Cara menghasilkan uang dari foto smartphone Android dan iPhone
Aplikasi, Keuangan

9 Cara Menghasilkan Uang dari Foto Smartphone

Menghasilkan uang dari foto smartphone kini bukanlah hal yang mustahil. Tanpa perlu memiliki kamera canggih dengan lensa berharga mahal terlebih dahulu, siapa saja kini bisa menjual foto hp secara online melalui website dan aplikasi yang khusus menjual foto stok.

Melalui situs semacam itu, siapa saja bisa mendapatkan uang dari internet hanya dengan modal smartphone saja. Malah tren stok foto smartphone semakin meningkat dengan banyaknya foto otentik yang bermunculan.

Hal ini tentu menjadi kabar baik karena kamu tidak perlu berinvestasi pada peralatan mahal terlebih dahulu dan bisa langsung menghasilkan uang dari internet dan mendapatkan uang secara online. Yang perlu kamu persiapkan hanya smartphone kamera yang cukup baik dan pengetahuan yang cukup mengenai fotografi.

Situs Jual Foto Smartphone Terbaik

1. AGORA Images

Menghasilkan uang dari foto smartphone melalui aplikasi AGORA images

AGORA adalah aplikasi jual foto smartphone terbaik yang bisa kamu gunakan secara gratis. Aplikasi yang tersedia di Android dan iOS ini tidak mengenakan biaya pendaftaran, membership, dan bahkan membiarkan kamu menyimpan semua uang hasil penjualan fotomu.

Ada dua cara mendapatkan uang dari AGORA. Pertama, kamu bisa mengupload dan menjual foto terbaikmu, atau ikut berpartisipasi pada kontes untuk mendapatkan hadiah menarik.

Jika kamu ingin menjual foto, penghasilan yang kamu dapat akan sangat dipengaruhi oleh ranking yang kamu peroleh. Di sini kamu akan mulai dari ranking terbawah Junior, sebelum naik ke ranking Advanced, Pro, dan Master.

Meski begitu, satu foto yang kamu upload bisa kamu juga berulang kali kepada klien yang berbeda tanpa ada batasan waktu. Agar foto yang kamu jual lebih terekspos calon pembeli, kamu bisa mempromosikan portfolio kamu di AGORA melalui Facebook, Instagram, dan lainnya.

Selain menjual foto, kamu juga bisa ikutan kontes yang diselenggarakan oleh brand atau perusahaan tertentu yang sedang mencari foto dengan spesifikasi khusus. Pemenang nantinya akan dipilih oleh penyelenggara kontes dan berhak atas hadiah menarik yang disediakan. Selain itu kamu pun akan mendapatkan poin yang bisa meningkatkan rating kamu di AGORA.

2. FOAP

FOAP jadi aplikasi jual foto di Android terbaik

FOAP adalah aplikasi lain yang populer jika kamu ingin menghasilkan uang secara online dengan menjual foto smartphone. Aplikasi ini tersedia di Android dan iOS, dan bisa digunakan dengan mudah, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.

Sama seperrti sebelumnya, kamu bisa menggunakan dua cara untuk mendapatkan uang dari aplikasi ini.

Pertama, kamu bisa menjual foto kamu melalui platform jual beli foto online FOAP. Setiap foto akan dijual sama rata seharga $10 meski nantinya kamu hanya akan mendapatkan komisi setengah dari harga jual tersebut.

Namun enaknya foto yang kamu upload tetap menjadi milik kamu dan bisa dijual berkali-kali kepada klien yang berbeda-beda, bahkan di platform yang berbeda sekalipun.

Cara lain untuk mendapatkan uang dari FOAP adalah dengan mengikuti kontes. Kontes tersebut terbuka untuk setiap member FOAP yang bisa memenuhi syarat kontes. Hadiah yang bisa kamu dapat umumnya besar dengan nilai minimal $100 dan dibayarkan via Paypal.

3. Snapwire

Jual foto hp di internet melalui website Snapwire

Website sekaligus aplikasi selanjutnya yang juga bisa kamu gunakan untuk menjual foto smartphone adalah SnapWire. Beda dengan dua platform sebelumnya, Snapwire lebih fokus pada kreator yang sudah lebih memahami seluk beluk fotografi, sehingga mungkin akan sulit bagi yang masih amatir untuk bisa menonjol di Snapwire.

Namun sama seperti dua aplikasi di atas, kamu bisa mendapatkan uang dari Snapwire dengan dua cara.

Pertama, kamu bisa mengupload foto dan meletakannya dalam marketplace agar bisa dilihat dan dibeli orang lain. Untuk setiap foto yang terjual, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 50% dari harga jual. Harga jualnya sendiri akan ditentukan oleh ranking yang kamu dapat.

Cara lainnya adalah dengan mengikuti kontes dan tantangan. Dengan menyediakan foto yang memenuhi deskripsi yang diinginkan pemilik kontes, kamu bisa mendapatkan hadiah uang yang lebih besar, meski kamu hanya akan mendapatkan 70% bagian saja.

4. EyeEm

Jual foto hp online kamu melalui situs EyeEm

Aplikasi lain yang juga bisa kamu gunakan untuk menjual stok foto smartphone kamu adalah EyeEm. Dengan lebih dari 20 juta pengguna, persaignannya mungkin akan cukup ketat. Tapi aplikasi ini juga memiliki online marketplace yang besar dan memiliki akses ke beberapa perusahaan besar seperti Shopify, Canon, atatu AirBnB.

Jika kamu ingin menjual stok foto melalui EyeEm, kamu harus melewati proses seleksi terlebih dahulu untuk memastikan foto yang kamu upload sesuai dengan standar kualitas mereka. Untuk setiap foto ayng terjual, kamu akan mendapatkan komisi 50% dari harga jual.

Harga jualnya sendiri akan sangat tergantung pada lisensi yang dipilih oleh pembeli. Social license dihargai $20, Web license dihargai $50, dan Full Commercial License dijual dengan harga $250. Jika kamu ingin mendapatkan lebihbanya uang, kamu bisa mengikuti misi dan menyediakan foto yang diminta oleh klien.

Satu hal yang menarik dari platfom ini, EyeEm tidak hanya menyediakan marketplace untuk fotografer saja. Di sini kamu juga bisa terhubung dengan pengguna lain dan saling berbagi ilmu dan belajar dari bakat-bakat hebat dari seluruh dunia.

Selain itu di sini kamu juga bisa menemukan tutorial gratis dan panduan untuk meningkatkan skill fotografi kamu. Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan tools editing yang telah disediakan aplikasi ini secara gratis.

5. 500px

500px adalah salah satu situs jual foto smartphone terbaik.

Dengan lebih dari 13 juta member, 500px adalah salah satu situs jual beli foto stok terpopuler yang bisa kamu gunakan untuk membuat portfolio dan menghasilkan uang dari foto smartphone kamu secara online.

Situs ini memiliki fitur unik bernama Pulse Algorithm yang dapat meningkatkan exposure foto yang kamu upload dengan menyertakannya pada halaman Discovery yang disaksikan oleh jutaan pengunjung setiap harinya. Selain itu situs ini juga menyediakan fitur analytics agar kamu bisa melihat statistik dan info menarik lain untuk meningkatkan penjualan foto stok kamu.

Sayangnya akun gratis di situs ini cukup terbatas, di mana kamu hanya bisa mengupload 7 foto saja dalam seminggu. Jika kamu ingin mengupload lebih banyak foto dan memiliki menu kustomisasi yang lebih lengkap, ada tiga paket membership yang bisa kamu beli terlebih dahulu.

6. Dreamstime

Cara jual foto smartphone melalui dreamstime

Dengan jutaan pengguna dari seluruh dunia, Dreamstime adalah salah satu situs stok image terbesar yang tidak boleh dilewatkan jika kamu ingin menjual foto kamu secara online. Foto smartphone yang kamu upload nantinya bisa dijual menggunakan beragam lisensi dengan harga yang berbeda-beda pula

Untuk setiap foto terjual, kamu bisa mendapatkan pembagian pendapatan sebesar 25-50%. Uang yang terkumpul nantinya bisa dicairkan setelah saldo terkumpul sebesar $100. Selain mengupload langsung melalui ponsel, kamu juga bisa mengakses websitenya dari pc atau laptop.

7. Stockimo

Alamy adalah salah satu situs jual beli foto terbesar di dunia. Selain menerima foto profesional yang diambil menggunakan kamera, Alamy juga menyediakan tempat bagi kamu yang ingin jual foto hp online melalui aplikasi Stockimo.

Untuk saat ini sendiri Stockimo hanya tersedia di App Store. Jadi jika kamu memiliki ponsel iPhone, aplikasi ini bisa jadi salah satu cara kamu untuk menguangkan hasil bidikan kamera kamu.

Untuk setiap foto yang terjual, kamu akan mendapatkan komisi 20%. Nilai jualnya sendiri bisa cukup besar tergantung lisensi yang dibeli oleh buyer. Namun pada umumnya, foto yang kamu jual melalui aplikasi ini bisa menghasilkan komisi $5-$90. Komisi tersebut nantinya akan dibayarkan via Paypal setelah kamu berhasil mengumpulkan saldo $10.

8. miPic

Jual foto kamu dalam bentuk produk melalui MiPic

Sama seperti semua layanan di atas, miPic juga memungkinkan kamu untuk menghasilkan uang dari foto smartphone. Bedanya, miPic juga menyediakan layanan print on demand agar kamu bisa mencetak foto dan menjualnya dalam beragam produk.

Dengan miPic, kamu bisa mencetak foto yang kamu ambil di berbagai media seperti frame foto, bantal, casing hp, baju, sandal, dan masih banyak lagi.

Sebagai pengguna, kamu hanya perlu menyediakan foto unik dan berkualitas saja. Agar produk dengan foto kamu laris terjual, kamu bisa mempromosikan layanan ini di website atau sosial media.

Untuk setiap produk yang terjual, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 20%. Kamu pun tidak perlu repot melakukan apapun lagi karena pembuatan produk, pengemasan, dan pengiriman dilakukan langsung oleh tim miPic.

9. Shutterstock Contributor

Shutterstock adalah salah satu situs penyedia foto stok tertua dan terpopuler di dunia. Dengan ratusan juta konten mulai dari foto, video, hingga audio, situs ini memiliki banyak pengunjung tetap setiap harinya yang membuka peluang besar bagi kamu yang ingin menjual karya kamu sendiri. Tidak tanggung-tanggung, Shutteerstock bahkan sudah mampu membayar kontributor mereka hingga lebih dari $1 milyar.

Untuk mulai menjual foto smartphone kamu di sini, kamu harus daftar sebagai Shutterstock Contributor dulu. Setelah diterima, kamu bisa mulai menghasilkan uang dari jualan foto dengan mengupload gambar terbaikmu. Saat foto terjual, kamu bisa mendapatkan komisi 20-30% yang nantinya akan dibayarkan setiap bulan oleh Shutterstock.

Dengan jumlah pengguna yang sangat masif, pengguna baru mungkin akan kesulitan untuk bisa mencatatkan penjualan. Namun enaknya situs ini tidak terlalu mengikat membernya. Hak cipta foto yang kamu upload tetap milik kamu dan bisa kamu jual lagi di situs lainnya.


Menjual foto smartphone jadi salah satu cara menghasilkan uang dari hp yang bisa dilakukan siapa saja. Berbekal smartphone kamera dan sedikit pengetahuan fotografi, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan sendiri melalui karya-karya yang kamu buat lewat ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *