jadi lebih produktif dengan smartphone
Gadget, Produktivitas

13 Tips agar Lebih Produktif Memakai Smartphone

Smartphone bagaikan pedang bermata dua. Di satu sisi kecanggihan teknologinya bisa membuat kamu melakukan banyak hal. Tapi di sisi lain, kamu juga bisa terlena dan menghabiskan banyak waktu serta membuat kamu tidak produktif.

Hape sendiri menjadi salah satu distraksi dalam bekerja atau belajar. Padahal bila digunakan dengan tepat, hape tidak perlu menjadi distraksi dan bisa dimanfaatkan untuk membuatmu mencapai lebih banyak hal.

Nah, agar kamu bisa lebih produktif saat menggunakan smartphone, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan!

1. Matikan Notifikasi

Setiap aplikasi kini berlomba-lomba untuk menarik perhatian kamu agar mau meluangkan waktu lebih lama. Tidak hanya aplikasi berita, tapi juga aplikasi sosial media hingga game.

Saat menerima notifikasi, kebanyakan dari kita akan langsung melihat hape bukan? Inilah yang membuat smartphone menjadi distraksi terbesar yang membuat kamu kurang produktif. Belum lagi saat terinterupsi, akan butuh waktu cukup lama bagi sebagian orang untuk kembali melakukan aktivitas mereka.

Makanya, hal pertama yang bisa dilakukan agar smartphone tetap bisa membuat kamu produktif adalah dengan mematikansemua notifikasi yang mengganggu.

2. Hapus Aplikasi Sosial Media

Sebagai aplikasi yang seringkali menyedot paling banyak perhatian di antara aplikasi lainnya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menghapus semua aplikasi sosial media di hape kamu, apalagi jika kamu tidak menggunakannya untuk tetap terhubung dengan keluarga atau untuk keperluan bisnis.

Saat akan menghapusnya, kamu bisa memilah-milih hal apa saja yang kamu lakukan menggunakan akun sosial media tersebut. Jika aktivitas kamu lebih banyak untuk mengikuti berita viral atau sekedar beradu opini dengan orang asing, cobalah sesekali menjauh dari aplikasi tersebut.

3. Gunakan Telepon Langsung

Kebanyakan dari kita kini lebih memilh untuk menghubungi seseorang melalui pesan WhatsApp dibanding SMS atau menelpon langsung. Padahal hal ini akan sangat kontra produktif karena kamu selalu mengharapkan balasan setiap kali kamu meletakan hape.

Jadi daripada menunggu lama untuk saling berbalas pesan, pangkas waktu komunikasi dengan menelpon langsung agar masalah dapat selesai saat itu juga.

4. Gunakan Aplikasi To-Do List

Aplikasi To-Do list adalah aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membuat daftar tugas dan mencatat hal-hal penting langsung dari hape. Dengan begitu kita bisa merencanakan hari kita dan tidak melupakan tugas yang harusnya diselesaikan.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur reminder serta sinkronisasi dengan beragam perangkat yang pastinya akan membuat kita lebih produktif.

5. Simpan Dokumen Penting di Cloud

Jika dulu dokumen office hanya bisa disimpan dan diedit melalui komputer atau laptop, kini kita bisa dengan mudah melakukannya langsung dari smartphone. Berbagai aplikasi pun tersedia agar kita bisa mengolah beragam dokumen mulai dari Word, Excel, PDF, atau bahkan Power Point.

Agar dokumen tersebut tersimpan dengan aman dan dapat diakses dari perangkat yang berbeda, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan layanan cloud storage. Beberapa layanan menyediakan storage gratis hingga di atas 5GB dan memiliki aplikasi built-in agar kamu juga bisa membuka dokumen langsung dari storage tersebut.

6. Mendengarkan AudioBooks

Membaca jadi salah satu aktivitas terbaik untuk mengisi waktu luang denganhal produktif. Namun kegiatan ini akan sulit dilakukan jika kamu berada di tempat umum atau ketika sedang bepergian ke kantor atau sekolah.

Sebagai gantinya, kamu bisa mendengarkan audiobooks yang merupakan versi audio dari buku favoritmu. Dengan begitu kamu bisa mendengarkannya di jalan atau saat menunggu orang lain agar waktu luangmu lebih produktif.

7. Mendengarkan Podcast

Sebagai alternatif audiobooks, kamu juga bisa mendengarkan podcast untuk mengisi waktu luang. Beda dari audiobooks, kebanyakan podcast bisa didengar secara gratis. Temanya pun sangat beragam dan kamu pun bisa mendengar informasi bermanfaat dari berbagai pakar di bidangnya.

8. Jangan Hanya Gunakan Kamera untuk Selfie Saja

Kamera biasanya digunakan untuk mengabadikan momen-momen penting. Padahal kamera smartphone juga bisa jadi salah satu alat yang bisa membuat kamu lebih produktif.

Sebagai contoh, beberapa aplikasi OCR dapat membantu kamu ‘menangkap’ tulisan pada sebuah gambar menjadi teks. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kamera untuk menyimpan kartu nama orang lain agar tidak mudah hilang.

Tidak hanya itu, beberapa aplikasi keuangan bahkan bisa menggunakan kamera untuk memindai struk belanja agar kita bisa mencatat semua pengeluaran yang kita lakukan.

9. Beli Earphone/Headset Bluetooth yang Berkualitas

Jika kamu akan sering memakai smartphone untuk mendengarkan audiobooks atau podcast, ada baiknya jika kamu berinvestasi pada earphone atau headset bluetooth yang berkualitas.

Dengan perangkat yang baik, kamu bisa mendengar audio dengan lebih baik pula. Koneksi blutooth pun tidak akan membuat kamu repot dengan kabel-kabel yang mengganggu.

10. Atur Layar Home Screen agar Bisa Menunjang Produktivitas Kerja

Layar home screen jadi tampilan pertama yang akan kamu lihat saat membuka smartphone. Jika dikustomisasi, smartphone bisa menjadi salah satu senjata ampuh yang bisa membuat kamu lebih produktif.

Sebagai contoh, kamu bisa menempatkan aplikasi yang biasa kamu gunakan untuk bekerja di layar home screen. Selain itu kamu juga bisa menampilkan kalender atau sticky notes berisi daftar tugas yang harus kamu kerjakan pada hari itu.

11. Membaca E-Book

Membaca buku jadi kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan di waktu senggang. Sebagai alternatif, kamu juga bisa mengganti buku dengan e-book (electronic book) yang kini mudah dijumpai seiring bertambah canggihnya smartphone. Cukup dengan modal hape saja, kamu bisa membaca buku favoritmu di mana saja dan kapan saja tanpa perlu membawa buku fisik.

12. Gunakan Password Manager

Mengingat password bisa menjadi hal yang sulit, apalagi jika kita memiliki banyak akun online. Belum lagi maraknya tindak kejahatan online memaksa kita untuk memiliki password yang berbeda-beda untuk setiap akun agar tidak mudah dibobol orang lain.

Selain itu beberapa website juga mengharuskan kita untuk membuat password menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan sebuah simbol. Tentu akan semakin sulit untuk mengingat semua password tersebut bukan?

Untuk memudahkannya, kita bisa memakai aplikasi password manager. Dengan begitu kita hanya perlu mengingat satu master password saja dan aplikasi tersebut akan mengingat password lainnya.

Dengan aplikasi ini, kamu tidak perlu mengingat semua password karena setiap kali login data-data kamu akan dimasukan secara otomatis. Kamu pun bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat password rumit yang akan sangat sulit untuk dipecahkan orang lain.

13. Jangan Bawa Hape Saat Tidur

Beberapa saat menjelang tidur, ada baiknya kamu menutup hape dan menyimpannya di tempat lain. Menatap layar hape menjelang tidur akan membuat kamu tertidur lebih lama sehingga waktu tidur kamu berkurang. Belum lagi jika ada notifikasi getar yang kemungkinan besar akan menggangu kualitas tidur kamu nantinya.


Dengan segala kelebihannya, smartphone bisa jadi alat apa saja sesuai dengan keinginan kita, entah itu untuk bersenang-senang atau untuk bekerja. Jika kamu ingin bisa lebih produktif menggunakan smartphone, beberapa tips di atas bisa kamu lakukan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *