cara mengatasi panas di mobil tanpa ac
Otomotif

Tips agar Tetap Sejuk tanpa AC Mobil

Mengemudi tanpa AC dalam cuaca panas adalah mimpi buruk, apalagi bagi kita yang hidup di negara tropis dengan suhu yang bisa sangat menyengat di musim panas.

Entah karena AC mobil kamu rusak, tidak cukup kuat, atau menggunakan mobil lama yang masih belum dilengkapi pengatur suhu, berikut adalah beberapa tips untuk tetap sejuk di dalam mobil tanpa AC.

1. Gunakan Penahan Panas Kaca Mobil

Pernahkah kamu melihat mobil dengan lembaran foil besar menutupi kaca depan? Lembaran besar itu biasanya terbuat dari aluminium atau bahan reflektif lainnya.

Fungsi alat tersebut adalah untuk menjaga agar sinar matahari tidak mengenai interior mobil. Selain menjaga suhu keseluruhan tetap rendah, produk ini membantu agar roda kemudi, perseneling, sinyal, dan sabuk pengaman tidak terlalu panas untuk disentuh.

penahan panas kaca mobil

Tempat lain yang bagus untuk pelindung panas adalah lantai mobil. Kebanyakan orang tidak berpikir untuk mengisolasi lantai, tetapi ketika mobil kamu berjalan, panas dari mesin akan merembet ke atas dan memanaskan interior mobil. Film polietilen fleksibel sangat bagus untuk memblokir panas dan bunyi bising dari mesin tersebut.

2. AC portabel

Jika kamu memiliki mobil tua yang masih belum memiliki fitur untuk mengontrol suhu, kamu bisa menggunakan AC portable untuk membuatnya hawa di dalamnya menjadi lebih sejuk.

Di pasaran ada cukup banyak AC portable yang bisa digunakan menggunakan sumber daya dari pemantik api mobil atau USB. Sayangnya hawa dingin yang dikeluarkan mungkin tidak akan mampu untuk melawan panasnya udara di luar pada siang hari.

3. Kipas Angin Portabel

kipas portable agar tetap sejuk  di mobil tanpa AC

Jika kamu tidak ingin menggunakan unit AC portabel, hal terbaik berikutnya adalah menggunakan kipas angin agar tetap dingin saat mengemudi. Sangat mudah untuk mendapatkan kipas kecil bertenaga baterai dan memasangnya ke dasbor mobil.

4. Kaca Film

Kaca film tidak hanya bisa digunakan untuk melindungi privasi kamu di dalam mobil saja, tapi juga bisa digunakan untuk menjaga interior mobil agar tetap sejuk. Jendela berwarna dapat menghalangi dan memfilter sinar matahari yang masuk ke dalam mobil. Pastikan saja kamu tidak menggunakan kaca film yang terlalu gelap agar tidak dianggap mencurigakan.

5. Bantalan Kursi

Mengemudi di dalam mobil yang panas memang hal yang membuat kita tidak nyaman, namun duduk dengan punggung yang basah karena keringat juga tidak kalah nyamannya. Sarung atau bantalan jok adalah cara yang bagus untuk mengatasi gangguan itu.

mengatasi panas di mobil dengan bantalan jok agar pungung tidak berkeringat

Beberapa terbuat dari bahan berongga yang memisahkan punggung dari kursi dengan cara yang mendorong aliran udara. Beberapa yang lain berventilasi dengan cara yang lebih kuno, menggunakan lapisan manik-manik kayu untuk membentuk lapisan berpori dan bernapas.

Kamu juga bisa menggunakan teknologi lebih tinggi dengan busa gel pendingin yang berfungsi seperti rompi pendingin. Beberapa sarung jok bahkan dilengkapi dengan kipas built-in.

6. Siapkan Es batu

Sebagai alternatif, kamu bisa mengisi botol kosong dengan air dan es batu. Setelah itu balut dengan handuk dan letakan pada tempat yang mudah dijangkau. Saat suhu di dalam mobil mulai naik, kamu bisa menggunakan botol tersebut untuk membantu mendinginkan suhu tubuh dengan cara meletakannya di belakang leher.

Jika es batunya sudah mulai mencair, kamu pun bisa meminumnya untuk mendapatkan rasa sejuk.

7. Hindari Jalanan Macet

Sebagai langkah terakhir, kamu bisa menghindari jalanan macet jika ingin tetap berkendara dengan sejuk meski tanpa AC. Berkendara di tempat yang lebih sepi akan membuat sirkulasi udara dalam kabin menjadi lebih lancar sehingga kamu bisa merasa lebih nyaman tanpa kegerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *