cara mengatasi baut ban mobil yang sulit dibuka
Otomotif

Baut Ban Mobil Sulit Dibuka? Ini Solusinya!

Baut ban mobil menjadi satu-satunya komponen yang menahan agar ban mobil tetap pada tempatnya. Karena itulah baut ban mobil selalu dipasang dengan kencang agar baut tidak mudah lepas dan membahayakan pengemudi, terutama saat sedang berkendara.

Sayangnya hal ini juga bisa menimbulkan masalah baru, apalagi jika baut ban tidak pernah dibuka dalam waktu lama. Dan bila sudah berkarat, baut akan lebih sulit lagi dibuka.

Hal ini tentunya akan sangat mengganggu, apalagi jika kita harus mengganti ban mobil di tengah jalan dan jauh dari bengkel. Nah, jika baut ban mobil sulit dibuka, berikut adalah beberapa solusi yang bisa kamu gunakan.

Cara Membuka Baut Ban Mobil yang Sulit Dibuka

1. Gunakan Kaki

Agar baut lebih mudah dibuka, jangan hanya berusaha memutar baut ban dengan tangan saja. Atur posisi kunci roda agar melintang horizontal, setelah itu injak secara perlahan sampai baut terlepas.

2. Gunakan Alat Bantu

Jika cara di atas belum berhasil, gunakan alat bantu pada kunci roda untuk membuka baut yang dipasang terlalu kencang.

Bila kamu perhatikan, kunci roda biasanya berbentuk pipa. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan memasukan potongan besi ke dalamnya agar kita bisa memberi tenaga lebih besar pada kunci roda.

3. Gunakan Penetran

Pada mur yang sulit dibuka karena berkarat, kita bisa memberikan penetran seperti cairan WD terlebih dahulu agar mur ban lebih mudah dibuka. Sebagai alternatif,. kamu juga bisa menggunakan cairan lain seperti oli bekas untuk melumuri baut ban agar mudah dilepas.

Tips Agar Baut Ban Mudah Dibuka

1. Jangan Mengencangkan Baut Terlalu Keras

Saat mengencangkan baut ban mobil, wajar jika kita memasangnya dengan kencang agar ban tidak mudah terlepas dari dudukannya. Namun ada baiknya jika kita mengencangkan baut ban secukupnya saja.

Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan alat pengukur torsi saat memasang baut. Dengan begitu kita bisa memasang baut seperlunya tanpa khawatir akan membuat ban terlepas.

2. Bersihkan Baut Ban

Saat mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan bagian velg mobil agar tidak ada air yang tersisa. Dengan begitu mur dan baut pada velg bisa terhindar dari risiko korosi yang membuatnya sulit dibuka.

3. Beri Grease pada Baut

Cara lain untuk mencegah mengerasnya baut pada ban adalah dengan memberinya sedikit grease. Hal ini juga bisa melindungi bagian yang sulit dijangkau dari air yang bisa membuatnya berkarat.

4. Gunakan Baut yang Sesuai

Jika kamu mengganti baut ban mobil, pastikan ukuran derat/ ulir dari mur dan baut sesuai. Ukuran serta bentuk ulir yang tidak sesuai akan membuat baut sulit dilepaskan setelah terpasang.

5. Rotasi Ban Secara Berkala

Baut yang sudah terpasang lama biasanya bisa mengeras dan sulit dibuka. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk melakukan rotasi ban setiap 10 ribu kilometer agar baut tidak melekat kencang pada velg mobil.

6. Ganti Mur dan Baut yang Berkarat

Saat membuka ban, perhatikan kondisi mur dan baut yang digunakan. Agar tidak menyulitkan nantinya, segera gantu mur dan baut yang sudah berkarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *