika pekerjaan yang diminta terlalu berat, niat kita untuk membantu orang lain malah bisa membuat kita stres. Belum lagi jika ada banyak hal lain di luar kendali kita yang membuat pekerjaan semakin rumit.

3. Menghemat energi

Memiliki sedikit waktu lapang saat bekerja mungkin akan sangat jarang kita miliki saat pekerjaan sedang menumpuk. Membantu orang lain justru akan menghabiskan waktu yang seharusnya berhak kita miliki.

Jadi saat ada seseorang yang meminta bantuan, sadarlah bahwa kamu akan mengeluarkan waktu dan energi ekstra yang mungkin akan lebih kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu sendiri.

4. Mencegah agar tidak dimanfaatkan orang lain

Di antara banyak permintaan, mungkin ada beberapa orang yang memang benar-benar kepepet dan berharap kamu bisa membantunya menyelesaikan masalah mereka saat itu juga. Namun tidak jarang ada rekan kerja yang memang memanfaatkan rekannya yang lain untuk menyelesaikan tugas mereka.

Lebih sering kamu mengiyakannya, maka semakin sering pula mereka meminta bantuanmu.

Untuk itulah kamu harus bisa mengenali karakter rekan-rekan kerjamu. Jika kamu merasa disetir orang lain, bersikaplah lebih tegas dan mulailah katakan ‘tidak’ pada semua permintannya.

5. Membuat hidup lebih nyaman

Jika kamu adalah orang yang mengatur semua jadwal harian kamu dengan rapih, maka menolak dan berkata tidak akan membuat pekerjaan menjadi lebih terasa ringan tanpa ada rasa khawatir akan ada orang lain yang mengganggu jadwal kerjamu. Pekerjaan pun bisa diselesaikan tepat waktu dan kamu pun bisa mendapatkan imbalan atau kerja kerasmu sendiri.


Menolong rekan kerja yang lain tentu bukanlah masalah selama kamu memiliki banyak waktu luang dan kemampuan untuk mengerjakannya. Meski begitu kamu harus bersikap hati-hati agar kebaikanmu tidak dimanfaatkan oleh rekan kerja yang lain.

Jika kamu merasa akan mengalami kerugian saat ikut membantu orang lain, tidak ada salahnya kok menolak dan berkata ‘tidak’ tanpa khawatir akan menyakiti perasaan orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *