manfaat asuransi perjalanan
Keuangan, Traveling

6 Manfaat Asuransi Perjalanan yang Bikin Traveling Lebih Nyaman

Asuransi mungkin menjadi hal terakhir yang akan terlintas di benak kita saat menyiapkan keperluan untuk bepergian. Padahal manfaat asuransi perjalanan akan membuat traveling kita menjadi lebih aman dan nyaman. Kita pun tidak perlu khawatir jika muncul biaya-biaya tak terduga saat kita asik menjelajahi tempat-tempat baru.

Tidak hanya itu, asuransi perjalanan juga menjadi salah satu syarat wajib bagi yang ingin membuat visa Schengen untuk mengunjungi negara-negara Uni Eropa. Jadi pastikan kamu sudah memilikinya sebelum mengunjungi tempat tersebut.

Nah, buat kamu yang sering jalan-jalan atau bepergian untuk keperluan bisnis, simak dulu yuk beberapa alasan kenapa kamu harus membeli asuransi perjalanan.

1. Menanggung Biaya Perawatan Medis

Meski kita sudah menjaga kesehatan dengan baik, tidak ada yang dapat menjamin jika kita akan selalu fit saat waktu bepergian tiba. Faktor kelelahan dan perbedaan cuaca bisa saja membuat kita sakit serta membuat rencana perjalanan kita berantakan.

Jika kita tidak mengantisipasi hal ini, siap-siap saja keluar uang lebih banyak untuk berobat ke dokter atau melakukan perawatan medis.

Bila biayanya cukup murah mungkin tidak akan masalah. Tapi bagaimana jika kita jatuh sakit di tempat yang memiliki biaya perawatan yang mahal?

Hal inilah yang membuat beberapa negara seperti Amerika Serikat atau Jepang menganjurkan para wisatawan untuk memiliki asuransi perjalanan karena biaya tinggi rumah sakit di sana seringkali membuat para pelancong kesulitan.

Dengan adanya asuransi perjalanan, biaya perawatan medis seperti layanan darurat 24 jam, ambulans, rawat inap, tindakan operasi, hingga pemakaman dapat ditanggung oleh pihak asuransi.

2. Mengganti Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Kasus yang cukup sering terjadi saat bepergian adalah adanya kasus kerusakan atau bahkan kehilangan bagasi. Selain karena faktor kelalaian, hal semacam ini juga bisa terjadi karena adanya tindak kejahatan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hal semacam ini memang tidak dapat dicegah. Namun dengan memiliki asuransi perjalanan, kerugian akibat kerusakan dan kehilangan bagasi bisa diminimalisir dengan mudah.

3. Membiayai Dokumen Perjalanan yang Hilang

asuransi perjalanan berguna untuk mengganti biaya dokumen yang hilang

Selain bagasi, benda lain yang kehilangannya ditanggung oleh asuransi perjalanan adalah dokumen-dokumen penting seperti paspor atau tiket. Jadi tidak perlu panik jika suatu saat dokumen penting tersebut tidak bisa kamu temukan.

4. Kompensasi Keterlambatan atau Pembatalan Perjalanan

Saat bepergian, penundaan atau pembatalan perjalanan adalah risiko yang mungkin muncul saat kita menggunakan moda transportasi umum. Tidak hanya membuat rencana perjalanan kita berantakan, tidak jarang kita harus mengeluarkan uang tambahan untuk menutupi biaya perjalanan yang tidak terduga akibat masalah tersebut.

Sebagai solusi, kita bisa membeli asuransi perjalanan terbaik yang menawarkan dan menyediakan pertanggungan jika transportasi kita mengalami keterlambatan atau pembatalan.

Bentuk kompensasi yang diberikan bisa bermacam-macam mulai dari penggantian tiket, refund, hingga menginap gratis di hotel yang bekerja sama dengan maskapai penerbangan tersebut.

5. Menanggung Kerugian Akibat Terorisme dan Bencana Alam

Meski peluangnya kecil, faktor force majeure seperti bencana alam, pandemi, hingga terorisme bisa saja menggangu rencana perjalanan kita. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, tidak ada salahnya memiliki asuransi perjalanan yang bisa menutupi biaya akibat hal-hal di luar yang tidak terduga tersebut.

6. Pertanggungan Terhadap Risiko Cacat dan Kematian

Mudah-mudahan hal ini tidak menimpamu saat bepergian, tapi kecelakaan bisa terjadi pada siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Efek dari kecelakaan bisa bermacam-macam, namun yang terparah bisa menyebabkan cacat permanen atau bahkan kematian.

Pada kasus kecelakaan yang menyebabkan cacat, asuransi perjalanan bisa membantu menanggung penghasilan kita selama proses penyembuhan. Pada kasus cacat permanen hingga kematian, asuransi perjalanan akan menawarkan benefit seperti pada asuransi jiwa pada umumnya.


Bagaimana? ada banyak kan manfaat asuransi perjalanan yang bisa kita nikmati? Jadi jika kamu sering jalan-jalan atau bepergian ke tempat-tempat yang jauh, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli asuransi perjalanan sejak sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *