Traveling

6 Alasan Kenapa Kamu Harus Coba Road Trip dengan Mobil

Ada banyak alasan kenapa road trip menjadi salah satu cara bepergian yang kini banyak digandrungi. Jika kamu belum pernah mencobanya, road trip bisa masuk dalam bucket list kamu selanjutnya.

Buat yang belum tahu, road trip adalah perjalanan liburan yang dilakukan menggunakan kendaraan, umumnya mobil. Meski bisa dilakukan sendiri, road trip akan jauh lebih seru jika dilakukan bersama saudara ataupun teman.

Dengan rute perjalanan yang bisa kita tentukan sendiri, road trip bisa membawa pengalaman baru yang sama serunya dengan jalan-jalan biasa. Jika kamu masih ragu, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba road trip dengan mobil setidaknya satu kali.

1. Hemat

Road trip bisa jadi salah satu cara kamu untuk menghemat biaya perjalanan.

Jika kamu ingin menggunakan rute yang tidak mainstream, kamu bisa membawa peralatan memasak dan membuat makanan kamu sendiri.

Selain hemat biaya makan, kamu juga bisa memanfaatkan kendaraan atau membawa tempat camping sebagai tempat tidur agar kamu bisa menghemat biaya penginapan. Cocok untuk kamu yang ingin menunjungi tempat wisata alam di perbukitan atau daerah sekitar pantai.

2. Bisa Mengunjungi Banyak Tempat Sekaligus

Road trip adalah cara yang tepat jika kamu ingin mengunjungi beberapa tempat sekaligus dalam satu kali perjalanan dengan mudah. Hal ini tentu akan sulit dilakukan menggunakan trasnportasi umum biasa seperti bis, kereta, apalagi pesawat.

Selain itu road trip menggunakan mobil juga bisa membawa kamu mengeksplorasi banyak rute baru yang rasanya akan sulit dijangkau oleh moda trasportasi konvensional

3. Bebas Menikmati Waktu yang Ada

Berkendara menggunakan mobil sendiri membuat kita tidak tergantung pada jadwal penerbangan atau keberangkatan kereta.

Kita bebas menentukan sendiri kapan kita akan melanjutkan perjalanan atau menentukan berapa lama kita tinggal di sebuah tempat.

Selain itu kita juga bebas untuk mengubah rencana perjalanan kita bila kita menemukan tempat menarik lain yang ingin dikunjungi.

4. Bonding dengan Teman Seperjalanan

road trip dengan mobil jadi ajang utuk mempererat ikatan kamu dengan rekan seperjalanan

Perjalanan road trip akan lebih berkesan saat kita melakukannya bersama saudara atau teman dekat. Dengan waktu perjalanan yang panjang dan banyak hal yang harus dilakukan, road trip bisa menjadi ajang untuk mempererat bonding antara kamu dan rekan seperjalananmu.

5. Dapat Pengalaman Baru yang Lebih Seru

Meski tidak akan selalu berjalan mulus, pengalaman yang kamu dapat selama road trip dijamin jadi cerita menarik untuk kamu simpan nanti.

Rute perjalanan yang tidak biasa dan pemandangan seru yang kamu dapat selama perjalanan tentu jadi pengalaman menarik yang sangat seru untuk dibagikan.

Namun momen-momen yang tidak mengenakan seperti tersesat atau mogok di jalan pun bisa jadi cerita seru saat kamu nongkrong lagi bareng teman-teman seperjalananmu.

6. Bisa Menikmati Kearifan Lokal

Hal ini rasanya akan sulit dilakukan jika kamu lebih memiih untuk mengunjungi tempat wisata yang mainstream. Road trip memungkinkan kamu untuk berhenti di manapun dan kapanpun sehingga kita bisa menikmati kearifan lokal mulai dari sekadar beramah tamah dengan penduduk sekitar atau merasakan racikan kuliner khas di setiap tempat yang kita lalui.

7. Aman

Last but not least, berkendara menggunakan mobil juga lebih aman selama kita bisa memilih jalur yang baik. Hal ini akan sangat terasa saat kita membawa begitu banyak barang yang akan sulit dipantau saat kita berkendara menggunakan transportasi umum.

Meski begitu kita juga tetap harus berjaga-jaga, terutama ketika kendaraan diletakan di tempat yang sulit diawasi. Jadi pastikan kamu tetap selalu membawa barang-barang berharga saat bepergian cukup jauh dari kendaraan.


Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus mencoba road trip setidaknya sekali dalam hidupmu. Dengan pengalaman seru yang bisa kamu dapat, road trip bisa memberi kamu memori yang patut kamu ingat. Pastikan saja kamu menggunakan mobil yang cocok untuk road trip agar perjalanmu nyaman dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *