Men's Style

8 Merek Jam Tangan Jepang Terbaik di Dunia

KisahBeruang.com – Selama ini Jepang selalu menjadi salah satu nama terdepan jika kita bicara barang berkualitas. Mulai dari barang elektronik hingga mobil, Jepang memiliki beberapa merek yang popularitasnya sudah mendunia.

Sama seperti halnya jam tangan, ada beberapa merek jam tangan Jepang yang kualitasnya kini sudah diakui banyak pecinta jam tangan. Selain tampil mewah, merek jam tangan Jepang sudah terbukti kualitasnya dan bisa awet jika dirawat dengan baik.

Lalu kira-kira merek jam tangan Jepang mana saja yang diangap terbaik, simak daftarnya berikut ini yuk!

Merek Jam Tangan Terbaik dan Terpopuler Buatan Jepang

Dibandingkan negara-negara lainnya, Jepang termasuk salah satu negara produsen jam tangan terbaik selain Swiss dan Jerman. Dan beberapa merek jam tangan Jepang yang mendapatkan hati di dunia horologi adalah sebagai berikut.

1. Seiko

Merek Seiko sudah ada lebih dari seratus tahun yang lalu di Jepang, tepatnya sejak tahun 1881. Nama Seiko sendiri diambil dari istilah “Seikosha” yang dapat diartikan “sangat indah” atau “istimewa.” Seiko sendiri awalnya tidak membuat jam tangan, melainkan lebih dikenal sebagai salah satu toko perhiasan di distrik Ginza, Tokyo.

Salah satu tonggak bersejarah Seiko adalah ketika mereka mambuat arloji khusus penyelam pertama bernama Seiko 6217 pada tahun 1965. Momen bersejarah lainnya adalah ketika mereka meluncurkan jam quartz pertama bernama Seiko Astron di tahun 1969. Efeknya terasa sangat besar hingga industri jam tangan Swiss kehilangan sekitar 100 pembuat jam tangan dalam rentang waktu 1970-1983.

2. Citizen

Merek Jam tangan terbaik dari Jepang berikutnya adalah Citizen. Merek ini dikenal melalui jam tangan mereka yang berkualitas tinggi, fashionable, dan memiliki harga yang terjangkau. Selain itu jam tangan Citizen juga dilengkapi dengan material yang tahan benturan dan tahan air sehingga cocok untuk aktifitas luar ruangan.

Banyak dari jam tangan bermerek Citizen yang kini sudah menggunakan teknologi Ecodrive. Dengan teknologi ini, jam tangan dapat menyimpan daya dari cahaya alami maupun cahaya buatan. Sebagai tambahan, Citizen bahkan berhasil menggabungkan teknologi Ecodrive dengan GPS Satellites melalui varian Citizen Satellite Wave. Dengan jam tangan ini, penggunanya dapat mensinkronisasi waktu dari berbagai zona dengan cepat dan mudah.

3. Orient

Sejarah Orient bermula dari tahun 1901 ketika Shogoro Yoshida membuka toko jam di daerah Ueno, Tokyo. Dengan keberhasilannya memproduksi jam saku, Yoshida mulai mengembangkan bisnisnya dan membuat jam meja, alat ukur, hingga tempat penyimpanan untuk jam tangan emas. Selain itu ia juga mulai memproduksi jam tangan yang menjadi cikal bakal Orient yang kita kenal saat ini.

Pada tahun 2009, Orient menjadi salah satu bagian dari Seiko Epson Corporation. Meski begitu, mereka tetap terus memproduksi jam tangan Orient. Jam tangan yang mereka buat labih banyak fokus pada jam mekanik, baik yang self-wind maupun manual-winding.

4. Casio

Selain ketiga nama di atas, Casio adalah salah satu brand ikonik asal Jepang yang juga memproduksi jam tangan berkualitas. Pada awal berdirinya, Casio lebih banyak membuat peralatan elektronik kantor seperti kalkulator yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Setelah revolusi digital datang, Casio mulai merambah dunia pembuatan jam tangan. Produk pertama yang mereka luncurkan adalah Casiotron 60364, jam tangan unik di masanya yang memiliki chronometer digital dan menampilkan waktu dalam layar LCD.

Fast forward ke tahun 2014, Casio mengenalkan sistem pencatatan waktu hybrid pertama yang memakai teknologi GPS dan Casio Multi Band 6. Ini membuat jam dapat menerima sinyal radio agar waktu yagn ditampilkan tetap konsisten.

5. G-Shock

G-Shock adalah salah satu varian yang dibuat oleh Casio. Namun dengan bentuknya yang khas serta target pasar khusus untuk orang-orang aktif yang dimilikinya, G-Shock rasanya pantas untuk masuk dalam kategori merek jam tangan terbaik dari Jepang.

Beberapa kelebihan jam tangan ini ada pada fitur basic seperti stopwatch serta solar power yang memungkinkan jam G-Shock untuk mengisi daya dari sinar matahari dan cahaya buatan. Tidak hanya itu, pergerakan quartz pada jam ini juga sangat akurat. Dan yang tidak kalah penting, ketangguhan jam inilah yang membuat nama G-Shock begitu mengena di mata penggunanya.

6. Frank Miura

Frank Miura adalah brand jam tangan Jepang yang mengambil inspirasi dari merek Franck Muller. Franck Muller sendiri dikenal sebagai salah satu produsen jam tangan asal Swiss yang banyak membuat jam tangan dengan tingkat kerumitan yang tinggi.

Saat diluncurkan pada tahun 2012, Frank Miura mampu tampil beda dibanding merk jam tangan lainnya dengan bentuk yang minimalis dan desain yang unorthodox. Selain itu mereka juga sering menyisipkan desain karakter unik yang semakin menambah daya tarik jam tangan asal Osaka ini.

7. Minase

Sama seperti kebanyakan merek jam tangan terbaik dari Jepang lainnya di daftar ini, Minase awalnya juga tidak memproduksi jam tangan. Berdiri sejak awal tahun 60-an, Minase justru lebih banyak membuat bor dan alat potong metal lainnya. Setelah alat-alat buatan mereka terkenal, barulah mereka mulai membuat jam tangan dari alat produksi yang mereka buat.

Minase sendiri membuat jam secara eksklusif, hanya sekitar 500-an jam tangan saja dalam setahun. Meski awalnya hanya dikhususkan untuk pasar domestik, kini Minase juga mulai menawarkan jam tangan ke pasar internasional.

8. Knot

Dibanding merek jam tangan Jepang lainnya, Knot termasuk pemain baru yang diluncurkan pada tahun 2014. Didirikan oleh Hiromitsu Endo di Tokyo, Knot fokus pada mereka yang menginginkan jam tangan berkualitas tinggi, elegan, namun dengan harga yang terjangkau.

Siapa sangka, Knot kini diterima dengan baik. Tidak hanya oleh pasar domestiknya saja, tetapi juga pengguna dari luar Jepang. Namun hal ini rasanya tidak aneh melihat desain serta kualitas jam tangan Knot yang memang jempolan.


Nah, itulah dia 8 merek jam tangan terbaik dari Jepang yang bisa kamu koleksi atau pakai sendiri. Mudah-mudahan kini kamu jadi lebih tahu kalau merek jam tangan Jepang tidak hanya sebatas Seiko atau G-Shock saja.

You may also like

Comments are closed.