Mengenal komponen AC central dan manfaat menggunakannya
Gadget

Mengenal Komponen dari AC Central dan Manfaat Menggunakannya

AC menjadi salah satu teknologi yang diperlukan oleh kebanyakan orang untuk ditaruh di dalam ruangan. Bagaimana tidak, adanya AC mampu memberikan kenyamanan dan kesejukan saat beraktivitas di dalam ruangan. Terlebih, jikalau musim kemarau tiba. Cuaca panas akan terasa menyengat sekali dan berpotensi membuat kita terkena dehidrasi.

Saat ini, AC sudah banyak ditemui di berbagai ruangan, entah itu di dalam rumah, kantor, apartemen, hingga tempat umum seperti mall. Nah, bagi yang belum tahu, AC itu mempunyai beragam jenis, lo, mulai dari AC split, multi split, central, hingga cassette. Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai AC central.

Pada hakikatnya, AC central biasanya digunakan untuk tempat-tempat umum seperti perkantoran dan mall. Akan tetapi, tak jarang juga AC central untuk rumah tinggal demi tingkat kenyamanan yang tinggi. Pasalnya, AC central dinilai tidak terlalu mengeluarkan suara berisik seperti AC-AC lainnya.

Nah, jenis AC yang satu ini mempunyai beragam komponen yang harus kamu ketahui

1. Chiller

Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan komponen yang satu ini. Chiller merupakan komponen bagian utama yang bekerja untuk mendinginkan air. Setelah itu, air yang dingin didistribusikan ke FCU.

Secara umum, chiller mempunyai tiga jenis, yaitu water cooler yang berbasis air, air cooler yang memanfaatkan udara dan AHU.

2. AHU

AHU merupakan singkatan dari Air Handling Unit. Pada dasarnya, AHU adalah mesin konversi kalor di mana udara panas yang berada di ruangan dialirkan melewati coil pendingin, lalu digantikan dengan udara dingin. Istilah lain untuk AHU adalah unit pengana udara.

3. Cooling tower

Pernah mendengar istilah yang satu ini? Cooling tower adalah komponen AC central yang hanya ada untuk jenis kompresor water cooler. Cooling tower berfungsi untuk melewati air panas yang berasal dari filamen cooling tower, kemudian dihembus oleh udara dengan mesin blower yang memiliki suhu rendah.

Nah, itu dia tiga komponen utama dari AC central yang wajib kamu ketahui. Jika kamu pakai AC central, baik di rumah atau kantor, akan ada beragam manfaat yang didapatkan seperti:

  • Tidak mengeluarkan suara berisik
  • Menghasilkan udara yang berkualitas
  • Tidak merusak desain interior
  • Hemat biaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *