tips mempersiapkan dana pensiun sejak dini
Keuangan

7 Tips Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Pensiun dini mungkin tidak akan banyak terlintas di pikiran orang-orang yang masih dalam usia produktif. Namun justru di usia tersebutlah kita harus mempersiapkan diri agar kelak kita bisa pensiun dengan tenang. Semakin awal kamu mempersiapkannya, semakin banyak pula dana pensiun yang bisa kamu dapat.

Nah, jika kamu berencana untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Tentukan jumlah dana pensiun

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan kapan kamu ingin pensiun dan apa saja yang akan kamu butuhkan nantinya. Dengan begitu kamu bisa memperkirakan jumlah dana pensiun yang kamu butuhkan kelak.

Secara umum, banyak pakar keuangan yang menyarankan kamu untuk menyisihkan 10-15% penghasilan bulanan sebagai dana pensiun. Meski begitu jumlah ini dapat berubah tergantung banyaknya dana pensiun yang kamu targetkan.

Jika masih bingung, kamu bisa coba menghitungnya menggunakan kalkulator dana pensiun online. Cukup dengan mengatur beberapa variabel, kamu bisa mendapatkan perkiraan jumlah dana yang harus kamu sisihkan setiap bulannya.

2. Mulai berinvestasi

Tabungan menjadi salah satu cara untuk menyimpan dana investasi. Namun dengan imbal hasil yang rendah serta potongan biaya administrasi, hasil yang kamu peroleh mungkin tidak akan seberapa.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa mempersiapkan sebagian dana pensiun dalam bentuk investasi. Beda dengan tabungan biasa, investasi bisa memberikan imbal balik yang lebih tinggi sehingga dana pensiun kamu lebih besar.

Meski begitu, jangan sembarangan untuk melakukan investasi. Saat melakukannya, pastikan kamu sudah mengetahui risiko masing-masing investasi. Selain itu lakukanlah diversifikasi dan jagnan berinvestasi pada satu instrumen saja. Sebagai contoh, kamu bisa mengalokasikan sebagian dana pada investasi jangka panjang yang relatif stabil seperti emas, sementara sebagian lainnya bisa dialokasikan pada reksa dana, saham, atau obligasi.

3. Bangun pendapatan pasif

Saat memasuki usia pensiun artinya sumber penghasilan bulanan kita ikut terhenti. Makanya mencari alternatif sumber penghasilan menjadi penting agar kita bisa terus mendapatkan pemasukan di hari tua nanti.

Pendapatan pasif sendiri bisa didapat dengan berbagai cara. Selain melalui investasi yang tepat seperti cara sebelumnya, kita juga bisa memperoleh passive income dengan memiliki aset produktif. Salah satunya adalah tanah atau properti yang bisa disewakan agar kita bisa mendapatkan pendapatan rutin.

4. Kurangi pengeluaran konsumtif

Dengan gaji yang terbatas, akan sulit bagi sebagian orang untuk mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Namun jika kamu berniat untuk melakukannya, ada beberapa hal yang bisa dikorbankan.

Salah satunya adalah pengeluaran konsimtif yang jumlahnya bisa cukup besar. Agar bisa mengerem keinginan yang tidak penting, kamu bisa melakukan budgeting atau menyisihkan sebagian uang untuk dana pensiun terlebih dahulu sebelum memakainya untuk keperluan konsumtif.

5. Lunasi hutang terlebih dahulu

Jiak kamu masih memiliki hutang dan cicilan yang masih belum dibayarkan, gunakan uang kamu terlebih dahulu untuk melunasinya. Adanya hutang dapat mengganggu kelancaran cash flow yang pada akhirnya bisa membuat rencana keuangan kamu berantakan.

6. Tingkatkan tabungan saat gaji naik

Saat bekerja, kamu mungkin akan mengalami kenaikan gaji beberapa kali sesuai dengan performa di tempat kerja. Namun saat gaji naik, ada baiknya jika lifestyle kamu juga tidak naik secara drastis agar kamu bisa menabung lebih banyak uang dibanding sebelumnya.

7. Miliki asuransi hari tua

Sebagai langkah terakhir, kamu juga bisa memiliki asuransi hari tua agar kehidupanmu terjaga kelak. Saat ini ada banyak penyedia asuransi yang menawarkan layanan ini dan membantu kamu mendapatkan pendapatan bulanan meski kamu sudah memasuki masa pensiun. Selain itu asuransi semacam ini juga hadir dengan beragam manfaat lain sehingga kamu tidak perlu khawatir saat memasuki usia pensiun.


Meski masih cukup lama, tidak ada salahnya untuk memikirkan dana pensiun sejak dini. Tidak hanya memastikan kamu memiliki cukup banyak uang di hari tua, kamu pun bisa pensiun dini dan mengejar passion kamu di bidang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *