manfaat bangun di pagi hari menurut sains
Produktivitas

7 Manfaat Bangun Pagi Menurut Sains

Sejak kecil orang Indonesia sudah dibiasakan untuk bangun lebih awal. Selain untuk menunaikan ibadah bagi umat muslim, hal ini dilakukan karena aktivitas sekolah dan ngantor yang umumnya dilakukan sejak pagi hari.

Namun bukan sekedar kebiasaan saja, ternyata bangun pagi juga punya banyak manfaat lho! Dan bukan cuma ucapan mulut saja, beberapa manfaat bangun pagi berikut juga sudah terbukti secara sains melalui banyak penelitian.

1. Mencerdaskan Otak

Hey, siapa sangka bangun pagi ternyata baik untuk membuat otak lebih cerdas.

Mengutip dari inspiyr.com, sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Texas di tahun 2008 menemukan bahwa mahasiswa yang bangun di pagi hari ternyata memiliki nilai GPA yang lebih baik dibanding mereka yang lebih sering begadang.

2. Lebih Bahagia

Bila kamu ingin bahagia, salah satu langkah mudah yang bisa kamu lakukan adalah bangun lebih pagi.

Mengutip dari livescience.com, kecenderungan remaja untuk begadang akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia mereka. Makanya banyak orang dewasa yang lebih tua yang cenderung lebih bahagia dibanding mereka yang masih berusia lebih muda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto mendapatkan hasil yang mendukung hal tersebut. Dari 435 orang berusia 17-38 tahun dan 297 orang berusia 59-79, ditemukan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kondisi emosional mereka adalah waktu. Dan orang yang rata-rata bangun pagi di kedua kelompok tersebut setuju bahwa bangun di pagi hari membuat mereka lebih bahagia.

3. Lebih Menyehatkan

Masih dari penelitian yang sama, ditemukan juga bahwa orang yang bangun pagi memliki kondisi yang lebih sehat dibanding mereka yang senang begadang. Jadi tidak hanya membuat tubuh terasa lebih segar, bangun di pagi hari juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Meski belum ada penjelasan detail, hal ini dipercaya terjadi karena jam biologis manusia yang secara natural lebih memilih untuk mulai beraktivitas di pagi hari dibanding siang atau malam hari.

4. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat bangun di pagi hari yang tidak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan produktivitas. Selain memiliki energi yang masih melimpah dan kondisi otak yang bugar, suasana di pagi hari yang masih sunyi juga membuatnya baik untuk melakukan banyak aktivitas secara optimal.

Hal ini diamini oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh Christopher Randler dari Universitas Pendidikan di Heidelberg. Mengutip dari situs 99u.adobe.com, hasil survey dari 367 siswa menemukan bahwa mereka merasa lebih berenergi dan mampu melakukan lebih banyak hal di pagi hari.

Agar kamu lebih produktif lagi di pagi hari, kamu bisa memulai hari dengan meminum secangkir kopi, memberikan mindset yang positif, serta melakukan olahraga ringan untuk menyegarkan tubuhmu.

5. Lebih Proaktif

Masih dari studi yang sama, Christopher Randler juga menemukan bahwa mereka yang bangun lebih awal cenderung proaktif dan bisa melakukan bisnis dan pekerjaannya dengan baik.

Tidak hanya membuat kamu bekerja dengan leboh optimal, sikap proaktif juga membuat mereka yang bangun pagi lebih bisa mengantisipasi masalah dan meminimalisirnya dengan baik.

6. Membangun Optimisme dan Rasa Percaya Diri

bangun lebih pagi agar lebih optimis dan percaya diri

Tidur sesuai jam biologis manusia di malam hari membuat tubuh akan lebih rileks, tidur lebih lama, dan meningkatkan kualitas tidur yang ujung-ujungnya berpengaruh pada kesehatan.

Dari sebuah jurnal yang dipublikasikan di National Library of Medicine, ada bukti kuat yang mengaitkan antara karakteristik positif seperti optimisme dan kepercayaan diri, dengan kesehatan yang dipengaruhi oleh kualitas tidur.

Dari 1800 lebih peserta antara umur 30-84, mereka yang cukup tidur memiliki karakter positif yang lebih baik. Meksi begitu terlalu lama tidur justru memberikan efek yang negatif dan membuat tingkat optimisme dan kepercayaan diri turun.


Itulah beberapa manfaat bangun tidur yang sudah dibuktikan oleh sains melalui survey dan berbagai macam penelitian. Jadi jika kamu ingin mengubah pola hidup kamu ke arah yang positif, kamu bisa memulainya dengan bangun lebih pagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *