manfaat mencuci dan membersihkan bagian bawah mobil
Otomotif

Manfaat Menjaga Kebersihan Bagian Bawah Mobil

Bagian bawah mobil, alias kolong mobil jadi salah satu area yang jarang mendapatkan perhatian saat kita mencuci mobil sendiri di rumah. Tidak heran karena letaknya tersembunyi dan cukup sulit untuk dijangkau agar bisa dibersihkan secara detail.

Padahal dibandingkan bagian mobil lainnya, bagian bawah kendaraan pasti jadi tempat yang paling sering kotor karena letaknya paling dekat dengan jalanan. Apalagi jika kendaraan digunakan pada musim hujan atau pada kondisi jalanan yang becek, kolong mobil tentunya akan lebih mudah penuh dengan kotoran bukan?

Hal ini tentu harusnya menjadi perhatian serius bagi pemilik mobil karena pada bagian bawah mobil terdapat beragam komponen vital mulai dari sistem suspensi, sistem kemudi, serta sistem pengereman.

Kotoran yang menempel teralalu lama dapat menyebabkan berbagai masalah dan akan mempercepat kerusakan komponen mekanis bila sampai menyusup ke celah atau sambungan antar komponen.

Tidak hanya itu, kotoran yang menempel juga dapat membuat kolong mobil menjadi tampak kusam dan berpotensi menimbulkan karat jika lama tidak dibersihkan. Tentu akan sangat repot bukan bila karat mulai menggerogoti bagian bawah mobil dan membuat perbaikan menjadi lebih mahal?

Bagi pemilik mobil tua, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius karena mobil-mobil baru umumnya masih memiliki lapisan anti-karat yang masih berfungsi dengan baik.

Tidak jarang kotoran tersebut dapat menggganggu kinerja mobil-mobil lama meski bisa kembali seperti semula setelah kotoran dibersihkan secara menyeluruh.

Membersihkan kolong mobil sendiri sebenarnya bisa saja dilakukan sendiri dari rumah dengan perlengkapan cuci mobil yang tepat. Namun untuk kamu yang tidak mau repot, kini ada banyak tempat cuci mobil yang menyediakan dongkrak atau lifter untuk mengangkat mobil serta platform yang memungkinkan bagian bawah mobil untuk dibersihkan secara sempurna.

Bila perlu, lakukan hal ini secara rutin, setidaknya setiap 2 minggu sekali atau lebih sering bila sedang cuaca hujan. Dengan begitu komponen penting mobil dapat bekerja sempurna dan mobil pun akan awet dipakai dalam waktu yang lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *