manfaat investasi
Keuangan

5 Manfaat Investasi yang Sayang untuk Dilewatkan

Menabung menjadi cara paling umum untuk menyimpan sebagian uang penghasilan kita. Padahal ada banyak cara lain yang lebih produktif untuk menyimpan uang tersebut, salah satunya melalui investasi.

Berbeda dengan menabung, mengalokasikan dana untuk berinvestasi berpotensi mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Jika dilakukan dengan perencanaan yang matang, investasi bahkan bisa membuat kita mendapatkan passive income dan financial freedom.

JIka kamu masih ragu untuk memulainya, berikut adalah beberapa manfaat investasi yang sayang untuk dilewatkan.

1. Meningkatkan Nilai Aset dan Kekayaan

Satu manfaat penting investasi adalah untuk meningkatkan nilai aset dan kekayaan yang kamu miliki.

Saat menabung, kamu memang akan mendapatkan bunga yang akan menambah jumlah saldo dalam rekeningmu. Namun hasil yang didapat mungkin tidak akan sebesar potongan biaya administrasi bulanan yang dikenakan oleh bank, terutama jika kamu menabung dalam jumlah kecil.

Hal ini tentu sangat berbeda dengan investasi yang bisa meningkatkan nilai kekayaan lebih besar. Dalam jangka panjang, total kekayaanmu akan meningkat drastis dibanding mengendapkan uang dalam bentuk tabungan.

2. Menghindari Inflasi

Inflasi adalah menurunnya nilai mata uang yang lazim terjadi di semua negara setiap tahunnya. Dengan adanya inflasi, nilai kekayaan kita akan menurun meski jumlahnya tetap sama.

Sebagai contoh, jika tahun ini sejumlah uang bisa digunakan untuk membeli sepetak tanah, tahun berikutnya jumlah uang yang sama mungkin tidak akan cukup meski kita membelinya di lokasi yang sama.

Untuk menghindari inflasi dan mengamankan nilai kekayaan kita, maka tingkat suku bunga harus lebih tinggi dibanding inflasi.

Sayangnya nilai suku bunga seringkali tidak sebesar nilai inflasi sehingga kekayaan kita akan tergerus setiap tahunnya.

Dengan mengalokasikan sebagian dana untuk investasi, kita bisa mendapatkan imbal hasil yang persentasenya lebih tinggi dari nilai inflasi. Dengan begitu kekayaan kita tidak akan berkurang, dan malah terus bertambah seiring naiknya inflasi.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Masa Depan

Manfaat investasi lainnya adalah untuk membantu mempersiapkan berbagai kebutuhan di masa depan, mulai dari pendidikan, kesehatan, kepemilikan aset atau properti, dan lain sebagainya. Dengan investasi yang tepat, kamu bisa mendapatkan kepastian finansial dalam meraih semua impianmu.

4. Mendapatkan Efek Compounding

Saat melakukan investasi, kamu berpeluang besar untuk mendapatkan lebih banyak untung melalui efek compounding.

Efek compounding atau bunga bergulung dapat diperoleh jika kamu memutar kembali imbal hasil yang didapat dari modal sebelumnya untuk kembali berinvestasi.

Dengan begitu bunga yang kamu dapat bisa menghasilkan bunga lainnya sehingga untung yang kamu dapat lebih banyak dibanding sebelumnya.

5. Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Berinvestasi sejak saat ini dapat membantu kamu untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Dengan begitu kamu lebih siap pensiun dan tidak perlu mengkhawatirkan uang di masa tua.

Jadi selain dengan menabung, kamu bisa memanfaatkan efek compounding pada investasi agar kamu memiliki lebih banyak uang pada investasi jangka panjang.

6. Mencapai Financial Freedom

Financial freedom adalah kondisi di mana kamu bisa merasa bebas dalam urusan finansial. Kamu pun bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu aktif bekerja. Manfaat investasi ini bisa kamu dapat dengan rutin berinvestasi mulai dari sekarang.


Itu dia beberapa manfaat investasi yang bisa kamu dapatkan. Dengan perencanaan keuangan yang matang, kamu bisa meningkatkan nilai kekayaan dan menjamin hari tuamu kelak. Jadi, mulailah berinvestasi dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *