6 Manfaat Memiliki Asuransi Mobil yang Harus Kamu Tahu

manfaat asuransi mobil untuk menjaga dan mengganti kerusakan dan kehilangan kendaraan

Asuransi adalah salah satu cara kita untuk melindungi benda yang kita miliki, termasuk kendaraan. Jadi jika kamu memiliki mobil yang sering digunakan, memiliki asuransi mobil patut kamu pertimbangkan melihat beragamnya manfaat yang bisa diperoleh.

Mengingat ada banyak hal yang bisa menimbulkan risiko pada kendaraan roda empat di jalanan, memiliki asuransi mobil akan memberikan rasa aman. Selain memberikan perlindungan terhadap kerusakan, asuransi mobil juga bisa jadi salah satu cara kita untuk merencanakan keuangan.

Jika kamu masih ragu, simak dulu yuk beberapa manfaat memiliki asuransi mobil berikut ini.

Manfaat Asuransi Mobil

1. Meminimalisir kerugian akibat pencurian mobil

Dengan harganya yang relatif mahal, mobil adalah barang mewah yang tidak mudah dimiliki. Makanya kendaraan roda empat seringkali menjadi sasaran bagi komplotan pencuri.

Untuk itulah setiap pemilik kendaraan mobil juga harus cerdik dalam menjaga keamanan mobil mereka masing-masing. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat pengaman tambahan serta memarkir mobil di tempat yang relatif lebih aman.

Sayang kadang ada banyak hal yang berada di luar kendali kita. Jadi potensi kecurian akan selalu ada meski risikonya kecil. Untuk itulah kita memerlukan asuransi mobil. Jadi ketika mobil hilang karena dicuri, kerugian tidak akan kita tanggung sendiri.

2. Melindungi dari risiko kerusakan

Selain meminimalkan kerugian akibat kehilangan, asuransi mobil juga bisa memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang kemungkinan terjadi. Hal ini akan sangat penting mengingat kecelakaan bukanlah hal yang bisa kita prediksi. Tidak hanya itu, beberapa asuransi mobil juga bisa melindungi mobil dari hal-hal yang tidak terduga seperti tertimpa pohon dan lain sebaginya.

Jadi jika suatu saat mobil mengalami kerusakan di jalan, kita bisa lebih tenang karena kita bisa menghemat biaya perbaikan.

3. Menjaga nilai kendaraan

Karena bisa melindungi mobil dari kerusakan, secara tidak langsung asuransi mobil akan menjaga nilai kendaraan kita. Dengan begitu harga jual mobil tidak akan jatuh terlalu banyak karena kondisinya yang relatif baik.

4. Mendapatkan fasilitas tambahan

fasilitas tambahan mobil derek yang ditawarkan asuransi mobil

Asuransi mobil umumnya terbagi dua jenis, yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Lost Only (TLO). Asuransi mobil All Risk menjamin biaya perbaikan kendaraan sementara asuransi mobil Total Lost Only mampu mengganti unit kendaraan secara keseluruhan.

Namun selain mendapatkan perlindungan dari kerusakan dan kehilangan, pemilik asuransi mobil juga bisa mendapatkan banyak fasilitas menarik lainnya seperti derek mobil siap panggil, ambulan, hingga layanan servis melalui telepon yang sedia 24 jam.

5. Pengalihan tanggung jawab ke pihak ketiga

Banyak jenis asuransi mobil memungkinkan kita untuk mengalihkan tanggung jawab kita ke pihak ketiga. Jadi jika suatu saat kita mengalami kecelakaan yang melibatkan orang lain, maka pihak asuransi dapat mengambil alih tanggung jawab kita dalam menyelesaikan masalah ganti rugi yang berpotensi muncul.

6. Perencanaan keuangan yang lebih baik

Manfaat memiliki asuransi mobil yang terakhir adalah sebagai salah satu instrumen yang bisa membantu kita merencanakan keuangan dengan lebih baik.

Ketika kita mengalami masalah dengan kendaraan, biaya yang harus dikeluarkan kadang bisa cukup besar dan menguras isi tabungan. Jadi hal ini bukanlah hal yang mudah untuk diprediksi.

Namun dengan memiliki asuransi, kita hanya perlu membayar biaya premi bulanan yang biayanya tetap. Ketika mobil hilang atau mengalami kerusakan, kita tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar karena sudah diurus oleh pihak asuransi.

Dengan begitu, masalah yang berkaitan dengan mobil tidak akan mengganggu rencana keuangan yang sudah kita susun dengan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *