manfaat rotasi ban mobil secara rutin
Otomotif

3 Manfaat Rotasi Ban Secara Rutin

Sebagai satu-satunya bagian mobil yang terkena dengan jalan, ban harus mendapat perhatian serius agar mobil dapat berjalan dengan sempurna.

Selain membuatnya bersih dan menggantinya saat mulai aus, cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat ban adalah dengan melakukan rotasi ban mobil secara berkala.

Hal ini sekilas sepele, apalagi ban mobil memiliki bentuk mirip. Padahal jika dilakukan, rotasi ban akan memberi manfaat sebagai berikut.

1. Membuat Telapak Ban Menjadi Rata

Manfaat rotasi ban mobil yang pertama adalah untuk membuat keempat telapak ban mobil menjadi rata. Tergantung cara mengemudi dan lokasi yang sering digunakan, keempat ban biasanya memiliki tingkat keausan yang berbeda-beda.

Belum lagi jika mobil sering digunakan untuk mengangkut barang atau orang dalam jumlah banyak. Ada kemungkinan besar ban menopang beban yang berbeda-beda yang tentu juga sangat mempengaruhi performa ban.

Dengan melakukan rotasi, ban akan menopang beban yang sama secara bergantian. Dengan begitu tidak ada ban yang lebih cepat aus dibanding ban lainnya.

2. Memudahkan Pergantian Ban

Jika rotasi ban dilakukan secara rutin dan benar, maka umur ban akan habis mendekati masanya serta bisa saja terjadi secara bersamaan.

Dengan begitu, pemilik kendaraan roda empat akan lebih mudah melakukan pergantian ban karena tidak perlu bolak-balik ke bengkel untuk mengganti setiap ban satu-persatu.

Agar kondisi berkendara semakin nyaman, proses pergantian semua ban juga bisa dibarengi dengan proses spooring dan balancing.

3. Membantu Mendeteksi Masalah pada Ban Sejak Awal

Manfaat rotasi ban yang terakhir adalah untuk membantu mendeteksi masalah pada ban sejak dini. Dengan rotasi ban secara berkala, cacat pada ban dan komponen pendukungnya bisa diketahui lebih cepat dan menghindarkan pemilik mobil dari bahaya yang lebih besar.

Sebagai contoh, rotasi ban bisa membantu pengemudi untuk mengetahui kondisi terkini pada bagian karet ban. Selain itu proses buka pasang ban juga bisa membantu pemilik kendaraan untuk melihat kondisi mur dan baut pengencang pada velg mobil. Jadi tidak ada lagi masalah sulit buka baut ban mobil atau semacamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *